Lintas Jurusan dari IPA ke Soshum? Siapa Takut?

 Lintas Jurusan dari IPA ke Soshum? Siapa Takut?


Halo, kawan-kawan pejuang kuliah! Semoga selalu dalam keadaan sehat ya, apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19, kita harus bisa menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai kamu lengah dalam menjaga kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan tubuh itu mudah kok, misalnya dengan cara konsumsi makanan bergizi, memenuhi kebutuhan air putih, dan luangkan waktu 15-30 menit untuk berolahraga.


Yuk, kembali ke topik. Sesuai judul, ingin Lintas jurusan dari IPA ke Soshum? Apakah terdengar menyeramkan? Huft, memang semua keputusan perlu pertimbangan. Tentu terlintas di pikiran banyak orang bahwa lintas jurusan itu sulit. Selain itu, semua materi yang telah dipelajari saat duduk di bangku SMA seakan tidak berguna atau sia-sia, sehingga kita harus mempelajari semua materi baru dari awal. Bahkan sebagian besar bertanya kepada diri sendiri apakah mampu menjalani semua kedepannya? Jangan khawatir kawan, di sini kami akan berbagi tips belajar lintas jurusan dari IPA ke Soshum. Check it out!


  1. Pelajari Materi dari Awal atau Dasar.

Akar yang kuat tentu bisa menopang pohon yang besar. Ingat kata petugas SPBU “Mulai dari nol ya” heheheh. Kita perlu memahami dasar-dasar materi yang akan berguna untuk kedepannya. Ibaratnya kita sudah memiliki akar yang kuat untuk siap menopang dan mendukung ilmu yang akan kita terima selanjutnya. 


  1. Belajar dari Berbagai Sumber atau Referensi.

Mau tidak mau, kita harus memperkaya ilmu dengan cara membaca berbagai buku di perpustakaan atau internet yang dapat kita akses dengan mudah dan gratis. Bahkan, saat ini kita bisa memanfaatkan media sosial, seperti Tik-tok, Twitter, Instagram, Youtube, dan lain-lain. Rasa bosan pun berkurang apabila kita belajar melalui media sosial.


  1. Perhatikan Penjelasan Dosen dengan Sungguh-sungguh.

Kita perlu konsentrasi tinggi saat mendengarkan penjelasan dari dosen. Kalau bisa, kita juga harus mencatatnya. Hal itu dapat meningkatkan kemampuan mengingat kita. Rasanya lebih meresap ke otak mengenai materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu dosen. Mendengarkan penjelasan bapak/ibu dosen merupakan hormat kita agar ilmu yang didapatkan bermanfaat.


  1. Berguru Kepada Teman atau Kakak Tingkat.

Tentu kita memiliki teman yang berasal dari jurusan IPS saat SMA, dan kita bisa berguru pada mereka. Selain itu, kita juga bisa berguru kepada kakak tingkat yang lebih berpengalaman dan memanfaatkan waktu tersebut untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Belajar sambil ngopi cantik di cafe bisa menjadi suatu alternatif, sehingga kita akan lebih merasa enjoy dan mudah memahami.


  1. Fokus dan Konsisten.

Penting banget untuk fokus dan konsisten dalam pilihan kamu. Jangan lagi deh galau-galau, apalagi kalau sudah di tengah jalan. Yakin bahwa keputusan yang telah diambil adalah keputusan yang tepat. Kita juga harus konsisten untuk semangat belajar agar ilmu kita terus bertambah dan kita bisa berkembang.


Oke kawan-kawan pejuang kuliah, itulah beberapa tips atau strategi yang perlu kita lakukan setelah mengambil keputusan untuk lintas jurusan saat kuliah. Semoga tips atau strategi tersebut dapat bermanfaat dan memotivasi kawan-kawan pejuang kuliah. Apabila kawan-kawan ingin lintas jurusan tetapi masih ragu, yuk simak beberapa hal yang bisa dipertimbangkan sebelum memutuskan lintas jurusan di artikel Perhatikan Ini Sebelum Lintas Jurusan! Tetap semangat dan semoga sukses selalu. Kawan-kawan yang memiliki komentar, kritik, dan saran, bisa ketik di kolom komentar, ya. Terima kasih.


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Farah Ayu Mufida)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.