Tips Bagi Kamu yang masih Galau dalam Menentukan Jurusan Kuliah

     Hai sobat pejuang kuliah! Sudah sejauh mana nih, persiapan kamu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi? Ternyata ada banyak banget loh yang harus kamu persiapkan sejak dini sebelum terjun ke dunia perkuliahan. Salah satunya adalah menentukan jurusan kuliah.

Foto stok gratis akademik, arif, baca

    Menentukan jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan penting dan butuh pertimbangan yang matang. Mengapa demikian? Karena di dunia perkuliahan kamu akan belajar dan dilatih untuk mengembangkan potensi sesuai bidang kejuruan yang kamu akan pilih. Jurusan kuliah yang kamu pilih akan berpengaruh besar terhadap karir bahkan kehidupan kamu di masa depan. 

Namun, ternyata masih banyak loh pejuang kuliah yang masih bingung mau kuliah jurusan apa dan akhirnya memilih jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Berikut ini adalah tips yang dapat membantu kamu, calon mahasiswa, untuk menentukan jurusan kuliah. 

1. Memahami passion 

Sebelum menentukan jurusan, kamu harus terlebih dahulu mengenal passion kamu. Passion adalah minat atau ketertarikan pada suatu pekerjaan maupun kegiatan. Passion biasanya berkaitan dengan hobi, bakat maupun mata pelajaran favorit. Untuk membantu kamu mengenal passion yang kamu miliki, kamu dapat memulai membuat suatu list yang berisi tentang kelebihan dan kelemahan diri kamu. Bertanya dengan orang-orang terdekat terkait pandangan mereka terhadap dirimu juga dapat membantu kamu menemukan passion yang ada dalam dirimu. Untuk hasil yang lebih akurat, kamu juga dapat melakukan tes minat bakat untuk menentukan kecenderungan kepribadian dan potensi diri. Setelah itu, kamu dapat membuat opsi jurusan-jurusan yang sejalan dengan passion yang kamu miliki.

Wanita Menulis Di Buku Catatan Di Samping Cangkir Teh Dan Komputer Tablet

2. Melakukan riset terkait jurusan yang kamu pilih

Setelah memiliki beberapa opsi pilihan jurusan, kamu dapat melakukan riset terhadap opsi-opsi tersebut. Kamu dapat mempertimbangkan berbagai aspek seperti biaya kuliah, lokasi perkuliahan, akreditasi, prospek karir dan sebagainya. Mempertimbangkan berbagai aspek tersebut membantu kamu menemukan jurusan dan universitas yang paling sesuai dengan kamu sehingga kamu dapat menjalani perkuliahan dengan nyaman.

Foto stok gratis berbayang, berfokus, berkonsentrasi

3. Berdiskusi dengan senior yang berpengalaman

Jika kamu mengalami kesulitan dalam menentukan jurusan, tentu saja kamu harus berkonsultasi dengan orang lain yang lebih paham terkait jurusan tersebut. Berdiskusi dengan senior yang lebih berpengalaman dapat memberikan kamu gambaran tentang dunia perkuliahan di bidang dan universitas yang akan kamu tuju.

Dua Wanita Melihat Dan Menunjuk Laptop Macbook

4. Jangan hanya ikut-ikutan teman

Ketika mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan pendidikan dan masa depan, sebaiknya kamu pertimbangkan secara serius dan bukan hanya ikut-ikutan teman. Kuliah merupakan tempat bagi kamu untuk mengoptimalkan potensi yang kamu miliki. Jangan memaksakan dirimu untuk menekuni bidang yang tidak sesuai dengan minat dan passion kamu hanya karena ikut-ikutan teman. Menempuh pendidikan tinggi yang tidak sesuai dengan dirimu hanya akan membuat kamu terombang-ambing dan kesulitan. 

Tiga Orang Yang Duduk Di Tangga Berbicara Satu Sama Lain

Oke, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu menentukan jurusan perkuliahan. Semoga bisa memotivasi dan membantu para pejuang kuliah yang masih dilema dan galau dalam menentukan jurusan kuliah ya! Kamu juga bisa banget nih berbagi pengalaman kamu dan tips lain yang membantu kamu dalam menentukan jurusan kuliah di kolom komentar. Selamat berjuang sobat pejuang kuliah!




Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Sofi Damanik)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.