Dosen UMB Mengharumkan Nama Indonesia di kancah Internasional

Jakarta - Abdusy Syarif, ST, MT berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Dosen Universitas Mercu Buana (UMB) ini berhasil menciptakan sistem penginderaan jarak jauh bagi pengawasan hutan dan perairan laut. Sistem itu bernama Wireless Sensor Network. Melalui sistem inilah berbagai informasi terkait kondisi hutan dan perairan laut bisa dimonitoring, kata Abdusy Syarif, ST, MT saat ditemui di ruang kerjanya, kampus UMB, Jakarta, Kamis (23/7/15). 

Implementasi system Wireless Sensor Network tersebut berhasil menyabet tiga penghargaan Internasional sekaligus. Pertama penghargaan sebagai Best Paper Award Globecom di Hongaria pada 2013, kedua penghargaan Best Paper Award ICC di Sydney, Australia pada 2014.Penghargaan ketiga itu Prix D’Encouragement (penghargaan untuk mahasiswa doctoral) dari Universite de Haute Alsace pada  2014, ujarnya penuh bangga.

Abdusy Syarif meraih Master Teknik Informatika di Universitas Indonesia lulus pada 2005. Setelah itu melanjutkan jenjang doctoral bidang Teknik Informatika di Universite de Haute Alsace, Perancis. Dosen tetap UMB ini menjelaskan system Wireless Sensor Network dapat membantu pemerintah memberitahu dimana ada titik kebakaran hutan dan juga pencurian ikan di perairan Indonesia.

Program kerja Wireless Sensor Network  memiliki protocol yang akan mengatur wireless sensor tersebut untuk memberi informasi kepada server (pusat) yang dalam hal ini dikendalikan oleh manusia. Wireless Sensor Network  sangat tepat diimplentasikan di Indonesia. Sistem tersebut dapat efektif menekan berbagai pencurian ikan dan kerusakan hutan, pungkasnya.
 
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.