5 Cara Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Belajar Kamu!

Halo Pejuang Kuliah! Apa kabar?

Apa kamu pernah merasa bahwa kamu sudah belajar cukup, tapi kok masih belum bisa memahami materi yang kamu pelajari? Bisa jadi, hal tersebut disebabkan karena kualitas belajarmu yang belum maksimal. 

Kualitas belajar berperan penting dalam memengaruhi hasil belajar kamu. Namun, diperlukan metode yang tepat untuk mencapainya. 

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas belajarmu.


1. Buat Rencana Belajar



Untuk memulai belajar, kamu perlu mengetahui apa yang ingin kamu pelajari. Perencanaan dapat membantu kamu belajar dengan lebih terstruktur. Jadi, kamu tidak akan menghadapi kebingungan dalam menentukan materi yang ingin kamu pelajari lebih dulu. Mulailah dari yang menurutmu paling mudah. 


2. Jauhi Gadget


Bagi kebanyakan orang, gadget menjadi salah satu penyebab yang berperan besar dalam mempengaruhi tingkat kefokusan. Notifikasi di hp dapat membuat pikiran teralihkan. Sebaiknya, bisukan gadgetmu selama belajar.


3. Fokus pada Tujuan



Dalam proses belajar, tentunya kamu juga perlu mengetahui tujuanmu. Jika tujuanmu untuk mempelajari materi sejarah, maka fokuslah pada itu. Jangan memikirkan hal lain di luar dari materi sejarah karena dapat membuat pikiranmu bercabang. Akibatnya, tidak ada satupun yang melekat di otakmu.


4. Sediakan Catatan Kecil

Terkadang, ide cemerlang justru muncul di waktu yang tak terduga. Ide yang muncul tersebut jangan diabaikan begitu saja karena pasti akan berguna untuk kamu nantinya. Catat saja buah pikiran yang tiba-tiba muncul itu ke dalam sebuah catatan kecil. Kamu bisa mengembangkan pikiran itu ketika kamu telah menyelesaikan belajarmu.


5. Terapkan Teknik Podomoro



Teknik ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari terjadinya kejenuhan dalam proses belajar. Cara menerapkannya adalah dengan menyisihkan waktu 5-10  menit di sela-sela belajarmu. Waktu istirahat ini dapat kamu gunakan untuk merelaksasikan otak sehingga kamu dapat menerima materi dengan lebih baik.


Seperti itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas belajarmu. Kamu juga bisa menambah atau menciptakan sendiri gaya belajar yang sesuai dengan kepribadianmu. 

Selamat mencoba!

Dipublikasikan oleh Admin (Safanah Nur Adzikra)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.