5 Tips Untuk Mahasiswa Saat Memilih Organisasi Di Kampus

 

Tips Saat Memilih Organisasi di Kampus (Sumber: Pexels.com)

Pengen ikut organisasi di kampus nih, tapi masih bingung. Takut salah pilih ntar yang ada malah jadi beban buat orang lain.

Di dunia perkuliahan tentu tidak asing lagi dengan yang namanya organisasi, bukan? Banyak sekali organisasi yang ada diperkuliahan, baik organisasi internal maupun eksternal. Mengikuti organisasi sangat diperlukan karena dapat melatih softskils dan hardskils kamu, lho. Banyaknya jenis organisasi terkadang malah membuat bingung untuk memilih mana yang cocok. Bahkan tak jarang beberapa mahasiswa memilih untuk mengikuti beberapa organisasi sebelum menentukan pilihannya.

Eitss… kamu tak perlu khawatir karena penulis memiliki beberapa tips saat memilih organisasi di kampus.

1. Lakukan Riset
Tips Saat Memilih Organisasi di Kampus (Sumber: student.binus.ac.id)

Paling penting sebelum memilih organisasi yakni terlebih dahulu lakukan riset. Biasanya saat kamu ospek akan ada expo organisasi maupun UKM yang ada di kampus tersebut. Disana mereka akan menjelaskan mengenai organisasi serta pencapaian dan juga kelebihan dari suatu organisasi.

2. Memiliki Visi Misi Yang Jelas
Penting sekali untuk kamu mengetahui visi dan misi dari suatu organisasi yang akan diikuti. Mengapa? Karena untuk menyatukan satu tujuan yang sama. Pada dasarnya tujuan dari adanya organisasi yakni mewujudkan tujuan-tujuan yang krusial.

3. Pahami Culture Dalam Organisasi

Tips Saat Memilih Organisasi di Kampus (Sumber: Pexels.com)

Selain visi misi yang jelas, culture dalam berorganisasi penting untuk diperhatikan, lho. Apabila culture dalam suatu organisasi yang akan kamu ikuti ternyata cenderung ke hal-hal negatif, maka perlu kamu pertimbangkan lagi sebelum memutuskan untuk join pada organisasi tersebut.

4. Pastikan Dapat Membagi Waktu Antara Kuliah dan Berorganisasi

Tips Saat Memilih Organisasi di Kampus (Sumber: Pexels.com)

Jika sudah memilih untuk ikut organisasi yang ada di kampus, jangan sampai mengganggu waktu kuliahmu, ya. Kamu harus pandai membagi waktu untuk keduanya. Jangan sampai waktu untuk kuliah tersita karena adanya banyak agenda dari organisasi yang kamu ikuti. Ingat, pastikan sesuai kapasitasmu agar kegiatan diluar organisasi tidak akan terbengkalai begitu saja.

5. Pilih Yang Membuatmu Bahagia
Tips Saat Memilih Organisasi di Kampus (Sumber: Pexels.com)

Tips yang terakhir dan tak kalah penting dalam memilih organisasi yakni pilih yang membuatmu bahagia. Mengapa demikian? Karena kamu akan menjalaninya dengan baik dan enjoy. Selain itu, dapat merasakan manfaatnya dan terhindar dari perasaan terpaksa atau tertekan saat menjalani organisasi tersebut.

Itulah beberapa tips saat memilih organisasi di kampus. Memang dalam hal memilih tidak mudah, tetapi perlu dicoba, bukan? Pastikan saat kamu memilih organisasi sesuai dengan kemampuanmu, ya. Karena saat sudah terjun bukan hanya coba-coba, tetapi untuk meningkatkan skill-mu. Selamat mencoba!


Dipublikasikan oleh Admin (Evy Nazilatun)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.