Kakek Ini Menjadi Peserta Tertua di Ujian Nasional 2016

Usia tak menyurutkan tekadnya untuk menyelesaikan jenjang pendidikan. Setidaknya, itulah yang tergambar dari sosok laki-laki satu ini. Namanya Ardi Yusuf.
Ia tercatat sebagai peserta ujian nasional (UN) tertua di Kota Bogor. Bagaimana tidak, Ardi sudah menginjak usia 61 tahun saat ujian nasional tahun ini. Meski tak muda lagi, ia tetap antusias mengikuti ujian kejar Paket C setara SMA.
Sesekali, Ardi terlihat mengerutkan dahi saat menjawab soal ujian. Meski begitu, ia percaya diri dan yakin dengan semua jawaban.
"Lumayan susah soal-soal ujiannya. Tapi saya yakin jawabannya pasti benar," ucap Ardi, saat ditemui usai ujian paket C, Selasa (5/4/2016).
Kakek yang kesehariannya berjualan sembako di rumahnya ini menuturkan, tidak merasa malu apalagi minder di usianya yang tak lagi muda masih mengikuti ujian. Menurut dia, menuntut ilmu tidak kenal waktu dan usia.
"Ya, harus tetap semangat. Pendidikan itu penting sekalipun sudah tua, kayak saya," kata kakek yang dianugerahi tiga cucu ini.
"Orang lain mungkin berpandangan kalau sudah tua, ijazah enggak ada gunanya. Tapi bagi saya tidak. Setidaknya, saya bisa memberi contoh kepada anak-anak saya," tambah dia.
Ardi tercatat sebagai siswa Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Pajajaran, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara.
Ia bertekad mendapatkan ijazah setara SMA hanya untuk memotivasi anak-anak muda agar semangat menuntut ilmu dan tidak mudah membeli ijazah palsu.
Dalam kesehariannya, ia senang membaca. Semua hal dia baca, dari koran hingga buku-buku pelajaran. Meskipun, suka terasa pusing jika membaca terlalu lama.
"Paling sering sih nonton berita di TV, lihat perkembangan negara ini," tuturnya. 

Sumber : Kompas.com
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :