UTBK-SBMPTN Sudah Dekat! Berikut 4 Hal Penting Agar Kamu Lolos Masuk Kampus Impian!

UTBK-SBMPTN Sudah Dekat! Berikut 4 Hal Penting Agar Kamu Lolos Masuk Kampus Impian!
©pexels.com

Halo Pejuang Kuliah!

Siapa yang saat ini sedang sibuk mempersiapkan diri untuk masuk ke kampus impian?

Banyak jalur masuk perguruan tinggi yang mulai dibuka untukmu Pejuang Kuliah. Kamu pasti cukup kelimpungan dengan berbagai persiapan yang ada.

Salah satu pendaftaran jalur masuk terdekat ialah UTBK-SBMPTN. Sejak dahulu, jalur ini merupakan salah satu yang membuat kecemasan calon mahasiswa meningkat.

Loh kok bisa? Jelas saja, karena calon mahasiswa harus belajar dan mengatur strategi terbaik untuk mendapatkan nilai UTBK-SBMPTN yang tinggi untuk diterima di kampus impian.

“Lalu apa saja sih hal penting yang harus diperhatikan agar lolos kampus impian?”

Penasaran? Berikut Pengen Kuliah merangkum tips lolos UTBK-SBMPTN agar lolos kampus impian, khusus untuk kamu!

 

1. Memahami Universitas dan Jurusan yang Kamu Tuju

Memahami Universitas dan Jurusan yang Kamu Tuju
©pexels.com

“Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi orang yang Anda inginkan.” – George Eliot.

George Eliot menyinggung alangkah pentingnya untuk menjadi orang yang kamu inginkan. Kali ini kaitannya dengan universitas dan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu, Pejuang Kuliah. Sedihnya, banyak sekali Pejuang Kuliah yang bingung menentukan universitas dan jurusan tujuannya sehingga berakhir salah jurusan.

“Loh, memangnya serem ya kalau salah jurusan?”

Salah jurusan bisa menjadi ‘mimpi buruk’ jika jurusan yang kamu ambil tidak cocok dengan minat dan bakatmu. Bahkan salah memilih jurusan bisa berujung kamu ditolak kampus impian lho!

Contohnya begini. Kamu adalah siswa SMA IPA, kamu sangat ingin masuk jurusan Psikologi sehingga kamu mendaftar di jurusan Psikologi kampus A. 

Kamu sudah belajar dengan sangat tekun sehingga kamu yakin lolos UTBK-SBMPTN. Akan tetapi kamu kurang teliti dan mendapati jurusan Psikologi di kampus A mengharuskan UTBK-SBMPTN Soshum.

Jadilah kamu kelimpungan karena tidak memahami universitas dan jurusan yang kamu impikan. 

Nah, akhirnya memahami universitas dan jurusan tujuan itu penting kan?

 

2. Memahami Alur Pendaftaran dan Mempersiapkan Berkas yang Diperlukan

Memahami Alur Pendaftaran dan Mempersiapkan Berkas yang Diperlukan
©pexels.com

Tentunya kamu harus paham jika jarak pendaftaran itu memiliki batas waktu. Kelak kamu diharuskan mengunggah berkas-berkas penting yang mungkin saja terselip di berbagai tempat di rumah.

Nah, untuk mempermudah proses pendaftaran, alangkah lebih baik jika kamu sudah mempersiapkan berbagai berkas itu di dalam satu tempat (seperti map misalnya). Sehingga kamu tidak pusing mengobrak-abrik seisi rumah karena berkasnya tidak ketemu.

Kemudian dengan memahami alur pendaftaran, waktumu yang sangat berharga tidak akan habis sia-sia karena sibuk browsing di internet setiap saat. Bahkan beberapa menit saja bisa kamu gunakan untuk persiapan belajar soal-soal UTBK!

Yakin kamu masih malas memahami alur pendaftaran dan mempersiapkan berkas?

 

3. Mempertimbangkan Beasiswa dan Biaya Perkuliahan

Mempertimbangkan Beasiswa dan Biaya Perkuliahan
©pexels.com

“Aduh mau banget kuliah tapi aku gak ada biaya,”

Apakah kamu pernah mendengar teman-temanmu berkata begitu? Atau malah kamu sendiri yang batal ikutan UTBK-SBMPTN karena takut tidak ada biaya? 

Tenang Pejuang Kuliah, kamu masih punya harapan!

Biaya merupakan salah satu penyebab utama Pejuang Kuliah memupuskan impiannya untuk berkuliah. Terkadang, karena cemas dengan biaya, beberapa Pejuang Kuliah ragu-ragu dalam mempersiapkan UTBK-SBMPTN. Sehingga pahit-pahitnya malah berakhir tidak lolos.

Waduh, sayang sekali ya?

Ketika kamu mendaftarkan diri, kamu harus tahu strategi apa yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi urusan biaya. Misalnya mencari informasi beasiswa dari berbagai sumber!

“Dari mana ya aku bisa tahu informasi penting begini?”

Pengen Kuliah akan kasih solusinya khusus untuk kamu sebentar lagi! Scroll-terus!

 

4. Mengikuti Berbagai Kegiatan yang Menambah Pemahaman Terkait Jalur Masuk

Mengikuti Berbagai Kegiatan yang Menambah Pemahaman Terkait Jalur Masuk
©pexels.com

Jika kamu khawatir dengan beberapa permasalahan yang kerap muncul menjelang UTBK-SBMPTN, maka kamu harus mengikuti kegiatan yang menambah pengetahuanmu terkait jalur masuk yang akan ditempuh.

“Memang apa dampaknya kalau aku ikut kegiatan kaya ini?”

Ketua LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) Mochamad Ashari menyarankan agar para calon peserta UTBK-SBMPTN mempersiapkan diri. Terutama meminimalisir rasa grogi di kala ujian.

Salah satu hal yang mengurangi rasa grogi ialah dengan memahami betul-betul ‘medan perang’ atau ‘bentuk ujian’ yang akan kamu hadapi. 

Tenang, Pengen Kuliah tahu salah satu cara jitu untuk membantu kamu dalam berbagai permasalahan yang sebegitu banyaknya. Yakni dengan mengikuti kegiatan ‘'Talkshow Pejuang Kuliah!’

Talkshow Pejuang Kuliah
©pengenkuliah

Apa itu Talkshow Pejuang Kuliah?

Talkshow Pejuang Kuliah (TPK) adalah sebuah event yang melibatkan narasumber terpercaya yang lolos enam jalur masuk perguruan tinggi. Yakni SNMPTN, SBMPTN, KIPK, SPAN-PTKIN, Kedinasan dan Politeknik. Wah lengkap sekali ya?

Hanya dalam waktu sekian jam, kamu akan mendapatkan bejibun jawaban atas permasalahan yang kamu hadapi menjelang ujian masuk perguruan tinggi. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak benefit yang tidak tanggung-tanggung!


Berikut Benefit TPK yang Bisa Mendukung Kamu Lolos Masuk Kampus Impian!

#1 Memahami Jalur Masuk SBMPTN + 5 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Lainnya

Kamu sudah paham kan betapa pentingnya pemahaman terkait jalur masuk perguruan tinggi? Nah, kali ini kamu bahkan bisa mendapatkan informasi yang butuh klik google kiri-kanan-atas-bawah. Di mana faktanya belum tentu akan kamu dapatkan informasi TPK dari mbah Google semata!

Kamu juga bisa langsung tanyakan banyak tips pada Kakak-Kakak yang lolos 6 jalur masuk di TPK. Untungnya apa? Tentunya jika kamu gagal di UTBK-SBMPTN, kamu sudah punya bekal berbagai jalur masuk lainnya untuk dicoba!

Ingat, ada seribu jalan menuju Roma. Tapi kalau kamu gak tahu jalan pintasnya, apa gunanya?

 

#2 Gratis Try Out + Pembahasan dan Prediksi Pilihan Jurusan

Masih ada lagi bonusnya untuk kamu Pejuang Kuliah! Yakni gratis Try Out beserta soal-soalnya dan pembahasannya! 

Padahal biasanya, untuk dapat soal-soal TO beserta pembahasannya, kamu harus beli buku kumpulan soal UTBK yang harganya bisa ratusan ribu.

Bahkan bonusnya, kamu akan mendapatkan prediksi pilihan jurusan! 

Kurang lengkap apa lagi, Pejuang Kuliah?

 

#3 Gratis Roadmap Pendaftaran Jalur Masuk Perguruan Tinggi

Kamu repot mencatat tanggal-tanggal pendaftaran berbagai jalur masuk perguruan tinggi? 

Tidak perlu cemas! Karena dengan mengikuti TPK, kamu akan mendapatkan gratis Roadmap pendaftaran jalur masuk perguruan tinggi! Jadi gak perlu capek-capek surfing di Google dan mencatat ke sana ke mari deh!

Kurang enak apalagi Pejuang Kuliah?

 

#4 Tips & Trik Diterima Kampus Impian

“Bagaimana sih soal-soal di ujian masuk Sekolah Kedinasan?”

“Aku mau masuk Politeknik, tapi memangnya ada beasiswa ya di sana?”

“UTBK-SBMPTN persiapannya harus bagaimana ya Kak? Aku belum belajar sama sekali nih!”

Dari mana lagi kamu bisa dapat tips & trik diterima kampus dan jurusan impian? Atau mau tau tips mengerjakan soal-soal berbagai jalur penerimaan?

Pastinya gak di mana-mana, cuma ada di Talkshow Pejuang Kuliah!

Daftar sekarang juga dengan klik di sini!

 “Sukses tergantung pada persiapan sebelumnya dan tanpa persiapan itu pasti akan terjadi kegagalan.” – Confusius.

Seperti kata Confusius, bagaimana kamu mau mendapatkan kampus yang kamu impikan jika kamu setengah-setengah dan kurang persiapan? 

Selain dirimu, banyak sekali calon mahasiswa yang juga bersaing denganmu untuk mendapatkan kampus impiannya.

Bedanya, ada yang benar-benar mempersiapkannya dengan matang dan ada yang hanya setengah-setengah. Bahkan ada saja yang hanya mengandalkan keberuntungan semu tanpa usaha sama-sekali.

Pejuang Kuliah, perjuangkanlah jika kamu memang mau mendapatkan impianmu. Berhenti mengharapkan keberuntungan yang belum tentu akan datang. Persiapkan segalanya selagi sempat. Karena kesempatan tidak akan datang dua kali.

Singkirkan berbagai pemikiran pesimismu dengan membekali diri hingga kamu diterima di kampus impianmu! Selamat berjuang Pejuang Kuliah! 😊

Dipublikasikan oleh Admin (Sindy Prisila)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

2 komentar :

  1. Wah, thanks infonya kak. Langsung otw daftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama! Semoga membantu prosesmu ya Pejuang Kuliah ☺️

      Hapus

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.