BEASISWA TANOTO FOUNDATION 2022 TELAH DIBUKA !



    Beasiswa Tanoto Foundation 2022 telah dibuka untuk mahasiswa/i program sarjana S1 semester pertama dari perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation yang memiliki prestasi dan potensi menjadi pemimpin yang cakap, unggul dan bertanggung jawab. Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi keluarga independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981. Tanoto Foundation berinisiatif membentuk program pengembangan kepemimpinan untuk melahirkan generasi muda Indonesia sebagai pemimpin masa depan yang bertanggung jawab yaitu program TELADAN. Target TELADAN adalah membentuk pemimpin yang secara terus-menerus akan memberikan dampak positif bagi komunitas di mana mereka tinggal dan bekerja. 

Penerima beasiswa akan mengikuti program pengembangan kepemimpinan yang terstruktur dalam kurikulum program TELADAN, serta memperoleh dukungan untuk mengikuti kegiatan pengayaan yang disebut sebagai Lingkaran Pengembangan TELADAN. Peraih beasiswa Tanoto juga akan bergabung bersama dengan jaringan alumni program TELADAN yang tersebar di berbagai daerah dan di belahan dunia lainnya. Cakupan biaya beasiswa Tanoto Foundation antara lain, biaya kuliah yang dibayarkan penuh hingga semester VIII dan tunjangan bulanan. Tidak hanya dukungan untuk pengembangan kepemimpinan, Tanoto Foundation juga mendukung dukungan pengembangan karier. Program beasiswa Tanoto juga memberikan kesempatan untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan dan keterampilan melalui program berikut:

  1. Program Dasar (Building Block 1) untuk melatih nilai-nilai dasar Tanoto Scholars, kemampuan manajerial dasar, pengembangan kepribadian peserta dan merancang bentuk-bentuk kontribusi kepada masyarakat

  2. Program Lanjutan (Building Block 2) untuk lebih mengembangkan kemampuan manajerial, kemampuan presentasi dan komunikasi, program magang dan kontribusi kepada masyarakat

  3. Program Persiapan Karier (Building Block 3) untuk meningkatkan kapasitas individu peserta dalam menghadapi dunia kerja, termasuk kesempatan belajar singkat di perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation di luar negeri

  4. Acara Kelulusan

  5. Dukungan karier dan kepemimpinan bagi alumni.

Selain itu, Beasiswa Tanoto juga mengadakan Kegiatan Pengayaan Program Pengembangan Kepemimpinan yang memberikan beberapa program pengayaan yang dapat membantu Tanoto Scholar mempraktekkan program terstruktur yang telah diberikan terlebih dahulu :

  1. Tanoto Scholars Association (TSA) 

Kegiatan ini hadir di setiap PTN mitra Tanoto Foundation sebagai komunitas untuk para penerima beasiswa Teladan bertemu dan berinteraksi sebagai 1 keluarga baru.

  1. Tanoto Scholars Gathering (TSG)

Kegiatan yang mempertemukan seluruh TSA dari seluruh mitra perguruan tinggi Tanoto Foundation untuk melakukan kegiatan bersama.

  1. Tanoto Student Research Award (TSRA) 

Lomba penelitian/riset yang diadakan 1 kali setahun di mitra perguruan tinggi Tanoto Foundation terpilih dan terbuka untuk setiap mahasiswa di perguruan mitra tersebut.

  1. Pay It Forward Initiative

Kegiatan yang dilakukan oleh TSA untuk memberikan dampak positif secara terus menerus kepada komunitas/masyarakat di sekitar mereka tinggal.

  1. Internship 

Kesempatan bagi para Tanoto Scholars untuk mendapatkan pengalaman di dunia profesional baik melalui program magang di RGE Group ataupun mitra Tanoto Foundation lainnya.

  1. Sponsorship 

Kesempatan bagi para Tanoto Scholar untuk mendapatkan dukungan ketika mengikuti perlombaan.

  1. Global Experiences Program 

Kesempatan bagi para Tanoto Scholar berprestasi untuk membangun jejaring internasional melalui program summer course.

PERGURUAN TINGGI MITRA

  1. Institut Pertanian Bogor

  2. Institut Teknologi Bandung

  3. Universitas Andalas

  4. Universitas Brawijaya

  5. Universitas Diponegoro

  6. Universitas Gadjah Mada

  7. Universitas Indonesia

  8. Universitas Riau

  9. Universitas Sumatera Utara

PERSYARATAN BEASISWA

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).

  2. Terdaftar sebagai mahasiswa reguler semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program TELADAN.

  3. Memiliki prestasi akademik yang baik (minimum nilai rata-rata rapor Kelas XII SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10.

  4. Memiliki prestasi non-akademik, pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya.

  5. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.

  6. Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa lainnya akan menjadi nilai tambah.

  7. Sedang tidak menerima beasiswa atau mengikuti program dukungan finansial dari pemerintah maupun lembaga lainnya, dan bersedia tidak menerima beasiswa atau program finansial lainnya ataupun program pengembangan kepemimpinan sejenis apabila terpilih dalam program TELADAN.

  8. Mendaftarkan diri secara online pada website Tanoto Foundation (https://www.tanotofoundation.org/id/teladan2022/). Pendaftaran beasiswa TELADAN Tanoto Foundation 2022 dilakukan secara online. Siapkan alamat email aktif yang akan digunakan untuk mendaftar. Siapkan pula scan dokumen aplikasi yang diminta, seperti ijazah, kartu tanda mahasiswa, KTP, dll (tertera di formulir pendaftaran).

  9. Mengisi form pada link berikut ini https://form.jotform.com/212081245305444  dari Tanoto Foundation secara lengkap dan unggah semua dokumen aplikasi yang telah dipersiapkan. Pendaftaran online beasiswa Tanoto Foundation dibuka mulai 17 Agustus hingga 30 September 2021. 

 

SELEKSI BEASISWA

Pendaftaran: 17 Agustus s/d 30 September 2021
Pengumuman hasil seleksi administrasi: 4 - 8 Oktober 2021
Seleksi Tahap 1 (Asesmen daring 1): 8 - 18 Oktober 2021
Pengumuman hasil tahap 1: 25 - 28 Oktober 2021
Seleksi Tahap 2 (asesmen daring 2): 2 - 4 November 2021
Pengumuman hasil tahap 2: 11 - 16 November 2021
Seleksi tahap 3 (interview) 19 November - 15 Desember 2021
Pengumuman mahasiswa terpilih : Januari 2022

SUMBER INFORMASI DAN KONTAK

Tanoto Foundation
JI. M.H. Thamrin,
no 31 Jakarta 10230
[t] +62 21 392 3189
[e] info@tanotofoundation.org
[w] https://www.tanotofoundation.org

Keyword : beasiswa, mahasiswa, pendidikan

Imanuela Sagita Listi

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Imanuela Sagita)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.