Yuk Kepo-in, Tips Belajar Mahasiswa Stanford

 Yuk Kepo-in, Tips Belajar Mahasiswa Stanford

Photo by Instagram @maudyayunda

Kalian pasti pernah merasakan demotivasi. Bagaimana sih, kalian mengatasi hal tersebut? Aku yakin kalian pasti punya seseorang yang menjadi motivasi kalian. Hal itu mungkin bagi beberapa orang terlihat sepele, tetapi bagi orang lain bisa memberi dampak yang besar. Mungkin, orang itu bisa orang terdekat kalian seperti teman, keluarga atau bahkan ada beberapa orang yang menjadikan idola mereka sebagai motivasi contohnya Maudy Ayunda. Pasti banyak orang sudah tidak asing lagi dengan nama itu. 

Maudy Ayunda, aktris sekaligus penyanyi, telah menyelesaikan pendidikan S2 dari Stanford University yaitu perguruan tinggi terbaik kedua di dunia setelah Massachusetts Institute of Technology (MIT) versi QS World University Rankings 2021 pada bulan Juni. Maudy lulus dalam waktu dua tahun dengan dua jurusan sekaligus, Administrasi Bisnis dan Pendidikan, sehingga ia mendapat dua gelar sekaligus yaitu MA dan MBA. 

Sebelumnya, Maudy Ayunda merupakan lulusan Oxford University dengan predikat cumlaude di jurusan PPE atau Politic, Philosophy, and Economics. Menurut QS World University Rankings 2021, Oxford University masuk dalam peringkat kelima universitas terbaik di dunia di tahun 2021. Kalian pasti penasaran tips and trick belajar Maudy Ayunda. Yuk, langsung kita simak tipsnya.

  1. Be Flexible and Adaptive. 

Saat kita berada di negara orang, tentunya kita mau tidak mau harus bisa beradaptasi dan terbiasa dengan apa yang ada di sana. Bersosialisasi adalah kunci utama dengan mencari teman sebanyak mungkin tidak hanya membantu Maudy dalam hal urusan kuliah, tetapi juga membantunya menjalani hidup di negeri orang tersebut. 

Selain itu, terbuka dengan lingkungan yang baru juga menjadi poin penting bagi Maudy yang harus dilakukannya agar orang mau berteman dengan kita.

  1. Jadikan Perpustakaan Sebagai Rumah Kedua 

Orang menjadi pintar karena wawasannya luas dengan banyak membaca. Maudy hampir setiap hari selalu berkunjung ke perpustakaan yang ada di Oxford. Berteman dengan buku sudah menjadi hal yang biasa bagi Maudy. Bahkan, aroma buku sudah menjadi aroma kesukaannya semenjak ia menduduki bangku sekolah.  Kamu akan menemukan banyak buku dan membuka wawasanmu menjadi lebih luas. 

  1. Jangan Pernah Lewatkan Kuliah Umum

Kuliah itu gak melulu belajar apa yang ada di jurusanmu, tetapi kamu juga harus cari ilmu lain agar menambah wawasan dan membuka pikiranmu. Salah satu kebiasaan Maudy adalah mengikuti kuliah umum. Saat menghadiri kuliah umum, Maudy memanfaatkan kesempatannya untuk berdiskusi, bertanya, dan berdialog langsung dengan pembicara. Dengan begitu, ilmu yang dia dapat semakin luas dan beragam sehingga tidak terpaku pada apa yang dipelajarinya saat dibangku kuliah saja.

  1. Menulis Menjadi Senjata Ampuh Selama Melewati Perkuliahan

Jika kamu sudah mulai duduk dibangku kuliah, tentunya kamu akan dihadapi dengan berbagai tugas seperti membuat makalah, artikel, laporan hingga jurnal. Dia dituntut untuk selalu berdiskusi dengan profesornya dan membuat esai hingga dua kali dalam seminggu. Sehingga menulis sudah menjadi makanan Maudy selama dia menjalani kuliah.

  1. Sesekali Luangkan Waktu Untuk Menyalurkan Hobi Sebagai Obat Stres Selama Kuliah

Terlalu kaku selama menghadapi masa kuliah bukanlah kebiasaan yang bagus. Sesekali kamu boleh beristirahat dan meluangkan sedikit waktu untuk menyalurkan hobi. Di sela-sela waktunya yang padat dengan jadwal kuliah, Maudy menyempatkan diri untuk memanfaatkan waktu luangnya dengan bermain musik dan menulis lagu. Bahkan Maudy berhasil menciptakan sebuah lagu disela waktu istirahatnya yang singkat. 

Selain itu, Maudy juga mengikuti kegiatan kampus dan bergabung dalam suatu komunitas yang ada di kampusnya. Selain melakukan hobi, waktu luang juga dimanfaatkan untuk berdiskusi dan saling sharing sesama teman sejurusan ataupun berbeda jurusan agar kamu juga memperoleh ilmu walaupun kamu tidak sedang berada di waktu kuliah.

 

Itulah beberapa tips dari Maudy Ayunda. Kami harap kalian yang membaca ini semakin termotivasi untuk rajin belajar dan menggapai impian kalian. Semangat!


Sumber :

Anonim, 2021, Maudy Ayunda Lulus S2 di Stanford University, Bikin Muda-Mudi Di Indonesia Heboh, https://www.kompas.com/hype/read/2021/06/10/111327866/maudy-ayunda-lulus-s2-di-stanford-university-bikin-muda-mudi-indonesia?page=all., diakses tanggal 13 Oktober 2021 pukul 09.02.

Anonim, 2021, Riwayat Pendidikan Maudy Ayunda, Lulus dari Dua Universitas Terbaik Dunia, https://www.kompas.com/hype/read/2021/06/10/120020866/riwayat-pendidikan-maudy-ayunda-lulus-dari-dua-universitas-terbaik-dunia, diakses tanggal 13 Oktober 2021 pukul 09.37

Anonim, 2021, Yuk, Intip 5 Cara Belajar Mahasiswa Oxford ala Maudy Ayunda, https://www.idntimes.com/life/education/jaka-murinata/yuk-intip-5-cara-belajar-mahasiswa-oxford-ala-maudy-ayunda-c1c2/3, diakses tanggal 13 Oktober 2021 pukul 10.05


Keyword : Maudy Ayunda, Maudy Ayunda Stanford, Maudy Ayunda pendidikan


Imanuela Sagita Listi

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Imanuela Sagita)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.