3 Hal Yang Harus Kamu Hindari Setelah Menjadi Mahasiswa

 


Hai Pejuang Kuliah!

Ketemu lagi dengan Mimin yang kali ini bakalan mengajak kamu untuk berselancar mengenai dunia perkuliahan. Seperti yang sudah kita tahu, bahwa saat ini lagi musim-musimnya penerimaan mahasiswa baru di setiap kampus. Ada beberapa kampus yang masih melakukan pembukaan pendaftaran, ada juga yang akan/sedang melaksanakan PKKMB 2022, atau bahkan sudah ada yang memulai perkuliahan. 

Nah, untuk itu Sobat PK sekalian, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari setelah menjadi mahasiswa. Jangan sampai kebiasaan buruk saat SMA masih melekat pada saat sudah menjalani bangku perkuliahan. Hal itu penting untuk dilakukan agar Sobat PK dapat meningkatkan kualitas diri sehingga dapat merasakan manfaat melanjutkan pendidikan hingga di tahap jenjang perguruan tinggi.

Oleh karena itu, perhatikan 3 hal berikut ini! Okey, check it out:

1. Hindari Contek-Menyontek

Menyontek sering kali menjadi kebiasaan yang dilakukan seseorang agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Kebiasaan buruk itu terjadi salah satunya karena orang-orang yang selalu saja hanya melihat hasilnya daripada memikirkan usaha yang telah dilakukan. Maka tak heran jika kebiasaan menyontek sudah terjadi sejak lama dan terus-menerus.

Meski demikian, kebiasaan tersebut tidak boleh sampai dilakukan pada saat menginjak bangku perkuliahan. Sebisa mungkin mahasiswa harus menghindari hal itu, jika tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi ke depannya. Sebab dosen dapat mengetahui apakah mahasiswanya menyontek (meng-copy paste) ataupun tidak.

Menyontek di sini bukan hanya pada saat ujian saja, melainkan juga selama melaksanakan tugas perkuliahan yang diberikan oleh dosen di setiap pertemuannya. Jangan sampai meng-copy paste refrensi yang kamu gunakan untuk tugas, apalagi sampai meng-copy paste tugas temanmu. Let’s say BIG NO to do that!

2. Hindari Menggunakan Sumber Refrensi yang Tidak Tepercaya

Mungkin saat masih sekolah dan ketika ada tugas makalah, kamu suka sembarangan mengambil sumber rujukan. Namun, jangan sampai kebiasaan itu kamu lakukan juga di bangku perkuliahan, ya. 

Sebab semua rujukan atau sumber refrensi yang digunakan dalam setiap tugas perkuliahan harus bersumber dari laman yang terpercaya seperti jurnal-jurnal yang terindeks Sinta atau Scopus, buku-buku ber-ISBN, dan semacamnya. Oleh karena itu, hindarilah sumber-sumber dari blog pribadi atau artikel-artikel dari web yang kurang jelas sumbernya.

3. Hindari Ikut-ikutan Teman

Dunia pertemanan antara anak sekolahan dengan anak kuliahan memiliki perbedaan yang cukup jelas. Mungkin jika di sekolah, kita suka memiliki ketergantungan kepada teman, jika teman ikut kegiatan A kita pun kadang ikut juga tanpa memikirkan bisa atau tidak; sesuai atau tidak; dan nyaman atau tidak karena pikirnya, “Yang penting ada temannya.” 

Namun, jangan sampai hal itu masih dilakukan di bangku perkuliahan. Sebab ketika menjadi mahasiswa, kebanyakan dari mereka hanya memikirkan dirinya sendiri, seperti tentang apa yang ia bisa; apa yang ia mampu; apa yang ia inginkan; dan harus bagaimana ke depannya. Bahkan kejinya drama pertemanan di bangku perkuliahan, bisa-bisa ada perbuatan saling mengkhianati antar teman demi dirinya sendiri. 

Hal di atas sudah bukan rahasia lagi tentunya. Oleh karena itu, berilah batasan dalam pertemanan, jangan sampai terpengaruh atau ikut-ikutan, atau bahkan menggantungkan diri kepada teman. Bergantunglah kepada diri sendiri selagi masih mampu mengandalkan diri sendiri. 

Lakukan semuanya karena diri sendiri baik dalam mengikuti organisasi, tentang gaya hidup, maupun yang lainnya; kecuali jika hal itu demi kebaikan dirimu dan sesuai dengan dirimu sendiri. Dengan begitu, kamu dapat bertumbuh, menjadi lebih mandiri, mengerti batasan diri, dan mengenali dirimu sendiri sehingga kamu dapat meningkatkan passion dan kemampuanmu selama menjadi mahasiswa.

Itulah 3 hal yang perlu Sobat PK hindari jika sudah menjadi mahasiswa. Jangan sampai dilakukan dan menyesal di kemudian hari. Jadilah berani untuk bertanggung jawab atas dirimu sendiri! 

Meminjam istilah Jalaluddin Rumi, “Ada keberanian yang terlibat jika Anda ingin menjadi benar.” Maka dari itu, jika kita sudah menjalani perkuliahan dengan benar, niscaya Tuhan memberkati setiap ilmu yang kita dapatkan. Semangat terus Sobat PK!


Dipublikasikan oleh Admin (Sibghoo_)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.