Kamu Tidak Sendirian, Inilah 3 Hal Yang Sering Dialami Mahasiswa Saat Kuliah

 


Menyandang status sebagai mahasiswa memang impian banyak orang salah satunya di Indonesia. Banyak orang mengatakan bahwa menjadi mahasiswa adalah suatu hal yang mengasyikkan. Karena masa kuliah merupakan masa dimana seseorang menuju kedewasaan baik dari segi sikap maupun moral. Terkadang masa kuliah juga dianggap sebagai masa dimana seseorang mencari jati dirinya.

Namun, menyandang status sebagai mahasiswa ternyata tidak selamanya enak. Dimana akan ada beberapa hal yang sering dialami saat kuliah. Setiap mahasiswa pasti akan merasakannya, tidak terkecuali bagi kamu yang saat ini membaca tulisan ini. Jika saat ini kamu belum kuliah, mungkin nanti saat sudah berstatus sebagai mahasiswa akan merasakannya. Kira-kira apa saja ya beberapa hal yang sering dialami saat kuliah? Berikut ulasannya!

1. Begadang

sumber: Istockphoto/South_agency

Begadang dan mahasiswa seolah keduanya saling berkaitan. Karena saat menjadi mahasiswa begadang merupakan hal yang wajar untuk dilakukan. Terlebih jika setiap mata kuliah sedang ada tugas dengan waktu yang berdekatan, tak jarang membuat mahasiswa rela begadang demi menyelesaikan tugas-tugas yang ada.

Namun, biasanya begadang juga dilakukan oleh mahasiswa meskipun tidak sedang mengerjakan tugas. Saat menjadi suatu kebiasaan, begadang seolah mengasyikkan untuk dilakukan. Eits… tapi jangan sering-sering untuk begadang ya, karena tidak baik untuk kesehatanmu, lho.

2. Merasa Jurusan Yang Diambil Tidak Sesuai

Terkadang beberapa mahasiswa merasa jurusan yang diambil tidak sesuai. Padahal bangku kuliah sudah ditempuh beberapa semester, namun tiba-tiba rasa “salah jurusan” itu muncul di tengah jalan. Hal ini sering menjadi dilema bagi mahasiswa yang mengalaminya.

Terlebih bagi mereka yang goyah pasti akan memutuskan untuk keluar dari jurusan dan berganti ke jurusan yang lain. Padahal keputusan tersebut tentu akan menghambat waktu kuliah sehingga menjadi molor. Oleh karena itu, yakinkan dirimu terlebih dahulu sebelum memilih jurusan supaya rasa “salah jurusan” tidak akan kamu alami.

3. Bingung Yang Dilakukan Setelah Selesai Kuliah

Terakhir yang akan dialami oleh mahasiswa adalah bingung menentukan apa yang harus dilakukan jika nanti masa kuliah sudah selesai. Hal ini tentu menjadi dilema mengingat jaman sekarang mencari pekerjaan sangat sulit.

Selain itu, persaingan di dunia kerja yang sangat ketat berdampak pada kesempatan untuk diterima kerja semakin tipis. Maka, tidak heran jika banyak mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliahnya merasakan dilema antara ia harus bekerja atau berwirausaha.

Itulah 3 hal yang sering dialami oleh mahasiswa saat kuliah. Bagi kamu yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, 3 hal di atas bukan untuk menakut-nakuti, ya. Namun, di sini penulis berharap kamu menjadi lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang tidak pernah diduga sebelumnya. Semangat!

Kamu punya pengalaman lain saat kuliah? Yuk, langsung share di kolom komentar!





Dipublikasikan oleh Admin (Evy Nazilatun)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.