Kreativitas dan Dukungan Akademik Mengantar Mahasiswa Kedokteran UPH Raih Juara RMO 2018

Karakter kreatif dan mandiri ditunjukkan oleh Hubert Subekti dan Irene, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (UPH) angkatan 2015, peraih medali emas cabang Urogenital ajang tahunan Regional Medical Olympiad (RMO) 2018. Namun kreativitas saja tidak cukup. Di FK UPH mahasiswa yang mengikuti kompetisi juga didukung secara akademik oleh dosen pembimbing sekaligus Urologist RS Siloam Karawaci, Dr. dr. Edwin Tobing, Sp.U dan dr. Christiano Tansol, Sp.U. Prestasi di bidang ini bukan yang pertama, karena sebelumnya dua tahun berturut-turut FK UPH selalu menempati juara 1.
“Dengan kesibukan sebagai dokter spesialis, dosen kami masih mau meluangkan waktu membimbing kami dalam menghadapi kompetisi RMO,” ujar Hubert.
Hal tersebut diungkapkan Irene karena persiapan mengikuti lomba ini tidaklah mudah. Mereka harus berlatih sambil tetap mempersiapkan bahan perkuliahan mereka di semester berikutnya. Penyocokan jadwal bimbingan pun sempat menjadi kendala. Namun berkat komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing, hal tersebut bisa diatasi.
Saya salut dengan mereka karena dengan keterbatasan waktu dan jadwal yang padat, mereka tetap mau mempersiapkan kompetisi ini sampai bisa juara,” ungkap dr. Edwin. 
Pernyataan ini didukung pula oleh Hubert dan Irene. Dalam proses bimbingan selama beberapa bulan, terkadang mereka tidak sempat bertatap muka. Karena itu masing-masing pihak saling mendukung. Hubert dan Irene diberikan dukungan akademik dalam bentuk latihan-latihan soal dan materi pendukung berupa buku atau e-book. Begitu pula bila mereka memilki pertanyaan, maka dr. Edwin dan dr. Christiano tak segan untuk menjawab. Itulah bentuk kreativitas dan kemandirian mereka. Hasilnya, FK UPH berhasil mempertahankan juara 1 di cabang Urogenital ini, setelah tahun lalu juga meraih juara yang sama.


Prestasi Mahasiswa Kedokteran UPH :
(
ki-ka) Irene dan Hubert Subekti, mahasiswa FK UPH 2015, juara 1 Regional Medical Olympiad Cabang Urogenital di Univ. Trisakti 1-3 Agustus 2018
Selain Hubert dan Irene, FK UPH juga  berhasil menggondol empat juara lainnya, yaitu juara 2 dari cabang Kardiorespirasi dan cabang Infeksi Tropis, serta juara 3 dari cabang Neuropsikiatri dan cabang Muskuloskeletal.
Kompetisi RMO ini diadakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) yang diadakan rutin tiap tahun di tiga regional. UPH tergabung dalam regional dua bersama berbagai universitas dari wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, juga Kalimantan Barat. Untuk tahun ini ada total 11 universitas yang ikut, terdiri dari universitas negeri dan swasta.
Hubert dan Irene bercerita tentang perjuangan mereka bersaing dengan para peserta lain. “Walaupun harus bersaing dengan banyak universitas negeri terbaik, kami juga tidak minder dan tetap berjuang sebaik mungkin,” ungkap Irene. Keduanya memang sudah langganan juara lomba.
Khusus untuk RMO tahun ini, mereka terlebih dahulu mengikuti tes di tingkat fakultas, yang meliputi tes tertulis dan interview. Setelah terpilih, mereka maju bersaing lewat babak penyisihan. Pada babak ini, para peserta diberikan tes tertulis dan lab. Enam universitas kemudian lolos ke babak semifinal. Pada babak ini, mereka masih diberikan tes tertulis ditambah clinical examination, yaitu tes dengan kasus tertentu, dan peserta diminta memberikan analisis penyakit tersebut, tes fisik, juga bagaimana cara terapinya.
Lalu pada babak final, terpilih tiga universitas terbaik yang masih harus menghadapi beberapa rangkaian tes. Peserta diberikan sebuah kasus lagi, dan diminta untuk menjelaskan tentang penyakit tersebut, mulai dari berapa besar persentasenya di dunia, bagaimana cara penularannya, bagaimana cara mengobatinya, sampai upaya public health untuk masyarakat. Di akhir lomba, ada soal cerdas cermat dalam bentuk rebutan.
Untuk rencana dalam waktu dekat, Hubert dan Irene akan ikut berlaga di ajang Indonesian International Medical Olympiad (IMO) pada bulan Oktober mendatang. Lomba ini berskala internasional dan akan diikuti oleh universitas dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Mereka berharap bisa menang di kompetisi ini.  “Kita akan berusaha yang terbaik untuk IMO,” ungkap Irene. (it)
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Pengen Kuliah)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

1 komentar :

  1. Resume adalah media untuk mengiklankan diri Anda sendiri, cara paling pertama yang Anda gunakan untuk menampilkan diri Anda dan mencoba untuk mengklaim bahwa Anda adalah pilihan terbaik bagi calon pemberi kerja Anda. Melalui menulis resume Anda, Anda

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.