7 Rekomendasi Website Kumpulan Jurnal Ilmiah Gratis untuk Mahasiswa

Mahasiswa Wajib Tahu! 7 Rekomendasi Kumpulan Jurnal Ilmiah Gratis

Halo Sobat Mahasiswa! Apa kabar? Sudah dapat tugas apa aja nih di semester ini?

Sebagai mahasiswa, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan tugas tugas makalah, esai, ataupun karya tulis ilmiah lainnya. Dalam membuat semua itu, pastinya kamu membutuhkan referensi sebagai pendukung tulisanmu. Referensi yang kamu gunakan juga harus memiliki data dan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jadi, kamu tidak bisa sembarang mengambil referensi yang akan kamu gunakan dalam tulisanmu.
Ada banyak sekali website yang menyediakan kumpulan jurnal ilmiah mulai dari yang gratis hingga berbayar. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan membagikan rekomendasi website kumpulan jurnal ilmiah gratis untuk mahasiswa!


Tampilan E-Resources Perpustakaan Nasional RI

Layanan ini dikelola oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan telah melanggan beberapa situs penyedia kumpulan jurnal ilmiah dari nasional hingga internasional.

Untuk mengakses website ini, pastikan kamu sudah terdaftar di keanggotaan Perpusnas ya. Bagi kamu yang belum menjadi anggota Perpusnas, kamu bisa mendaftarkan diri secara online di sini. Setelah terdaftar sebagai anggota, kamu bisa menikmati layanan ini secara gratis lho.

Selain Perpustakaan Nasional RI, Kementerian Riset dan Teknologi juga menyediakan kumpulan jurnal ilmiah yang dapat diakses secara gratis. Terdapat lebih dari 12.000 jurnal ilmiah dari berbagai aspek ilmu pengetahuan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi karya tulis ilmiah kamu.


 3. Indonesian Scientific Journal Database - PDII LIPI


Indonesian Scientific Journal Database - PDII LIPI

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) dikelola oleh PDII LIPI dan sudah memiliki 15.609 jurnal yang dapat diakses saat ini berkat kontribusi dari Perguruan Tinggi maupun Lembaga Pendidikan di Indonesia. Kumpulan jurnal ilmiah yang disediakan di situs ini ditulis oleh para peneliti di Indonesia sehingga kamu dapat dengan mudah menemui jurnal berbahasa Indonesia. 


4. Moraref Kementerian Agama


Tampilan Moraref Kementerian Agama

        

Jika kamu termasuk mahasiswa yang sedang menulis karya tulis ilmiah bertema religi, website ini cocok banget nih buat kamu! Website ini menyediakan kumpulan jurnal ilmiah dari berbagai Perguruan Tinggi dan Lembaga Pendidikan berbasis keagamaan. Mereka turut berkontribusi dalam penyediaan layanan jurnal gratis di sini.

Sesuai namanya, Directory of Open Access Journal (DOAJ) merupakan sebuah situs website yang mencantumkan daftar jurnal secara terbuka (Open Access). Namun untuk dapat mengakses jurnal ilmiah secara gratis, kamu harus memilih lisensi CC-BY terlebih dahulu, ya. Dengan memilih lisensi tersebut, kamu bisa memakai jurnal tanpa izin secara langsung dan tanpa pembayaran.

Kumpulan jurnal ilmiah yang ada di situs ini  berasal dari 128 negara dan tersedia dalam 80 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Jadi, kamu juga bisa memilih bahasa yang akan dipakai dalam jurnal. 


       6. Oxford Journals - Oxford University Press

Oxford Journals - Oxford University Press

Website ini masih menjadi bagian dari Oxford University Press. Kelebihan yang cukup membantu dari website ini, kamu bisa memilih sendiri di tahun berapa jurnal diterbitkan sehingga kamu dapat dengan mudah mengakses jurnal yang terbaru hingga jurnal yang sudah lama terbit. 


7. ScienceDirect


Tampilan ScienceDirect

Situs ini menyediakan jurnal terkait ilmu fisika dan teknik, ilmu kehidupan, ilmu kesehatan, serta ilmu sosial dan humaniora. ScienceDirect juga memiliki koleksi jurnal yang lebih banyak dibanding situs lainnya. Jadi, kamu dapat lebih mudah memilih jurnal yang cocok untuk referensi tulisan ilmiah kamu. Tidak hanya berisi kumpulan jurnal ilmiah, situs ini juga memublikasikan berbagai jenis tulisan seperti artikel penelitian, ensiklopedia, berita, ulasan buku, dan masih banyak lagi yang lainnya.



Itu dia website yang menyediakan kumpulan jurnal ilmiah gratis yang bisa kamu pakai sebagai referensi karya tulis ilmiah kamu. 

Selain dari yang sudah disebutkan tadi, website apa lagi nih yang sudah kamu ketahui untuk mencari kumpulan jurnal ilmiah gratis? Yuk, tulis di kolom komentar!

Dipublikasikan oleh Admin (Safanah Nur Adzikra)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

1 komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.