Kamu Ingin Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi? Cek Fakta Menarik Ini!

   

Ilustrasi Jurusan Komunikasi (vecteezy.com)

One can’t not communicate”- Paul Watzlawick. Slogan ini ternyata cukup terkenal dalam dunia Ilmu Komunikasi. Ungkapan dasar komunikasi tersebut memiliki arti kita tidak bisa untuk tidak berkomunikasi. Slogan tersebut menggambarkan bagaimana manusia sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi satu sama lain.

Tahukah kamu? Ilmu Komunikasi sendiri sampai sekarang masih menjadi salah satu prodi yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru. Hal ini disebabkan karena komunikasi sendiri adalah salah satu bidang yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga selalu berkembang dan selalu dibutuhkan.

Pada pendaftaran SBMPTN 2021 kemarin, Ilmu Komunikasi juga menjadi salah satu prodi dengan pendaftar terbanyak di beberapa PTN lho! salah satunya di Universitas Padjadjaran, Ilmu Komunikasi menempati urutan nomor satu prodi paling diminati dalam SBMPTN 2021, dengan peminat 3.134 dan daya tampung 32, serta rata-rata skor UTBK-nya adalah 640,30.

 

Kamu tertarik untuk mengambil jurusan Komunikasi? tapi belum benar-benar paham apa yang akan dipelajari? Katanya jurusan Komunikasi cuma belajar ngomong saja ya? Sebenarnya jurusan Komunikasi ini worth it ga sih untuk diambil? Hmm... Sebelum kamu memantapkan hati untuk mendalami jurusan yang populer di rumpun soshum ini, ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta menariknya. Yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Prospek Kerja yang Luas.

 

vecteezy.com

Ilmu komunikasi adalah jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas dan selalu dibutuhkan. Apalagi dengan semakin berkembang pesatnya media informasi, baik di Indonesia maupun di dunia. Bisa dikatakan bahwa media adalah peluang terbesar untuk lulusan ilmu komunikasi, baik itu media cetak, penyiaran maupun media online.

Baik perusahaan swasta, maupun perusahaan pemerintah pasti membutuhkan lulusan ilmu komunikasi. Kamu bisa menjadi Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat. PR atau Humas singkatnya adalah profesi yang memiliki peran untuk menjembatani perusahaan dengan publik maupun pihak lain, untuk mencapai tujuannya. Jika kamu mahir berbahasa Inggris, kesempatanmu untuk berkarir di perusahaan multinasional juga terbuka lebar.

 

Selain itu, kamu juga bisa menjadi reporter, wartawan, blogger, penyiar radio, fotografer, dosen, event organizer (EO), editor, MC, copywriter, dan masih banyak lainnya. Gaji awal dari fresh graduate Ilmu Komunikasi pun bervariasi. Umumnya gaji awal lulusan komunikasi berkisar antara 5 juta - 7 juta rupiah. Gimana, ada profesi impian kalian gak nih??

 

2.     Mata Kuliahnya yang Menarik dan Seru.

pinterest.com

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang luas dan dinamis mengikuti perkembangan zaman. Disini kalian tidak hanya mempelajari komunikasi lisan, akan tetapi juga mempelajari komunikasi tulisan, bahkan visual, audio visual dan juga desain. Di ilmu komunikasi tidak hanya berkutat dengan teori, akan tetapi juga mengaplikasikannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Kita akan mempelajari berbagai hal termasuk mencari, menulis, serta menyunting berita di mata kuliah Jurnalistik, melatih kemampuan menangkap sebuah objek dengan lensa kamera di mata kuliah Fotografi, membuat, mendesain, serta mengembangkan website di mata kuliah Pemrograman, menyelenggarakan event dalam mata kuliah Event Organizing, menulis press release melalui mata kuliah Public Relations, belajar tentang bisnis di Komunikasi Bisnis, hingga kesenian jika universitas menyediakan konsentrasi Komunikasi Seni dan Kreatif.

3. Meningkatkan kemampuan Public Speaking dan Kepercayaan Diri.

pixabay.com

 

Seperti yang kalian ketahui, public speaking dipahami sebagai teknik penyampaian pesan di depan publik. Public speaking sendiri merupakan bagian dari ilmu komunikasi yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini dikarenakan komunikasi merupakan proses interaksi untuk berhubungan dari satu pihak ke pihak lainnya.

 

Empat tahun masa perkuliahan, kita akan dilatih untuk berani berhadapan dengan orang lain dengan belajar menjadi Master of Ceremony (MC), public speaker, wartawan, negosiator, dan masih banyak lagi. Berbagai latihan ini akan membentuk dan meningkatkan kepercayaan diri kita. Saat ini, public speaking merupakan salah satu kemampuan mutlak yang dibutuhkan di era global. Hal tersebut dipicu oleh tuntutan zaman dan teknologi yang ada sekarang ini yang memaksa individu untuk bisa bersaing meningkatkan kualitas diri.

4. Mahasiswa Komunikasi itu Mahasiswa yang Open Minded.

freepik.com

Umumnya, mahasiswa jurusan ilmu komunikasi senang berbicara dan menyampaikan pendapatnya untuk membentuk hubungan maupun relasi. Sebab itu, jurusan ilmu komunikasi memberikan manfaat kepada mahasiswanya untuk berpikiran terbuka dengan menerima dan memberikan pendapat untuk menciptakan suatu relasi yang baik.

5.     Selalu Up to Date.

shutterstock.com

Menjadi mahasiswa Komunikasi tentu “dunianya” selalu berhubungan dengan media, entah itu media massa, atau pun media sosial. Hal inilah yang menyebabkan mahasiswa Komunikasi menjadi selalu up to date atau istilah lainnya tidak ketinggalan zaman.

Itulah sedikit ulasan mengenai fakta-fakta seputar jurusan Ilmu Komunikasi. Menyandang status sebagai “anak komunikasi” memang terdengar keren, eitss tapi jangan senang dulu, karena ada juga tanggung jawab besar di baliknya. Mahasiswa Ilmu Komunikasi harus bisa mengedukasi masyarakat melalui konten-konten kreatif yang mereka produksi. Tapi tenang, kesungguhan dan kemauan untuk belajar, serta support dari orang terdekat akan membuat perkuliahan menjadi menyenangkan.

Referensi : Website Resmi LTMPT. https://ltmpt.ac.id/. Diakses pada 14 September 2021.

Kompas. https://edukasi.kompas.com/. Diakses pada 15 September 2021.

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Zahra Sania Salsabila)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.