5 Alasan Kenapa Harus Ikut Organisasi di Kampus!

Bagi seorang mahasiswa tentu yang menjadi prioritas adalah IPK yang tinggi dan lulus cepat. Tapi, kuliah enggak cuman tentang akademik, lho! Di perguruan tinggi kalian juga diharapkan mampu menjadi orang yang berdampak bagi sekitar! Salah satunya kalian bisa aktif di organisasi kampus! 


                                                             Sumber : pexels/RF._.studio


Organisasi kampus emang sepenting apa, sih? Manfaatnya buat kita apa? Ayo, kita simak! 


1. Mengembangkan Skill yang Kamu Punya



     Sumber : pexels/George Milton


Lho, tapi, aku enggak punya skill? Yakin kamu enggak punya skill? Mungkin kamu belum sadar akan potensi dirimu. Setiap orang pasti punya skill entah itu di bidang komunikasi atau juga di bidang lainnya. Siapa tahu saat ikut organisasi kamu akan menyadarinya. Contohnya, kamu merasa enggak punya kemampuan memimpin. Akan tetapi, ketika ikut organisasi dan kamu punya tanggung jawab untuk membawahi beberapa temanmu. Kamu baru menyadari kalau ternyata kemampuan memimpinmu justru bagus dan bisa mengarahkan temanmu dengan baik! 


2. Membangun Relasi 


           Sumber : pexels/PNW Production


Relasi buat apa, sih? Kan aku juga udah punya teman sekelas? Eits! Pikiran kayak gini harus dibuang. Saat jadi mahasiswa berarti kamu berani keluar dari zona nyaman. Zona nyaman di sini artinya kamu enggak berteman dengan orang itu-itu aja tapi mencakup pertemanan yang lebih luas. Bisa dengan presiden mahasiswa atau juga anggota panitia lain! Ketika kamu mencari kerja, kamu tidak perlu susah-susah mencari lowongan karena sudah punya relasi yang keren! Teman-teman di organisasimu juga bisa 'menjual' namamu di bos mereka kalau mereka tahu kemampuan yang kamu miliki! Beruntung banget, kan? 


3. Melatih Mental 



                  Sumber : pexels/SHVETS


Bukan senioritas kok! Melatih mental disini berarti kamu udah siap buat tanggung jawab sama tugas kamu! Salah satunya saat kamu buat sebuah acara dan ternyata banyak banget kendalanya, tentu kalian bakalan panik, stres dan mental kalian down, kan? Nah, dari sini kalian bisa belajar menguatkan mentalmu, supaya tidak down sekaligus belajar problem solving! Alah bisa karena biasa, kalian ga akan jadi panikan lagi! 


4. Mengasah Soft Skill



Sumber : pexels/fauxels


Soft skill adalah salah satu skill yang sangat diperlukan di hidup kalian. Salah satu soft skill yang harus kalian punya adalah kemampuan public speaking! Dengan mengikuti organisasi, kalian akan terbiasa untuk berbicara di depan umum. Tidak ada kata takut dan parno lagi saat disuruh jadi moderator ataupun MC acara. Selain itu, kalian juga bisa meningkatkan skill manajemen waktu. Kalian jadi paham bagaimana cara mengatur waktu agar tidak keteteran dengan tugas kuliah dan juga acara organisasi. 


5. Mempercantik CV 



            Sumber : pexels/Sora Shimazaki


Salah satu alasan penting mahasiswa wajib aktif di organisasi karena pengalaman organisasi ini bisa dimasukkan di CV, lho. Bahkan saat kalian interview kerja, kalian akan ditanyakan kegiatan dan pengalaman apa saja yang kalian lakukan sewaktu kuliah. Kalau kalian ikut dan berkontribusi di organisasi, mereka akan berpikir kamu sudah punya pengalaman yang mendukung dan bisa jadi poin plus, nih! 


Nah, jadi gimana sobat pejuang kuliah? Apa kamu sudah tertarik untuk ikutan organisasi atau enggak dulu deh, skip masih ragu! Oh, ya, perlu diingat! Ketika ikut organisasi pastikan kamu berkontribusi penuh bukan cuma mejeng mau nambah pengalaman di CV aja! Karena kalau begitu, kamu enggak akan dapat apa-apa selain capek. Yuk, segera dipikirkan untuk join organisasi kampus! Komen dibawah, ya, pendapat kalian tentang organisasi kampus!



Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Widya)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.