Pentingkah Akreditasi Untuk Sekolah Maupun Perguruan Tinggi?

Akreditasi adalah salah satu nilai tambah untuk suatu sekolah ataupun perguruan tinggi. Jika ditanya pentingkah akreditasi? Jelas jawabannya penting. Karena akreditas bisa menjadi tolok ukur nilai dari suatu perguruan tinggi ataupun sekolah.

Contoh sederhana yang diterapkan ke dalam sistem snmptn adalah pertimbangan akreditasi sekolah SMA/Sederajat. Jadi, semakin tinggi akreditasi suatu sekolah, maka dia akan mendapatkan kesempatan lebih di jalur snmptn jika dibandingkan dengan sekolah dengan akreditasi rendah. Mungkin jika kita berada di sekolah yang memiliki akreditas rendah akan berkata “Itu tidak adil dong”. Ya entah adil atau tidak, semua itu sudah masuk ke dalam sistem dan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa itu adalah kenyataan.

Kemudian, ketika kita memilih suatu universitas dengan akreditasi tinggi maka ketika mencari pekerjaan bisa menjadi pertimbangan atau nilai tambah bagi perusahaan. Namun perlu dicatat, jangan ngoyo alias terlalu keras dan ngotot ingin melanjutkan ke universitas dengan akreditas tertinggi. Kita harus sadar diri dengan memperhatikan dan mempertimbangkan nilai serta akreditas sekolah kita. Apakah sanggup masuk ke perguruan tinggi dengan akreditas tinggi atau tidak.

Renungkan!
Apakah anda akan bangga jika kuliah di universitas dengan akreditasi tinggi, misalnya dengan akreditasi A?
Lebih bangga mana apabila anda kuliah di perguruan tinggi dengan akreditasi rendah, kemudian anda bersama angkatan anda bisa mengubah akreditasi perguruan tinggi itu menjadi lebih baik, misalnya dari B menjadi A?

Tentu kita akan lebih bangga yang dengan yang kedua. Tapi semua terserah kepada anda sendiri. Karena setiap orang punya pemikiran masing-masing. Jika memang anda sanggup ke perguruan tinggi dengan akreditasi tinggi, silakan. Namun jika tidak, jangan memaksakan kehendak.

Demikian sedikit tips untuk anda. Semoga bermanfaat.
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

3 komentar :

  1. sebenarnya tolak ukur sebuah pendidikan adalah bukan dimana ia belajar tapi seberapa besar kita mau belajar, makasih sharenya gan

    BalasHapus
  2. @Udhy Oke. Namun kita sudah terjebak dalam sistem yang begitu rumit. Kita tunggu saja sistem pendidikan yang lebih baik nanti. Semoga cepat ada. ^_^

    BalasHapus
  3. nice informasi
    jadi tahu status akreditasi ban ptkampus
    makasih ya

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.