Jangan Sampai Keliru! Berikut Perbedaan Jurusan Kimia Murni dan Teknik Kimia

 

    Memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan minat bakat kita merupakan hal yang selalu menjadi fokus utama ketika memutuskan akan melangkah ke perguruan tinggi. Maka dari itu, kali ini kita akan mengupas lebih dalam terkait jurusan yang sering dianggap serupa, yaitu Kimia Murni dan Teknik Kimia. Yuk disimak!


1. Di Bawah Naungan Fakultas yang Berbeda

Jurusan Kimia berada di bawah naungan Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Sementara itu, Jurusan Teknik Kimia jelas berada di bawah naungan Fakultas Teknik (FT). Di beberapa universitas, Fakultas MIPA juga dikenal dengan nama Fakultas Ilmu Alam (FIA) atau Fakultas Sains dan Teknologi (FST).


2. Materi yang Dipelajari Saat Perkuliahan

Sekalipun keduanya sama-sama mempelajari kimia, porsinya jelas akan berbeda. Dalam Kimia Murni, dari semester awal hingga semester akhir nantinya akan didominasi dengan ilmu kimia dan pengaplikasiannya di kehidupan sehari-hari. Ilmu sains lain seperti Fisika, Matematika, dan Biologi hanya berperan sebagai penunjang. Sedangkan dalam Teknik Kimia, kimia yang dipelajari porsinya akan lebih kecil daripada kimia murni. Ilmu kimia yang diimbangi dengan fisika terapan dan dasar-dasar teknik industri. Teknik Kimia lebih bersifat aplikatif.


3. Skala Pembelajaran

Kimia Murni bersifat mikro. Selama perkuliahan nantinya akan menganalisa fenomena atau reaksi kimiawi untuk skala lebih kecil di laboratorium. Sehingga dapat diamati hingga bagian terkecil. Ilmu-ilmu Kimia nantinya akan diaplikasikan oleh para peneliti maupun ilmuwan di dalam laboratorium. Sementara itu  Teknik Kimia bersifat makro. Selama perkuliahan nantinya akan mempelajari beragam reaksi dan proses kimia yang akan diaplikasikan untuk skala besar seperti industri pupuk dan minyak bumi. Aplikasi teknik kimia sendiri memang sangat dekat dengan dunia industri.


4. Gelar Akademik Saat Lulus

Mahasiswa Jurusan Kimia Murni nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si.) ketika lulus karena jurusan Kimia Murni berada di bawah fakultas ilmu sains murni. Sementara itu mahasiswa Teknik Kimia akan bergelar Sarjana Teknik (S.T.) ketika lulus karena jurusan Teknik Kimia berada di bawah fakultas teknik.


Baca juga : Salah Jurusan Kuliah Bisa menyebabkan 4 Hal Ini, Nomor 4 Jangan Sampai Deh


    Meskipun memiliki beberapa perbedaan, Kimia Murni dan Teknik Kimia tidak dapat dipisahkan dalam prosesnya karena masing-masing jurusan saling mendukung untuk menghasilkan suatu produk yang lebih unggul. Jadi sudah paham kan bedanya? Jangan sampai keliru lagi ya!


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Ega Fitri)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.