MITOS-MITOS JURUSAN TEKNIK SIPIL

Pasti teman-teman udah nggak asing lagi ketika mendengar jurusan teknik sipil. Mahasiswa teknik adalah mahasiswa yang tahan banting pastinya. Teknik sipil menjadi salah satu jurusan favorit kategori saintek di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Ada banyak mitos-mitos tentang jurusan teknik sipil yang sering didengar, artikel ini akan mematahkan mitos-mitos tersebut. Berikut mitos-mitos yang sering kita dengar dan penjelasannya.


1. Lulusnya Lama


Banyak yang bilang salah satu derita anak teknik sipil adalah waktu pendidikan yang cukup lama, namun mitos tersebut tidaklah benar. Faktanya banyak lulusan teknik sipil yang lulus dalam waktu 3,5 tahun saja, artinya semua kembali ke diri kita masing-masing apakah mau serius dalam perkuliahan atau hanya bersantai-santai saja. Jadi jika nggak mau lulus dalam waktu yang lama kamu harus konsisten seperti mengerjakan tugas tepat waktu.

2. Hanya untuk Cowok


Mitos yang satu ini juga sangat populer dikalangan masyarakat. Faktanya, jurusan teknik sipil nggak hanya untuk cowo, cewe-cewe juga bisa masuk di teknik sipil karena yang mampu dalam urusan perteknikan khususnya teknik sipil bukan hanya cowok. 

3. Harus Jago Gambar


Kalian pasti pernah mendengar mitos yang satu ini kan? Nah faktanya masuk jurusan teknik sipil nggak harus jago gambar, di teknik sipil yang kalian butuhkan adalah ketekunan dan mau belajar dan nggak semua mata kuliah teknik sipil diwajibkan untuk menggambar. 

4. Hanya untuk Jurusan IPA


Hayoo siapa disini yang anak IPS? Kalian juga bisa loh masuk teknik sipil. Faktanya pernyataan yang mengatakan teknik sipil adalah jurusan khusus anak IPA adalah salah besar (mitos). Kalian yang dari IPS juga bisa loh masuk di teknik sipil, walaupun anak IPS yg mau masuk di teknik sipil pasti harus mengulang beberapa pelajaran yang hanya ada dijurusan IPA, tapi nggak menutup kemungkinan kalian bisa diterima di teknik sipil asalkan mau berusaha.

5. Kuliah Panas-Panasan


Pasti ada yang pernah dengar kuliah di teknik sipil itu kuliahnya panas-panasan karena sering turun lapangan atau kerja praktek. Faktanya, nggak selalu mahasiswa teknik sipil harus turun lapangan panas-panasan karena ada beberapa matkul yang justru kerja prakteknya di dalam lab seperti jurusan lain dan nggak selalu lokasi turun lapangan mahasiswa teknik sipil itu di tempat-tempat panas.


Itu dia 5 mitos seputar jurusan teknik sipil yang sudah tersebar di kalangan masyarakat. Semoga penjelasan di atas dapat merubah pandangan teman-teman tentang jurusan teknik sipil. Dan ada baiknya teman-teman mencari kebenarannya terlebih dahulu sebelum menerima info tentang suatu jurusan. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui fakta menarik tentang jurusan lain, contohnya seperti mitos tentang jurusan hukum yang banyak mengira bahwa para lulusan hukum hanya memiliki prospek kerja di meja hijau saja. Teman-teman bisa cek artikel berikut untuk mengetahui fakta sebenarnya ( Beragam prospek kerja para lulusan hukum)
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Andi Annisya)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.