MAU MUDAH CARI KONEKSI DAN PEKERJAAN? MAHASISWA HARUS TAHU SITUS PENTING INI!

                                                            

                                                                    Designed by Canva

Setelah selesai menempuh jalur pendidikan, pasti kita akan memasuki dunia kerja. Pada fase ini kalian dituntut untuk berani mengaplikasikan hasil belajarmu. 

Namun, kenyataannya masih banyak fresh graduate yang kesulitan mencari pekerjaan. Proses memasukkan lamaran membutuhkan waktu, biaya, dan energi yang tidak sedikit, Nah, kita ada solusi buat kalian terutama untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan, 

Kalian sesungguhnya bisa mencari pekerjaan melalui media sosial. Media sosial merupakan sosial media adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto, video, dan merupakan platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya.

Media sosial yang biasanya kita gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan adalah Linkedin. Linkedin memberikan kesempatan seseorang untuk menunjukkan profil, keahlian, serta rekomendasi dan koneksi secara profesional. Berikut 5 fungsi Linkedin :

  1. Membangun Hubungan Profesional

LinkedIn memberikan layanan untuk membangun profil profesional. Seluruh data diri, foto, Curriculum Vitae, resume, dan lain-lain dapat kamu muat di “LinkedIn”. Tujuannya agar kamu mendapat kesan awal yang baik dari para profesional lain. 

  1. Memperluas Koneksi

“LinkedIn” membantu untuk berinteraksi dengan semua orang. Di “LinkedIn”, kamu dapat membuat profil profesional kamu dan dengan adanya profil profesional itu, kamu dapat menambah koneksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan atau bekerja di bidang yang sama. 

  1. Meningkatkan Potensi Dilirik HRD

Sebanyak 93 persen HRD perusahaan kini menggunakan LinkedIn untuk meriset lebih dalam mengenai kandidat sekaligus menjadikan LinkedIn sebagai platform untuk merekrut kandidat pula. Sehingga, pastikan kamu memperlakukan profil LinkedIn Anda seperti CV agar bisa memberikan kesan yang baik kepada HRD.

  1. Mencari Lowongan Kerja 

Kalian bisa mencari pekerjaan di Linkedin sesuai dengan minat, bakat, dan latar belakang Anda. Selain itu, Anda juga bisa secara mandiri mendaftar lowongan pekerjaan yang ada di Linkedin

  1. Menambah Portofolio Pekerjaan

Kalian bisa memperkuat kredibilitas terhadap perekrut dengan menampilkan portofolio atau pengalaman kerja di Linkedin, lho.

Nah, sangat banyak bukan fungsi dari Linkedin, Maka, kita bisa lho membuat profil Linkedin sedini mungkin. Hal ini bisa saja membuat kita lebih bisa dan tahu informasi mengenai dunia kerja lebih cepat dan lengkap.


Sumber referensi :

Anonim. 2022, Simak, Ini 7 Fungsi Linkedin yang Perlu Kamu Tahu, https://money.kompas.com/read/2021/08/29/200000826/simak-ini-7-fungsi-linkedin-yang-perlu-kamu-tahu-?page=all#:~:text=Media%20sosial%20ini%20kerap%20disebut,ingin%20memajukan%20atau%20mengembangkan%20karir. Diakses tanggal 3 Maret 2022


Anonim, 2022, Manfaat Linkedin Bagi Karir Kamu, https://www.cermati.com/artikel/manfaat-linkedin-bagi-karir-kamu. Diakses tanggal 3 Maret 2022


                                                                                                                Imanuela Sagita Listi
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Imanuela Sagita)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

1 komentar :

  1. kenyataannya masih banyak fresh graduate yang kesulitan mencari pekerjaan. Proses memasukkan lamaran membutuhkan waktu, biaya, dan energi yang tidak sedikit, Nah, kita ada solusi buat kalian terutama untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan,
    please visit link Tel-U

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.