5 Alasan Mengapa Kalian Harus Memilih Jurusan Ekonomi!

Author : Nasywa Arifah Aliyah

https://www.freepik.com/free-vector/money-income-attraction_9176032.htm

Bagi para siswa-siswi SMA, tentunya masih banyak dari kalian yang bingung dalam menentukan jurusan apa yang akan dipilih saat berkuliah nantinya. Tanpa kita sadari, masa perkuliahan sudah semakin dekat, namun beberapa dari kalian masih ada yang belum bisa menentukan pilihan jurusan kuliahnya. Eits, tapi jangan panik dulu ya, karena jurusan ekonomi bisa menjadi salah satu opsi kalian lho! Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Faktanya, akhir-akhir ini jurusan ekonomi sedang banyak diminati. Dilansir dari beberapa sumber, menunjukkan bahwa salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh para mahasiswa baru di tahun 2021 adalah jurusan ekonomi. Selain prospek kerjanya yang menjanjikan, lulusan dari jurusan ekonomi juga memiliki potensi yang besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan jumlah gaji yang terbilang cukup besar.

Selain dari yang telah disebutkan di atas tadi, rupanya masih ada banyak alasan menarik lainnya lho! Yuk, simak alasan-alasan berikut ini!

1. Ilmu Ekonomi Memiliki Cakupan yang Luas.

https://www.vecteezy.com

Jika diumpamakan, jurusan ekonomi ini mirip seperti peribahasa yang berbunyi “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.” Artinya, dalam satu jurusan ini, kalian bisa mempelajari banyak hal sekaligus.

Jurusan ini disebut memiliki cakupan yang luas dikarenakan ilmu ekonomi sendiri memiliki banyak cabang pembelajaran. Ada ilmu ekonomi syariah, ekonomi pembangunan, pendidikan ekonomi, kewirausahaan, bisnis digital, manajemen keuangan, aktuaria, perbankan, akuntansi, manajemen dan bisnis, serta masih banyak lagi ilmu ekonomi lainnya yang bisa kalian dapatkan dari mengambil jurusan ini.

 2. Peluang Kerjanya yang Sangat Luas.

https://www.freepik.com

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, karena ilmu ekonomi memiliki banyak cabang pembelajaran, maka peluang kerja yang tersedia pun semakin terbuka lebar.

Kalian bisa menjadi pegawai bank, financial advisor, pengusaha, akuntan, auditor, analis kredit, analis riset pasar, manajer bisnis, dan masih banyak lagi.

Selain itu, jika kalian memiliki prestasi yang bagus saat kuliah, kalian bisa mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah lagi, terutama di perusahaan-perusahaan besar. Gaji yang didapatkan pun bervariasi dan dalam jumlah yang terbilang cukup banyak, yaitu berkisar antara 3 – 7 juta rupiah.

3. Bisa Lebih Memahami Isu-isu Ekonomi yang Sedang Terjadi.

https://www.freepik.com

Keuntungan lainnya dari mempelajari ilmu ekonomi adalah, kalian bisa lebih memahami isu-isu ekonomi yang sedang terjadi baik di Indonesia, maupun luar negeri. Apa pentingnya memiliki pemahaman mengenai isu-isu ekonomi? Tentu saja dari memahami isu-isu ekonomi yang sedang terjadi, kalian bisa memiliki solusi yang tepat saat menghadapi masalah ekonomi yang sedang terjadi disekitar kalian.

Pengetahuan ini juga akan sangat berguna jika kalian memiliki cita-cita untuk menjadi petinggi di bidang ekonomi. Misalnya, menjadi menteri perekonomian Indonesia. Dengan ilmu yang kalian dapatkan, ditambah lagi dengan bekal pemikiran yang kreatif dalam menemukan solusi permasalahan ekonomi, kalian bisa membawa perekonomian Indonesia menjadi lebih maju di masa yang akan datang. Hal ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat membanggakan bukan?

4. Ekonomi Merupakan Ilmu yang Menarik untuk Dikaji.

                            https://www.freepik.com

Berdasarkan hasil survey yang kami lakukan, beberapa mahasiswa dari jurusan ekonomi menyampaikan bahwa ilmu ekonomi merupakah salah satu ilmu yang menarik untuk dikaji. Bagaimana tidak? Ilmu yang didapatkan dari hasil pengkajian ekonomi sangatlah berguna bagi kehidupan kita semua.

Dengan ilmu ekonomi, selain menjadikan kalian lebih bijak dalam mengambil keputusan terhadap masalah ekonomi yang sedang terjadi, dari jurusan ini kalian juga bisa mendapatkan ilmu manajemen dan bisnis yang memudahkan bagi kalian yang ingin merintis sebuah usaha pribadi. Dari usaha pribadi tersebut, kalian juga bisa mendapatkan tambahan uang jajan pribadi, skill baru, dan masih banyak keuntungan lainnya lho!

5. Merupakan Salah Satu Pilihan yang Tepat Bagi Kalian yang Gemar Berhitung.

https://www.freepik.com

Jika semasa sekolah kalian adalah orang yang menggemari pelajaran matematika, ekonomi, ataupun pelajaran hitungan lainnya, maka jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kalian lho!

Prospek kerjanya yang luas, skill ekonomi yang didapatkan, gaji yang terbilang cukup banyak, serta keuntungan-keuntungan lain yang telah dibahas pada poin-poin sebelumnya, menjadikan jurusan ini sebagai salah satu pilihan yang tepat bagi kalian yang gemar berhitung.

Nah, itulah tadi sekilas penjelasan terkait alasan dan keuntungan dari memilih jurusan ekonomi. Gimana, apakah kalian tertarik untuk mengambil jurusan ini? Pastikan kalian sudah mempersiapkan diri kalian sejak awal ya! Belajar dengan giat, menambah prestasi semasa sekolah, serta doa dan dukungan dari orang tua akan sangat membantu kalian dalam proses memasuki perguruan tinggi serta memilih jurusan yang kalian inginkan. Semangat!

Referensi :

Detik.com

Kompas.com

https://stiedharmanegara.ac.id/?p=195

https://campus.quipper.com/majors

https://www.ican-education.com/berita-event/news/jurusan-kuliah-paling-diminati

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Zahra Sania Salsabila)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.