#IMud ~ Golongan B (?)

Nah, masih stay di Pengen Kuliah ya. Bagus (y) . Kali ini kita akan membaca sebuah kisah inspiratif dari seseorang berinisial AP. Tapi bukan Aditia Prasetio (admin) lho ya... ^_^. Dengan bahasa yang mantab dan santai dia akan memberikan semangat baru untuk kalian. Judulnya "Golongan B". Wah,, dari judulnya aja udah bikin penasaran. Yuk yuk cekidot... Semangat membaca!!

=====================
Golongan B
Oleh : Anggelina Purnama

HAI. Hai, lagi, para sobat Pengen Kuliah. Gue itu yang kemaren sempet ngisi cerita tentang impian kecil masuk SNMPTN Biologi UI. Yah, kenapa Biologi? Karena Biologi bukan lagi darah buat gue tetapi daging (kanibal mode on). Gimana engga’ wong darah gue golongan B, IBIO, jadi serba B gitu. Yoks.
            Berharap, eh, malah gue merasakan sakit hati perih pedih sedih galau dll (baca tanpa koma). Gue ditolak. Titik. Sedih sih ngeliat tulisan warna merah gitu. Sedih banget. Ngeliat di grup-grup SNMPTN-SBMPTN ada yang ngepost capture lulus, dll. Yah, emang sih, sedari dulu gue ‘hampir’ selalu ditolak.
            Ngerasa golongan gue bukan lagi B yang Biologi. Gue jadi kepikiran kalo mungkin golongan darah gue adalah unsur golongan B pada sistem periodik. Sah ga kalo ngomongin ini? #merem. Akhirnya gue bertolak ke Kimia. Maybe, this is my destiny. Iya, ‘kan kita ga tau apa yang terbaik buat kita? Tapi, karena gue lagi ngambek, walhasil gue langsung banting stir ke UGM. Soalnya, pas gue searching-searching gitu, nemunya kalo Kimia Murni paling bagus di UGM.
            Sempet sih beberapa guru SMA gue bilang, jangan lah milih yang universitas ternama gitu, susah masuknya, pilih yang sedeng-sedeng aja. Tapi, gue pikir, ga ada salahnya buat nyoba. Hihi.
            Gue ragu sih, otak gue ‘kan ga lagi pas-pasan, tapi ngepas. Beh, gue rahasiain deh pilihan gue Kimia UGM. Pilihan 2 sama 3-nya di Unsri, soalnya Palembang agak deket sama provinsi gue. Sampe tes pun ga ada sih orang di dunia nyata yang tau pilihan pertama gue, kecuali pada suatu malam ketika gue, yang seorang anak Mami akhirnya ngomong tentang pilihan ini Cuma ke Mami doing. Dan, berlanjut ke kakak gue (dikasih tau emak gue).
            Gue sih bukan takut apa, gue takutnya ngebuat Mama eh Mami kecewa (maaf ya agak alay, ini ngetiknya ‘agak’ alay biar bacanya bisa santai, hehe).
            Udah, kemaren tanggal 9 Juli. Jam udah lewat jam 5, gue rasa udah banyak temen-temen yang sibuk ngebuka, gue malah baru selesai mandi. Emak gue nanya, dapet ga. Gue bilang ga berani buka. Takut nanti merah lagi, terus ngamuk lagi. Tapi, rasa-rasanya air mata gue udah agak beku sih dihabisin pas SNMPTN. Gue juga belajar seengganya, kalo lagi mood belajar kalo engga yang agak ngerasa bersalah sih. Tapi, jujur, gue ga mau terlalu nge-press otak sampe stress. Jadi, just do what you can do.
            Jam udah jam setengah 6. Udah gue buka website SBMPTN-nya tapi error terus. Jadi, fine-nya gue buka dari website mirror UGM. Udah gue ketik nomor peserta sama tanggal lahir, captha juga. Jadi, tinggal klik ‘cari’. Gue berhenti. Gue ‘agak’ nangis bentar gitu. Emak gue udah di samping. Semua adik-kakak gue juga udah di situ, di sekitar gue.
            Kriiiing. Ceklek. Gue ngeliat ada barcode. Karena gue bukanya lewat HP, jadi ga yang kayak tampilan di laptop. Dag dig dug, bergetar tangan gue, gue scroll ke bawah, selamat. Gue lolos di pilihan 1, Kimia UGM. Gue kaget, gue teriak, gue sesunggukan (engga’ nangis juga sih), gue meluk emak gue.
Kali ini gue bener-bener berani bergelayut di pundak emak gue, karena seumur hidup gue di dunia yang fana ini, gue engga pernah berani. Secara, setiap pengumuman gue biasanya ga lolos. Jadi, kali ini, gue persembahkan kelulusan ini buat emak gue, yang meskipun bawel gue sayang banget. Thanks, Mom, for everything you have given me. Muach.
            Gue yakin bin yakon. Mesti registrasi ulang dan masih harus tes buta warna, dll. Semoga Ya Allah dilancarkan, biar bener-bener lulus yang sebenarnya, bener-bener jadi mahasiswa UGM. Pake jaket abu-abu. Yah, gue ngerasa, dari SMA yang dulunya gue pengen ditolak, terus masuk SMA yang udah gue jalanin, sampe lulus di UGM. Waulahualam. Maha besar, Tuhan, ngeliat perjuangan dan kerja keras gue selama ini. Gue yang ga bimbel, belajar sendiri, berdoa. Ini pure ujian tertulis yang bener-bener gue lolos. Gue seneng banget sampe kedua tangan gue bergetar hebat. Sekali lagi, maaf, alay banget.
            Temen-temen, bagi yang lulus gue ucapin selamet yaa, bagi yang belum, ada masa depan yang lebih baik menanti kalian. Jangan pernah menyerah. Gue juga gitu, pantang mundur, ya. Gue tinggal nunggu pengumuman gue di Utul UGM. Dan kalo dapet, nanti gue insyaallah bakal milih mana prodi yang terbaik buat gue.

            Makasih buat keluarga, guru-guru, sama temen-temen gue yang udah support gue selama ini. Gue ga pernah ngerasa seberuntung ini dalem hidup gue. Menunggu tiga tahun dan berakhir indah kayak cerita di dongeng anak-anak. Gue masih berdoa semoga berhasil buat registrasi dan bener-bener sah (kayak pernikahan gitu) jadi mahasiswa, dan yang terpenting buat Mami bangga. Ciaa. Sekian dulu ya, sobat Pengen Kuliah. Buye-buye. Bye.

Si #IMud : Anggelina Purnama
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.