KIP-Kuliah 2021 Sudah Dibuka, Inilah Syarat Penerima dan Cara Daftar KIP-Kuliah 2021



KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki prestasi untuk dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi. KIP kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SNMPN, UTBK-SBMPTN, SBMPN, Seleksi Mandiri PTN, dan Seleksi Mandiri PTS. 

Pendaftaran akun siswa KIP-Kuliah dapat dilakukan mulai tanggal 08 Februari-31 Oktober 2021. Setelah siswa melakukan pendaftaran dapat dilanjutkan dengan mendaftar jalur seleksi masuk perguruan tinggi. Jalur yang dibuka dalam waktu dekat ini yaitu SNMPTN dan SNMPN. Pendaftaran KIP-Kuliah SNMPTN dibuka 14 Februari-23 Februari 2021 sedangkan  Pendaftaran KIP-Kuliah SNMPN dibuka 12 Februari-18 Maret 2021. 

Agar tidak ketinggalan informasi kamu harus sering melihat jadwal KIP-Kuliah disini, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. 

Simak penjelasan di bawah ini agar kamu dapat mengetahui apa saja syarat dan manfaat apa saja yang akan diterima saat kuliah dengan bantuan biaya KIP-Kuliah. 


Keunggulan KIP-Kuliah


  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi 
  2. Pembebasan biaya kuliah/ pendidikan 
  3. Bantuan biaya hidup



Jangka Waktu Pemberian KIP-Kuliah 


Program Regular: 
  1. Sarjana maksimal 8 (delapan) semester 
  2. Diploma Empat maksimal 8 (delapan) semester 
  3. Diploma Tiga maksimal 6 (enam) semester 
  4. Diploma Dua maksimal 4 (empat) semester 

Program Profesi: 

  1. Dokter maksimal 4 (empat) semester 
  2. Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester 
  3. Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester 
  4. Ners maksimal 2 (dua) semester 
  5. Apoteker maksimal 2 (dua) semester 
  6. Guru maksimal 2 (dua) semester



Syarat Penerima KIP-Kuliah 


  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah (mempunyai kartu KIP atau mempunyai kartu keluarga sejahtera atau berasal dari panti asuhan/panti sosial atau dalam kategori data terpadu kesejahteraan sosial atau pendapatan gabungan orang tua sebesar Rp.4.000.000/bulan atau jika dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp.750.000) 
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.


Pendaftaran KIP-Kuliah 


  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host. 
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.


Itulah penjelasan mengenai KIP-Kuliah, jangan lupa catat jadwalnya agar kamu dapat mendaftar tepat waktu. Jika kamu masih bingung dan ada pertanyaan seputar KIP-Kuliah kamu dapat membaca FAQ dan mendownload buku pedoman KIP-Kuliah disini sebagai informasi tambahan.  

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Anonim)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.