Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat SNMPTN

Manusia memang tak pernah luput dari kesalahan. Kesalahan bisa disebabkan berbagai faktor, salah satunya adalah kelalaian ataupun kurang pemahaman. Para pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan juga sering melakukan kesalahan-kesalahan. Namun kali ini kita hanya akan membahas kesalahan yang sering dilakukan saat SNMPTN. Yuk langsung simak.

1. Lupa NISN
NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional yang tertera di sebuah kartu. Sejak SD dan SMP sangat jarang kita menggunakan kartu ini, dan baru akan terasa manfaatnya ketika akan mengikuti snmptn karena NISN digunakan sebagai ID untuk masuk ke akun. Karena jarang digunakan, siswa sering lupa dan bahkan ada yang kartunya menghilang entah kemana. Duuh kalau sudah seperti ini lalu bagaimana? Hmm... Untung ada mbah google. Jika kamu lupa NISN mu, silakan buka http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data , pilih tab Pencarian Berdasarkan Nama, kemudian masukkan nama, tempat dan tanggal lahir. Dan jeng jeng.. Kamu bisa melihat nomor induk mu. 

2. Ingat NISN, tapi lupa mengecek data online
Oh iya jika kamu masih ingat NISN mu, jangan lupa mengecek di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data dan masukkan NISN mu, kemudian cek apakah ada data yang berbeda atau tidak. Jika ada perbedaan, segera lapor ke pihak sekolah dan minta tolong untuk dibantu pengurusan perbaikan data. Kenapa? Karena data NISN yang tercatat secara online lah yang menjadi basis data snmptn. 

3. Salah input nilai
Salah input nilai menjadi kebiasaan yang tidak baik. Kesalahan ini sangat sering terjadi dan selalu berulang-ulang setiap tahunnya. Kesalahan ini bisa disebabkan karena ngantuk atau lelah saat memasukkan data serta lupa atau terlalu malas mengecek kembali data yang sudah dimasukkan. Kalau sudah terlanjur bagaimana? Simak pembahasannya secara detail di sini.

4. Salah input data pribadi
Salah input data pribadi atau data-data lainnya juga sering terjadi. Kesalahan ini juga disebabkan karena ngantuk atau lelah saat memasukkan data serta lupa atau malas ngecek. Simak pembahasannya secara detail di sini kalau kamu mengalami hal ini.

5. Salah memilih jurusan
Duwh ini adalah kesalahan yang cukup nyesek ya. Udah lengkap dan benar data-datanya, eh ternyata pas milih jurusan salah. Salah pemilihan bisa jadi karena ngantuk atau karena tidak tahu secara mendetail jurusan itu. Misalnya ada dua jurusan yang serupa, dikira sama, eh ternyata berbeda dan salah milih. Ntar jadinya muncul istilah "salah jurusan".

Yaa itulah sedikit kesalahan yang sering dilakukan saat snmptn. Jangan sampai kamu juga mengalaminya yaa, kan sudah diingatkan lewat artikel ini. Lebih teliti dan fokus yaa..

Ada kesalahan yang lain?? Yuk tulis di komentar.
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.