Baca Ini Kalau Kamu Sering Merasa Gagal!

Siapa yang sering overthinking karena sering gagal? Hayo, ngaku! Sebenarnya, overthinking jika masih dalam batasan yang bisa dikontrol adalah suatu bentuk pertahanan diri dalam menghadapi kemungkinan terburuk di hidup kita. Jadi, ya, apapun yang berlebihan memang tidak baik. Evaluasi diri adalah salah satu kunci di saat kalian menghadapi kegagalan, bukan malah overthinking.


“Ih, kenapa sih aku gagal terus, sedangkan dia hidupnya mulus banget?”


Kalau diibaratkan dalam satu kalimat, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau, kan? Nah, itu dia salah satu alasan kenapa hidup orang terlihat lebih lancar dibanding kalian. Kalian juga tidak sepenuhnya melihat keseharian mereka. Bisa jadi mereka lagi nangis di saat kamu mandi, ya kan? Stop melihat ke arah orang lain dan mulai fokus ke diri sendiri.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi fase kegagalan itu.


  1. Hidup bukan perlombaan.



Photo by Sammie Chaffin on Unsplash

Tanamkan pada diri sendiri bahwa hidup bukanlah perlombaan siapa yang paling cepat meraih prestasi. Kalian akan lebih santai namun tetap keep-on-the-track sesuai cita-cita. Selain itu, kalian juga tidak akan sedih atau bahkan sakit hati saat melihat pencapaian orang lain, anggap saja sebagai motivasi untuk lebih semangat lagi. Mereka yang sudah berhasil meraih prestasi/impiannya, bukan berarti kamu 100% gagal. Semua orang punya timeline suksesnya masing-masing.


  1. Berdamai dengan masa lalu.


Photo by Jacqueline MunguĂ­a on Unsplash

Kenapa? Suatu ketika, terlintas di otak kalian “kenapa dulu aku ngga kaya gini, kenapa aku ngga kaya gitu aja? Kenapa aku pilih A daripada B?” dan akhirnya kalian demotivasi. Perlu diingat bahwa penyesalan tidak akan merubah apapun. Jadikan kesalahan itu sebagai pelajaran, renungkan baik-baik kesalahannya dimana, lalu bangkit dan mulai menata ulang rencana untuk kedepannya seperti apa. Misal saat SMA kamu menyesal pilih SMA A daripada SMA B, tapi bukan berarti kalau ternyata dulu kamu pilih SMA B hidupmu akan jauh lebih baik, kan? Karena dunia ini abu-abu, banyak faktor lain yang jadi pendukung. So, yang sudah berlalu, biarlah berlalu.


  1. Pantang menyerah.


Photo by Brett Jordan on Unsplash

Di saat semangat sedang turun, memang sulit rasanya untuk bangkit lagi. Tidak perlu memaksakan diri karena manusia pada dasarnya memiliki batasan kemampuan. Istirahat sejenak, setelah itu barulah coba lagi walaupun harus keluar dari zona nyaman kalian. Rejeki, takdir, dan kesuksesan tidak ada yang tau pasti letaknya dimana karena setiap orang memiliki timeline berbeda. Mungkin saja kamu berasal dari jurusan biologi namun ternyata suara kamu bagus dan akhirnya kamu jadi penyanyi go international seperti Agnez Monica, walaupun awalnya kamu takut untuk tampil di hadapan publik. Artinya kalian harus tau potensi yang ada dalam diri sendiri, sekecil apapun itu. Potensi tersebut bisa kalian ketahui dari hobi atau kegiatan yang sering dilakukan saat mengisi waktu luang. Kalian juga bisa ikut tes minat bakat untuk mengetahui lebih dalam lagi potensi yang ada pada diri sendiri.


  1. Brainstorming kepada orang terdekat.


Photo by Andreea Avramescu on Unsplash

Ketika kamu bingung menentukan atau merencanakan sesuatu, kamu bisa brainstorming terlebih dahulu. Apa itu brainstorming? Jadi, kalian akan diskusi santai bersama orang-orang terdekat mengenai permasalahan yang sedang kalian hadapi. Nah, pastikan kalian sudah paham betul karakter dari lawan diskusi kalian karena bisa jadi saat brainstorming apa yang mereka sampaikan tidak sesuai dengan harapan kalian. 


Jangan lupa untuk mencatat poin-poin apa saja yang mereka sampaikan dan juga risiko yang akan terjadi setelahnya. Setelah melakukan diskusi, pertimbangkan beberapa pendapat dari mereka, lalu keputusan akhir tetap kalian yang menentukan. Cara ini bisa mengurangi penyesalan kedepannya karena kalian sudah memikirkannya dengan matang dari awal.


Itulah, beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Tetap semangat dan jangan menyerah! Kalau kamu mau sukses tapi tidak mau gagal, lantas bagaimana cara kamu belajar dari kesalahan? :)




Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Tarizka Ozzi Pratiwi)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.