5 Tips Efektif Menjalani Kuliah Sambil Kerja


Halo teman-teman mahasiswa! Gimana nih kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya, apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19, kamu harus bisa menjaga kesehatan tubuhmu, lho. Jangan sampai karena kamu lengah tidak menjaga kesehatan tubuh, hal tersebut akan berpengaruh pada kesehatanmu.

Oke, kembali ke topik. Kuliah sambil kerja? Wah, pasti melelahkan sekali, ya. Bagaimana tidak? Setiap hari kamu memiliki banyak kegiatan, misalnya, ketika kamu berkuliah sambil bekerja, pasti di hari Senin hingga Jumat dari pagi sampai sore, kamu gunakan untuk bekerja. Dan di malam harinya, kamu gunakan untuk berkuliah.

Tetapi, ada juga yang memiliki jadwal berbeda, lho, misalnya di hari Senin hingga Jumat dari pagi sampai sore, kamu gunakan untuk bekerja. Lalu, pada hari Sabtu dan Minggu kamu gunakan untuk berkuliah. Bisa dibilang waktumu penuh dengan jadwal bekerja dan berkuliah dari Senin hingga Minggu, ya.

Huft…, dibayangkan saja sudah membuat geleng-geleng kepala, karena tentu akan melelahkan sekali bukan. Eits…, tapi kamu tak perlu khawatir karena penulis mempunyai 5 tips efektif menjalani kuliah sambil kerja. Penasaran? Yuk, langsung aja baca ulasannya!

1. Cari Pekerjaan Yang Sesuai Passion atau Program Studi


Jika kamu memutuskan untuk kuliah sambil kerja, usahakan cari pekerjaan yang sesuai dengan passion atau program studimu, ya. Mengapa demikian? Supaya teori yang sudah kamu peroleh dari kampus bisa langsung kamu aplikasikan di tempat kerjamu.

2. Jaga Kesehatan

Tips yang kedua ini sangat penting sekali untuk kamu perhatikan. Karena kuliah sambil kerja tentu akan menguras banyak tenaga maupun pikiranmu. Oleh karena itu, perbanyak minum vitamin dan juga konsumsi makanan sehat, ya.

3. Jangan Menunda Tugas


Tips yang ketiga juga tidak kalah penting bagi kamu yang memutuskan kuliah sambil kerja. Jangan sampai kamu menunda untuk mengerjakan tugas supaya bebanmu tidak menumpuk, ya. Kamu bisa mengerjakan tugas pada waktu pagi hari atau sebelum bekerja. Selagi ada waktu kosong, gunakan untuk mencicil tugas-tugas yang ada, ya.

4. Disiplin Mengatur Waktu

Kuliah sambil kerja harus bisa membuatmu mulai disiplin dalam mengatur waktu. Jangan sampai kamu merasa waktu cepat sekali berlalu dan 24 jam dalam sehari terasa kurang, padahal kamu belum melakukan apapun. Oleh karena itu, kamu harus bisa menentukan apa saja yang menjadi prioritas dan mana saja hal yang kurang prioritas, ya.

5. Jangan Lupa Beritahu Atasanmu Kalau Kamu Sedang Kuliah


Tips yang terakhir ini sederhana tapi penting banget, lho. Saat kamu memutuskan untuk kuliah sambil kerja, alangkah baiknya dari awal kamu menginformasikan kepada atasanmu bahwa kamu adalah seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi. Karena terkadang terdapat beberapa perusahaan yang tidak mengizinkan karyawannya sambil kuliah. 

Oke teman-teman mahasiswa, itulah 5 tips efektif menjalani kuliah sambil kerja. Jadi, setelah kamu membaca artikel ini, apakah kamu sudah mantap untuk memutuskan kuliah sambil kerja? Jika belum, pikirkan dengan matang-matang, ya. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari.

Dan yang harus diingat, jika kamu sudah kuliah sambil kerja harus tetap serius menjalani kegiatan-kegiatan yang ada di kampus, ya. Jangan sampai karena tergiur di dunia kerja, kamu menjadi susah untuk melanjutkan kuliah kembali karena sudah mengenal uang.


Kamu punya pengalaman mengenai kuliah sambil kerja? Yuk, saling share di kolom komentar!




Dipublikasikan oleh Admin (Evy Nazilatun)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.