Tips Tetap Konsisten dalam Meraih Goals Tahunan!

Pernahkah kamu berada dalam kondisi ini, Kamu sudah merencanakan dan menetapkan goals tapi merasa suntuk dan malas sekali buat melanjutkan meraih tujuan yang sudah ditetapkan tersebut? Akhirnya kamu pusing sendiri dan bingung bagaimana caranya menjaga niat untuk tetap berdiri di satu tujuan yang sama? Nah, tenang saja Pejuang Kuliah! Artikel kali ini akan membahas bagaimana sih tips tetap konsisten dalam meraih goals seperti orang-orang!


Konsisten dalam Meraih Goals


Mengalami sesuatu seperti kehilangan niat dan motivasi dalam meraih tujuan adalah hal yang biasa dirasakan setiap orang. Kita memang tidak bisa selalu menjaga semangat seratus persen setiap harinya. Yang membedakan hanyalah bagaimana cara kamu bersikap saat itu terjadi. Nah, bukan berarti kamu bisa menyerah di tengah begitu saja! Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kekonsistenan hatimu! Yuk, check sekarang!



Sumber : pexels/Breakingpic


  1. Konsisten dalam Hal Kecil


Kamu bisa memulai semuanya dari hal kecil. Seperti saat ini, kamu tidak mungkin langsung bisa berbicara dan berjalan dengan lancar, bukan? Kamu memulainya dari ketika masih menjadi bayi. Untuk itu, kamu memerlukan proses yang dinamakan belajar. 


Semua hal memang harus dilakukan dengan proses belajar. Mulailah untuk melakukan satu kebiasaan kecil yang masih menunjang goals-mu! Contohnya kamu memiliki tujuan untuk lancar berbahasa Inggris. Hal terkecil yang bisa kamu lakukan adalah mencoba konsisten untuk menghafal 5 kosakata baru setiap harinya. Terlihat mudah, bukan?


  1. Menjaga Kesabaran


Sabar adalah kunci sukses sesungguhnya. Kamu tidak mungkin bisa melakukannya hanya dalam waktu semalam. Kamu pasti akan membutuhkan waktu yang berminggu-minggu ataupun berbulan-bulan bahkan bisa bertahun-tahun. Kamu juga mungkin akan merasa jenuh dan suntuk kembali namun ingat sabar adalah kuncinya.


Menjaga kesabaran mungkin juga terdengar sulit dilakukan. Pasti banyak pengaruh yang mengajakmu untuk melepaskan apa yang sudah kamu lakukan. Tapi, ingatlah bahwa sudah sejauh mana perjuanganmu. Kamu tidak bisa menyerah lagi, maka bersabarlah.


  1. Beri Sanksi


Jika kamu masih merasa sudah mencapai ambang batas kebosanan, kamu bisa ‘menampar’ diri dengan melakukan hukuman kecil-kecilan. Meskipun hal ini terdengar sedikit berisiko sebenarnya hal ini mampu menumbuhkan motivasi untuk tetap di jalan konsisten.


Kamu bisa memberi hukuman seperti tidak ada makan permen ketika kamu gagal konsisten untuk belajar. Hukuman tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kemauan dan kondisimu. Tapi, jangan dianggap terlalu serius. Ini hanya sebagai bentuk agar kamu bisa mempertahankan jiwa konsisten.

  1. Membayangkan Hasil


Kamu juga bisa menjaga kekonsistenan dengan membayangkan hasil yang akan kamu dapatkan bila perjuanganmu tetap terjaga. Bayangkan apa yang kamu inginkan sudah di depan mata. Bayangkan juga bagaimana proses perjuanganmu untuk mendapatkannya.


Membayangkan hasil memang menjadi bisa menjadi penyemangatmu, namun tetap ingat untuk tidak terbuai dalam khayalan itu. Kamu harus segera menyelesaikan mimpimu dengan mempertahankan perjuanganmu sekarang. Itulah caranya kamu bisa merasakan hasil akhir secara nyata bukan hanya dalam mimpimu.


  1. Menikmati Proses


Proses memang merupakan hal yang melelahkan. Tapi, dengan menikmati setiap hal yang kamu berikan untuk mencapai mimpimu adalah salah satu langkah besar. Kamu jadi lebih menghargai makna dari perjuangan dan akan mempertahankan kekonsistenan.


Cobalah untuk menengok ke belakang dan pahami proses yang sudah kamu lakukan. Jangan lupa untuk tersenyum dan menghayati makna dari sebuah proses, kamu akan lebih mudah untuk tetap semangat bahkan di titik terendah sekalipun.


  1. Lakukan Secukupnya


Tidak bisa dipungkiri terkadang kita ingin segera menyelesaikan proses yang sudah dibuat. Namun, terlalu terburu-buru dan berlebihan dalam memberikan effort malah akan membuatmu terjebak dalam rasa kebosanan. 


Terlalu buru-buru juga akan memberikan hasil yang buruk dibandingkan dengan buah kesabaran. Bila hasil yang kamu dapatkan buruk bisa saja kamu semakin malas dan tidak konsisten. Hal inilah yang harus kamu hindari.


Wah, pejuang kuliah kira-kira begitulah tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga konsisten dalam meraih goals. Dari enam poin di atas, mana yang sudah pernah kamu coba lakukan? Boleh berinteraksi di kolom komentar, ya!


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Widya)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.