Penting, 4 Hal yang Wajib Tahu agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari


Hai Pejuang Kuliah!
Jumpa lagi dengan Mimin, nih. Seperti bisa, kali ini Mimin ingin mengajak Sobat PK untuk mengumpulkan informasi seputar perkuliahan. Terlebih bagi kamu yang baru menjadi mahasiswa. Nah, mumpung masih Maba ya kan, tentu saja kamu masih memiliki kesempatan besar untuk terus mengembangkan diri dan mengusahakan semaksimal mungkin demi meraih masa depan yang kamu inginkan.
Untuk itu, ketahuilah 4 hal berikut agar kamu tidak menyesal di kemudian hari:

1. Perhatikan Kontrak Perkuliahan
Pada awal pertemuan, biasanya dosen menjelaskan mengenai kontrak perkuliahan yang wajib mahasiswa ingat. Mengapa itu penting? Sebab tiap dosen memiliki ketentuan yang berbeda-beda dalam mengampu mata kuliahnya. Seperti terkait peraturan yang berlaku selama di kelasnya, apa saja capaian studinya, dan termasuk juga bagaimana sistem penilaiannya.
Hal itu menjadi penting agar kedepannya kamu mendapatkan hasil yang kamu harapkan. Misal mudah dalam memahami materi, mudah ketika mengerjakan ujian, aktif selama di kelas, dan lain-lain karena di dalamnya sudah terdapat kisi-kisi yang dapat kamu pelajari sebelum memulai kelas perkuliahan. Selain itu, dari mengetahui sistem penilaiannya, kamu juga dapat menyusun strategi bagaimana cara agar memperoleh nilai yang memuaskan.
2. Perbanyak Membaca
Perlu Maba ketahui, sistem belajar-mengajar antara sekolah dengan kuliah sangatlah berbeda. Jika dulu siswa diberikan buku LKS/buku paket, lalu guru lebih banyak bicara karena menjelaskan dan siswa hanya mendengarkannya. Berbeda dengan mahasiswa yang dituntut untuk lebih mandiri dan banyak bicara daripada dosen atau paling tidak ada komunikasi dua arah antara dosen dan mahasiswa.
Untuk bisa demikian, tentunya dibutuhkan bekal sebelum mengeluarkan sebuah argumentasi. Nah, dari kegiatan banyak membaca inilah kamu bisa menyampaikan apa yang sudah kamu ketahui dengan berpegangan pada referensi/sumber ilmu yang nyata. 
Selain itu, apa yang tidak kamu pelajari di kelas bisa kamu cari tahu di luar kelas dengan membaca. Kamu bisa bersantai membaca di perpustakaan, mendownload e-book/jurnal terpercaya, atau bisa juga dengan membeli buku-buku yang kamu inginkan. 
Seperti kata pepatah yang sudah melegenda, “Membaca adalah jendela dunia.” Dengan membaca, kita dapat mengetahui segala hal di dunia ini karena membaca dapat memberikan ilmu pengetahuan baru sehingga memperluas wawasan kita. Oleh karena itu, lawan rasa malas membaca dengan memulai latihan sedikit demi sedikit sampai nanti bisa ketagihan membaca.
3. Ikuti Kegiatan di Dalam atau di Luar Kampus
Kampus adalah wadahnya kesempatan emas. Di dalamnya, kamu bisa menggali pengetahuan, pengalaman, dan keahlian sebanyak-banyaknya. Jika sudah diberi kesempatan, maka ambillah peluang tersebut dan jangan sampai menyesal di kemudian hari.
Sebab selama menjadi mahasiswa banyak hal yang bisa diraih agar dirimu semakin maju. Kamu bisa mengikuti organisasi kampus (UKM, HMP, dan lain-lain) yang sesuai dengan passion dan kemampuanmu, kamu juga bisa mengikuti projek bersama dosen jika ada kesempatan, kamu bisa mengikuti lomba-lomba sebanyak mungkin karena terkadang banyak lomba yang hanya diperuntukkan kepada mahasiswa, kamu juga bisa mengikuti organisasi atau komunitas di luar kampus, mengikuti kegiatan volunteer, mengikuti magang, dan lain sebagainya.
Kegiatan-kegiatan di atas dapat mengasah hard skill dan soft skill-mu sekaligus. Kamu menjadi lebih menguasai keahlian yang kamu punya sebelumnya, melatih memanajemen waktu dengan baik, melatih bekerja sama dalam tim, melatih kemampuan public speaking, melatih bagaimana cara memecahkan masalah, dan masih banyak lagi manfaatnya. Selain itu, kamu juga dapat menambah relasi dan tentunya pengalaman berharga yang belum tentu akan ada kesempatan kedua.
4. Membuat Akun Linkedin
Linkedin merupakan sebuah aplikasi atau situs jaringan sosial yang digunakan untuk jaringan profesional. Akun Linkedin sangat bermanfaat untuk membangun personal branding. Kamu dapat menaruh apapun tentang dirimu (seperti pencapaian, keahlian, minat bakat, dan lain-lain) di dalamnya. 
Dengan begitu, Linkedin membantu dalam jenjang karier ke depan. Sebab dapat meningkatkan exposure kamu di mata HR atau HRD; meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dirimu, menambah networking, dan membantu kamu dalam melakukan research tentang perusahaan dan lowongan kerja. Oleh karena itu, Maba sangat disarankan untuk membuat akun Linkedin selagi masih awal.

Nah, jadi bagaimana Sobat PK? Kalian sudah tahu kan sekarang harus gimana? Mau bagaimanapun kamu selama kuliah, yang terpenting kamu tetap harus berusaha untuk terus meningkatkan kualitas diri. Raihlah setiap kesempatan yang sudah ada, jangan sampai menyesal di akhir. Semangat berjuang Sobat PK!


Dipublikasikan oleh Admin (Sibghoo_)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.