4 Problematika Belajar UTBK dan Solusinya

(rawpixels.com)

Setiap tahun, pelaksanaan UTBK menjadi momen sakral bagi para pejuang PTN. Bagaimana tidak? Ratusan ribu calon mahasiswa dari seluruh Indonesia berkompetisi pada ujian ini. Dilansir dari detikEdu, pada tahun 2021 ini saja jumlah peserta UTBK mencapai angka 777.858. Melihat ketatnya persaingan, UTBK jelas tidak mudah ditaklukkan. Lantas, apa saja problematika yang biasanya dialami calon mahasiswa waktu belajar UTBK? Adakah cara untuk mengatasinya? Yuk, simak artikel ini buat cari tahu jawabannya!

1. Overthinking

(pexels.com)
Apa aku cukup pintar buat masuk PTN A? Skor try out-ku rendah. Masuk PTN B dengan skor segini cukup, ngga, ya? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini memang kerap hilir-mudik di benak calon peserta UTBK. Walaupun merupakan hal yang normal, overthinking dapat mengganggu waktu istirahat sekaligus performa belajarmu.

Hal ini dapat diminimalisir dengan mengendalikan pikiran kita sendiri. Ketika overthinking menyerang, ingatlah bahwa kecemasan sebanyak apapun sama sekali tidak berkontribusi pada persiapanmu belajar UTBK dan malah membuat kamu lelah secara mental. Daripada habis untuk overthinking, bukankah waktu yang ada lebih baik digunakan untuk belajar dan istirahat? 


Jika menurutmu teori ini sulit diterapkan, overthinking rupanya bisa dilawan dengan cara yang lebih menantang, lho! Misalnya, setiap kali kamu overthinking, tantanglah dirimu sendiri untuk mengerjakan lima soal UTBK.


2. Kesulitan Membagi Waktu

(rawpixels.com)
Tugas sekolah yang masih datang silih-berganti kadang membuat rencana belajar UTBK jadi tertunda. Membagi waktu belajar bisa menjadi permasalahan yang tricky. Kamu bisa mempertimbangkan untuk memisahkan waktu belajar antara materi UTBK dan pelajaran sekolah. Belajar UTBK bisa kamu lakukan di luar jam belajarmu biasanya, misalnya pagi hari setelah bangun tidur. 

Memang diperlukan pengorbanan untuk membagi waktu. Waktu yang kamu miliki untuk melakukan aktivitas lain jadi tersita. Namun, ketika pelaksanaan UTBK semakin dekat, mulailah mengesampingkan hal-hal lain dan menjadikan UTBK sebagai prioritas utama. Sebab, bukan tidak mungkin nasibmu selama empat tahun ke depan ditentukan oleh persiapanmu sejak sekarang.


3. Keteteran oleh Banyaknya Materi

(pexels.com)
Terdiri dari dua sesi (TPS dan TKA) serta total delapan subsesi, ngga heran kalau buku UTBK yang sering kamu lihat beredar di pasaran tebalnya minta ampun. Menurut kamu sendiri, apakah waktu beberapa bulan cukup untuk menguasai semua materi itu? Beberapa materi mungkin tertinggal dan tidak sempat dipelajari karena keterbatasan waktu yang ada. Terus gimana, dong?

Idealnya, semua materi yang diujikan dalam UTBK memang sebaiknya kamu kuasai. Namun, jika memang waktu dan situasi tidak memungkinkan untuk mempelajari semua materi, fokuslah pada materi-materi yang sudah kamu kuasai. Terlalu terpaku pada kelemahan seringkali membuat kekuatan kita justru terbengkalai. Mengoptimalkan performa kamu pada materi-materi yang memang menjadi kekuatanmu akan jauh lebih efektif daripada memaksakan diri menguasai semua materi.

4. Performa Menurun

(rawpixels.com)
Sudah ikut try out berkali-kali, bukannya nilai naik, malah makin jeblok? Kok bisa, ya? Apakah ada yang salah dengan metode belajar yang kamu terapkan? Tidak perlu panik dulu, belum tentu seperti itu, kok! Fenomena nilai try out yang semakin menurun lazim dialami pejuang UTBK. Susah-susah menaikkan skor try out, tiba-tiba malah terjun bebas. Menyebalkan sekali, kan? 

Apabila nilai try out-mu mulai mengalami penurunan secara terus-menerus, bisa jadi kamu sudah jenuh dan lelah dengan proses belajar yang kamu hadapi. Jika terus dipaksakan, performa kamu bisa terus menurun dan akan semakin susah untuk meningkatkannya lagi. Oleh karena itu, berhenti sebentar untuk istirahat merupakan langkah yang penting. Selama dua-tiga hari, kosongkan pikiranmu dari UTBK dan lakukan sesuatu yang kamu sukai. Setelah kamu cukup rileks, baru mulailah belajar lagi seperti biasa. Ulangi terus hal ini setiap kali kamu merasa performa dan nilai try out-mu menurun.


Mempersiapkan diri menghadapi UTBK memang bukan hal yang mudah dan kadang penuh problematika. Namun, masalah-masalah tersebut bukanlah penghalang bagi kamu untuk meraih kampus impian. Jangan ragu untuk berbagi suka-duka belajar UTBK yang kamu alami di kolom komentar, ya! Bagi kamu yang hobi rebahan tapi tetap mau ambis belajar UTBK, baca juga Belajar UTBK Sambil Rebahan? 7 Akun Instagram Ini Wajib Kamu Follow!.
Mau tahu informasi menarik seputar dunia kuliah lainnya? Yuk, kepoin Instagram kita di @pengenkuliah. Terus semangat!

Referensi: 

Wulandari, Trisna. 2021. "184.942 Peserta Lolos UTBK SBMPTN 2021, Ini Rincia Per Kelompok Ujian". detikEdu. Diakses pada 20 September 2021 melalui https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5604918/184942-peserta-lolos-utbk-sbmptn-2021-ini-rincian-per-kelompok-ujian


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Ching Sioe)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.