Perhatikan Ini Sebelum Masuk Jurusan IT - Jangan Sampai Menyesal

Jurusan IT itu banyak ragamnya, jadi sebelum kamu memutuskan untuk memilih dan masuk ke jurusan IT, pertimbangkan beberapa hal berikut ini.


1. Punya minat di bidang IT
Pastikan kamu sudah punya minat dulu di bidang IT, misal tertarik karena pengen membuat aplikasi android, web company profile, pengen bikin aplikasi prediksi, tertarik dengan jaringan komputer, ataupun minat yang lain. Ini bisa berbeda-beda, karena bidang IT itu sangatlah luas. 

2. Apa yang akan dipelajari?
Pastikan kamu juga sudah mencari tahu, apa saja bidang yang akan beririsan dengan IT. Karena jurusan memang fokus di satu bidang, namun tidak dapat dipungkiri kalau nanti beririsan dengan bidang lain, sehingga kamu juga harus belajar bidang yang beririsan itu. Bocoran aja, ada matematika :D.

3. Cabang-cabang dunia IT
Dunia IT punya banyak cabang guys. Ada yang fokus di jaringan komputer seperti hacker atau kepolisian cyber, ada yang fokus merancang software, ada yang fokus mengelola tim dan project, ada yang fokus di pengolahan Big Data, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga, kamu bisa mulai dari sekarang untuk mengerucutkan mau memilih fokus yang mana.

3. Tools / Support
Setelah kamu tau cabang-cabang yang ada, dan kamu harus mempertimbangkan juga apakah kamu punya tools untuk mendukungmu berada di cabang itu. Misal cabang pengolahan Big Data, kamu akan membutuhkan perangkat yang super cepat untuk mempermudah proses belajarmu. Kalau kamu benar-benar ingin ke cabang itu dan kamu tidak punya tools untuk support, setidaknya kamu sudah bisa mempersiapkan dari sekarang apa yang harus kamu lakukan untuk memperlancar proses belajarmu nanti, misal ikut lomba, pinjam saudara, atau bisa juga dengan menabung dari sekarang.

4. Prospek kerja
Masing-masing cabang punya prospek yang berbeda-beda ya. Jadi, cari tau juga, biar kamu udah bisa prepare harus kenal sama siapa, menyusun target setelah lulus mau kemana, dan lain-lain.

Gimana? Masih Yakin Mau Masuk Jurusan IT?
Share ceritamu di kolom komentar ya.

Keyword: Hal yang harus diperhatikan sebelum memilih jurusan Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Komputer, Teknik Komputer, Sistem Informasi 
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.