28 Mei Pengumuman, UGM Terima 3.316 Mahasiswa

“Jumlah tersebut hampir separuh dari total kuota kursi program sarjana yang diterima di UGM yang mencapai 6.606 kursi,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Iwan Dwiprahasto di Yogyakarta, Jumat (33/5/2014).

Menurut dia, sisanya sebanyak 2.033 kursi ditawarkan melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan sebanyak 1.257 kursi melalui Seleksi Mandiri UGM terdiri atas Seleksi Penelusuran Bibit Unggul dan Seleksi Ujian Tulis.

“UGM menggunakan tujuh kriteria penilaian dalam menerima mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),” katanya.

Tujuh kriteria itu adalah nilai rapor, ranking sekolah, prestasi nonakademik siswa, prestasi siswa tahun sebelumnya selama kuliah di UGM, rasio pendaftar dan yang diterima tahun lalu, “track record” sekolah, dan hasil Ujian Nasional (UN).
 
“Nilai UN hanya menyumbang 10 hingga 15 persen tingkat kelulusan. Hanya sekitar 10-15 persen nilai UN sebagai faktor diterima di UGM,” katanya.
Dikatakan, UGM membuka lima jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru 2014 yakni jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Penelusuran Bibit Unggul, Seleksi Ujian Tulis UGM, dan Seleksi Program Internasional.
Pendaftaran SBMPTN telah dibuka 12 Mei hingga 6 Juni 2014. Untuk penerimaan Seleksi Mandiri UGM melalui jalur Seleksi Penelusuran Bibit Unggul pendaftaran dimulai pada 1 April hingga 24 Mei 2014, sedangkan pendaftaran Seleksi Ujian Tulis dibuka pada 11 April hingga 17 Juni 2014.

Menurut dia, Seleksi Ujian Tulis UGM akan dilaksanakan pada 22 Juni 2014 secara serentak di empat kota besar di Indonesia, yakni Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru, dan Balikpapan.
Seleksi Ujian Tulis UGM itu merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan oleh pihak UGM secara mandiri.

“Pola itu bertujuan memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA dan MAK tahun 2012, 2013, dan 2014 untuk mengikuti seleksi yang bisa memilih tiga program studi pada program sarjana dan diploma,” tambahnya.
Editor:
 
Sumber
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.