Belajar UTBK Sambil Rebahan? 7 Akun Instagram Ini Wajib Kamu Follow!

Source: Pexels.com

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh generasi milenial tanah air. Terlebih saat kondisi pandemi yang menjadikan pembelajaran face to face menjadi screen to screen. Sayangnya, alih-alih produktif dengan gadget, belajar daring kadang membuat siswa terlena dan keasyikan scrolling Instagram, menonton YouTube, atau chatting di WhatsApp.

Tapi tenang, bagi kamu yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk masuk kampus impian dan masih sering kalap pas buka media sosial, akun-akun Instagram di bawah ini bisa jadi jalan ninja untuk sukses UTBK. Di sana terdapat berbagai macam latihan soal yang mirip dengan soal asli UTBK, try out gratis, hingga tes minat bakat agar kamu tidak salah jurusan.

Sambil menyelam minum air, main Instagram bikin persiapan masuk kampus makin clear. Berikut adalah daftar akun Instagram yang wajib kamu follow.

1. @cerebrum.id

Tidak hanya memberikan latihan soal yang mirip dengan UTBK, akun Instagram ini turut membagikan tips-tips atau cara cepat dalam mengerjakan soal. Bagi kamu yang penasaran dengan info-info kampus tapi bingung tanya siapa, @cerebrum.id kerap mengadakan talk show dengan judul “Kenal Lebih Dekat dengan (nama kampus)” yang pastinya mengupas tuntas seputar informasi dan pengalaman kuliah di kampus tujuanmu.

Kamu juga bisa download aplikasi Cerebrum lalu secara gratis dapat mengakses fitur-fitur seperti video pembelajaran beserta mini quiz, try out UTBK gratis, review semua jurusan yang ada di kampus Indonesia, dan fitur rasionalisasi untuk membantu kamu mengambil jurusan di SNMPTN sesuai nilai rapot.

2. @soalsbmptn

Sesuai namanya, akun @soalsbmptn ini setiap hari memposting latihan soal dengan berbagai variasi. Tentunya dengan mengacu pada bentuk soal yang sering keluar pada UTBK. Adapun khusus hari JumatMinggu mereka mengadakan quiz online UTBK melalui grup WhatsApp yang bisa kamu ikuti secara gratis.

3. @pojan.id

Coba deh, sekarang kamu buka Instagram mereka dan lihat review pejuang UTBK yang sudah nge-follow @pojan.id. Desain feed yang begitu rapi dan menarik juga bakal membuatmu betah untuk mengerjakan semua latihan soal yang ada di Instagram mereka.

Perlu kamu ketahui, bahwa latihan soal yang disajikan selalu menyesuaikan tingkat kesulitan UTBK dari tahun ke tahun. Jadi, jangan kaget jika nanti ketemu bentuk soal UTBK yang mirip dengan latihan soal di @pojan.id.

Satu lagi yang tak kalah menarik, mereka punya beberapa partner Instagram seperti @pojan.saintek atau @pojan.soshum, berisi materi serta latihan soal khusus saintek maupun soshum. Lalu @pojan.utbk, berisi latihan soal dan pembahasan yang mendalam agar persiapan UTBKmu semakin matang. Mereka juga mengadakan try out UTBK beserta perankingan untuk mengukur seberapa siap kamu dalam persaingan masuk kampus.

Dan yang terakhir yaitu akun Instagram @pojan.kedinasan, berisi khusus latihan soal kedinasan. 

4. @infotryoutgratis

Melihat namanya saja, kalian pasti sudah bisa menebak apa isi dari feeds Instagram @infotryoutgratis. Yap! Instagram di atas banyak sekali membagikan info try out nasional secara gratis yang diadakan oleh berbagai platformBiasanya, ada batasan kuota peserta dalam setiap pelaksanaan try out tersebut. Oleh karena itu, kamu harus segera follow @infotryoutgratis biar gercep dapetin try out UTBK gratisnya.

5. @nyemil.utbk

Sebelum mengerjakan latihan soal, kamu perlu mengulang materi-materi yang diujikan dalam UTBK. Namun, materi yang begitu banyak kadang membuatmu bingung harus memulai belajar darimana. Oleh karena itu, wajib banget bagi pejuang UTBK untuk  follow @nyemil.utbk yang secara lengkap menyediakan rangkuman materi mulai dari mapel saintek (Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika) serta mapel soshum (Sejarah, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi).

6. @utbk_sbmptn

Bagi kamu yang masih bingung dengan materi bahasa Inggris atau hitung-hitungan, akun Instagram partner dari @masukkampus ini sepertinya harus banget masuk dalam list followingmu, karena latihan soal UTBK yang mereka berikan banyak terfokus pada soal bahasa Inggris dan pengetahuan kuantitatif. Selain itu, admin yang ramah dan teman-teman dari seluruh penjuru tanah air siap membantumu menjawab soal di kolom komentar.

7. @pengenkuliah

Sudah dekat dengan UTBK tapi masih bingung milih jurusan? Akun Instagram @pengenkuliah adalah solusi bagi kamu untuk mengenal lebih jauh dengan berbagai jurusan. Tidak hanya itu, mereka juga akan membimbingmu mulai dari tips memilih kost, hal-hal yang perlu kamu siapkan saat akan masuk kuliah, rekomendasi buku untuk mahasiswa, hingga skill-skill yang harus dimiliki saat kamu menjadi mahasiswa.

Itulah beberapa akun recommended untuk mendukung persiapanmu memasuki dunia perkuliahan. Skuy follow semua IG nya kalau kamu mau lolos UTBK tahun ini!

Eits, tapi tunggu dulu! Persiapan UTBKmu belum berhenti sampai di sini. Setelah menguasai materi dan mengikuti try out, kamu harus memperhatikan durasi pengerjaan pada masing-masing soal. Untuk itu, yuk pahami juga strategi manajemen waktu saat mengerjakan soal UTBK

Good luck dan jangan lupa berdoa!

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (DHEA SALSABILA)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.