10 Jurusan Kuliah Terfavorit dan Paling Diminati

Memilih jurusan adalah salah satu hal yang penting dalam strategi lolos SNMPTN. Dan pastinya anda tidak ingin salah langkah dalam memilih jurusan kuliah nantinya. Sebaiknya anda memperhatikan jurusan kuliah yang sesuai dengan apa yang anda sukai atau sesuai minat anda. Selain itu juga memperhatikan persaingan di jurusan tersebut.

Ada baiknya jika anda melihat sejenak 10 jurusan kuliah yang paling diminati yang dicatat oleh QS Top Universities. Berikut adalah data 10 program studi yang paling diminati:
1. Kedokteran
Peringkat pertama untuk jurusan kuliah terfavorit dipegang oleh jurusan kedokteran. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan karena bidang ini terbilang cukup stabil dan permintaan untuk tenaga medis cukup banyak di Indonesia. Well, bagi yang ingin memilih jurusan  kuliah ini tentu harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingannya sangat ketat. Kemudian jangan lupa juga untuk memilih Universitas yang memiliki jurusan kedokteran yang berkualitas dan memiliki daya saing.

2. Ilmu Komputer
Jurusan kuliah yang satu ini menempati posisi kedua setelah jurusan kedokteran. Tentu saja, karena perkembangan teknologi komputer saat ini cukup pesat sehingga banyak orang yang memiliki kemampuan komputer sangat dicari. Yang membuat jurusan kuliah ini menjadi pilihan, lulusan dari jurusan komputer berkesempatan memperoleh pekerjaan dengan bayaran yang tinggi, dimanapun itu baik didalam Negeri maupun luar Negeri.

3. Hukum
Seperti halnya jurusan kuliah kedokteran, jurusan yang satu ini merupakan salah satu subjek yang menerima banyak permintaan lulusan baru yang memiliki reputasi bagus. Namun tentu saja, untuk sukses di bidang hukum tidak boleh asal memilih Universitas yang menawarkan jurusan hukum. Namun perlu pertimbangan yang matang dalam menentukan pilihan yang berkualitas.

4. Ekonomi
Untuk jurusan non-eksakta, Ekonomi menduduki peringkat kedua setelah hukum. Meski lulusan yang berasal dari bidang ekonomi cukup banyak, permintaan perusahaan tetap tinggi. Tujuan orang yang memilih jurusan kuliah ini tentu saja agar mudah mendapatkan pekerjaan setelah selesai melanjutkan pendidikan tinggi kelak.

5. Teknik Mesin
Jurusan yang satu ini juga tak kalah banyak dilirik oleh anak-anak yang baru saja lulus SMA karena menawarkan pekerjaan dengan honor yang cukup tinggi. Meski persaingan untuk masuk ke jurusan ini terbilang sulit, tapi minat untuk masuk jurusan kuliah ini tetap saja tinggi. Untuk itu, bagi yang berminat bisa menyiapkan diri saat ini.

6. Psikologi
Selain jurusan kedokteran, ada satu jurusan yang tidak berbeda jauh yaitu jurusan Psikologi. Jurusan kuliah ini selalu masuk dalam 10 jurusan terpopuler di Inggris dan bahkan di dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya minat anak-anak yang lulus SMA memilih jurusan Psikologi sebagai pendidikan lanjutan setelah selesai di Sekolah Menengah Atas.

7. Teknik Elektro
Untuk bidang jurusan teknik, jurusan teknik elektro menjadi jurusan kedua yang paling banyak diminati setelah jurusan teknik mesin. Jurusan ini terbilang unik karena menawarkan lahan kerja yang sangat disukai anak-anak masa kini yang senang dengan teknologi atau gadget. Tidak heran jurusan ini mampu masuk dalam daftar 10 besar jurusan kuliah yang paling diminati.

8. Matematika
Jurusan selanjutnya yang populer adalah matematika. Meski ilmu ini adalah ilmu dasar, permintaan akan ahli Matematika saat ini tetap saja tinggi. Pasalnya, ahli Matematika saat ini memiliki lahan kerja yang sangat luas dibandingkan jurusan lain. Meski dibituhkan kemampuan dalam ketelitian dan kesabaran, namun tetap saja banyak yang memilih jurusan kuliah yang satu ini.

9. Fisika
Tidak berbeda jauh dengan jurusan Matematika yang penuh dengan perhitungan, jurusan Fisika juga banyak diminati. Uniknya, minat di jurusan Fisika ini meningkat karena banyaknya film bertema Science seperti “The Big Bang Theory” yang membuat anak-anak muda berubah pikiran bahwa menjadi ilmuwan ternyata keren.

10. Geografi
Jurusan kuliah terfavorit yang terakhir ini baru-baru saja banyak diminati yaitu jurusan Geografi. Mempelajari ilmu ini banyak dibilang orang membosankan, akan tetapi karena banyaknya permintaan terhadap ahli Geografi maka jurusan ini menjadi satu yang diminati.

Nah, sudah dapat gambaran bukan, sebaiknya anda memilih jurusan kuliah sesuai dengan kemampuan dan minat anda. Karena ilmu yang anda dapatkan kelak akan digunakan sebagai modal anda bekerja dan sukses. Semoga membantu.

Source: Kompas.com
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.