Tim PKM-M Universitas Mataram Berdayakan TPQ Melalui Program ALICE (AL-QUR'AN LEARNING CENTER)

Dusun Selampang merupakan salah satu dusun di Desa Jembatan Gantung Lombok Barat NTB memiliki suatu permasalahan, dimana  keterbatasan pendidikan Al-Qur'an yang belum memadai disebabkan karena tidak terlembaganya TPQ menjadikan dusun Selampang memerlukan perhatian khusus. Dampak dari ketidakmemadai lembaga pendidikan Al-Qur'an dan tidak Terlembaganya TPQ dusun Selampang yaitu rendahnya antusiasme anak-anak dusun Selampang dalam menuntut ilmu agama terutama membaca dan memahami Al-Qur'an. Dampak lain yang terjadi adalah tingkat buta aksara Al-Qur'an semakin meningkat sehingga untuk mengurangi tingkat buta aksara Al-Qur'an perlu adanya peningkatan pendidikan Al-Qur'an yang berkualitas dan terperdaya. 

Dokumentasi pribadi tim mahasiswa

Berangkat dari permasalahan yang terjadi, salah satu tim PKM Pengabdian Kepada Masyarakat yang beranggotakan Haya Fauziah (S1 Pendidikan Biologi), Fahmi Handika (S1 Matematika), Dinda Safitri (S1 Sosiologi), Rizwan Khairurrozikin (S1 Teknik Sipil) dan Berry Ahmad (S1 Akuntansi)  menginisiasi program ALICE ( Al-Qur'an Learning Center) : Pendidikan Keagamaan Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Mencetak Generasi Qur'ani Dusun Selampang. Program ini bertujuan memberikan pendidikan Al-Qur'an dan keagamaan berbasis masyarakat yang efektif bagi anak-anak usia dini dan sekolah dasar di Dusun Selampang, Mengembangkan masyarakat dusun Selampang melalui pelibatan mereka dalam program yang akan dijalankan sehingga menjadi terlembaga dan sustainable (berkelanjutan) dan mengembangkan ALICE peduli lingkungan. Diharapkan program ALICE (Al-Qur'an Learning Center) ini dapat mencetak generasi Qur'ani yang cerdas berakhlak mulia.

Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan yang ingin dipublikasikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

15 komentar :

  1. MasyaAllah. Semangat terus yaa😊😊

    BalasHapus
  2. Amal jariyah��,,semoga berkah yaa kawan2..

    BalasHapus
  3. Wah kereen PKM M Alice Unram

    BalasHapus
  4. Semangat din dan teman teman

    BalasHapus
  5. Wahhhh..
    Subhanallah
    Semoga slalu dimudahkan niat baiknya
    Allahumma Amin...

    BalasHapus
  6. Keren, moga sukses dan berkah, Amiin

    BalasHapus
  7. SubahannAllah semoga selalu d permudah segala bentuk aktifitas kegiatannya
    Jika Allah mengizinkan mungkin fokus Pelaksanaanya tidak hanya d satu tempat tetapi lebih d masyarakatkan

    BalasHapus
  8. Contoh anak-anak muda hebat. Ini yang kita butuhkan, mahasiswa yang bekerja nyata bukan hanya sekadar kata-kata.

    Semangat terus, semoga kedepannya anak-anak didesa tersebut mendapatkan ilmunya dan semoga kalian mendapatkan berkahnya.
    Aamiin ya Rabbal'alamin..

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.