Kuliah itu Menyenangkan, Nggak Kayak Sekolah. Benarkah?

Ketika masih duduk di bangku sekolah, hampir semua siswa berangan-angan dan ingin segera lulus kemudian kuliah. Dibayangan kita, kuliah itu enak, gak harus pakai seragam, pakai pakaian bebas, kuliah cuman sebentar trus bisa cepet dapet jodoh. Rasanya kayak di film-film gitu.. 

Tapi... eh tapi... Kenyataannya dunia perkuliahan tidak seindah itu... Ada banyak hal yang akan kamu temui. Yuk kita bahas sekarang.


Ospek (Secara Fisik & Mental)
Zaman sekarang emang masih ada ospek? Kata kak "A" dan "B" udah gak ada ospek. Peraturan juga menyatakan kalau ospek itu tidak boleh. Hmm.. Namun pada kenyataannya, masih ada beberapa jurusan yang menerapkan ospek secara diam-diam meskipun sudah dilarang. Jika kamu beruntung, kamu akan bertemu dengan jurusan itu. Beruntung??? Yaa karena kamu akan di gembleng mental kalian agar tahan banting. Meskipun saya tidak setuju dengan caranya, namun faktanya itu memang berpengaruh.

Nggak harus pakai seragam, pakaian bebas
Iya sih bener. Tapi tahu nggak? Ada juga lhoh yang menerapkan harus menggunakan seragam. Jika kamu beruntung, kamu akan menemukannya.

Kuliah di PTN atau PTS atau Kedinasan?
Kuliah di PTN, PTS, atau Kedinasan? Tempat yang berbeda akan memiliki budaya yang berbeda. Tingkat menyenangkannya pun berbeda-beda. Belum lagi diperluas menjadi setiap Perguruan Tinggi. Hmm... Berharaplah keberuntungan membawamu ke Perguruan Tinggi yang menyenangkan bagimu.

Merasa Salah Jurusan
Salah jurusan adalah momok yang cukup hangat di dunia perkuliahan. Ada yang sebenarnya ingin masuk Kedokteran, tapi akhirnya masuk jurusan Ilmu Komputer. Ada yang passion di bidang kimia, tapi masuk jurusan Statistika. Dan masih banyak lagi. Semester 1 dan 2, kamu akan merasa menyesal dan ingin segera pindah atau ikut ujian masuk Perguruan Tinggi lagi. Tapi biasanya orang-orang sekitarmu akan menjadi alasanmu untuk tidak melanjutkan niatmu itu. Dan akhirnya kamu menetap dan yakin atau setidaknya berusaha meyakinkan diri bahwa kamu bisa menyesuaikan diri dengan bidang yang kamu dapat itu.

Cepet dapet jodoh
Keluar kampus, tiba-tiba nabrak cewek, bukunya jatoh, trus bantuin ambil. Taraaa setelah beberapa hari jadian deh... Kebanyakan nonton film sih yaa... Yaa gak masalah sih sebagai hiburan. Tapi ingat, kisah cintamu tidak akan semulus kisah cinta di film itu. Akan banyak tantangan, rintangan, dan halangan yang menghadang. Misalnya, pas udah naksir, eh ternyata udah punya pacar. Atau kasus-kasus lain yang lebih menantang. 

Menyenangkan itu Relatif
Perasaan senang, itu muncul dari setiap orang. Dan setiap orang punya kriteria masing-masing kapan sesuatu itu disebut menyenangkan. Jadi, orang lain mungkin senang di tempat tersebut, tapi apakah kamu akan senang juga? Belum tentu.

Yaa itulah sedikit gambaran ketidakpastian yang akan kamu hadapi ketika masuk ke dunia perkuliahan. Apapun yang terjadi, tetaplah bersyukur dengan apa yang kamu dapatkan. Karena di luar sana, masih banyak yang berharap sepertimu, tapi belum bisa karena terkendala ekonomi atau yang lainnya.
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.