Ingin terjun ke dunia akuntansi? Pastikan kamu punya sifat atau karakter ini !

 Author : Ni Putu Lidya Pradnyani Devi


Figure 1. https://pin.it/6w8WUWG 

UTBK 2022 masih tahun depan, tetapi waktu tidak terasa terus berjalan. Hari- hari yang cepat habis dimakan oleh waktu membuat teman-teman sekalian sudah tancap gas untuk persiapan UTBK dari sekarang. Bahkan teman-teman yang masih kelas 11 juga sudah mencuri start belajar. Diantara para pejuang UTBK yang masih kelas 11, pastinya masih ada yang melakukan riset jurusan untuk menentukan jurusan yang akan ditempuh di perguruan tinggi nanti.

Menentukan jurusan memang hal yang perlu dipikirkan matang-matang lho teman-teman. Mengapa demikian? Agar nantinya saat menjalani kehidupan perkuliahan kamu tidak merasa terbebani dan nanti malah ujung-ujungnya ngerasa salah jurusan. Dalam memilih jurusan selain sesuai dengan passion, kamu perlu mengenali lagi dirimu sendiri apakah kepribadianmu cocok dan sejalan dengan jurusan yang sudah kamu pertimbangkan. 

Salah satunya jurusan yang selalu jadi pertimbangan anak pecinta angka yaitu Jurusan Akuntansi. Jurusan Akuntansi merupakan salah satu Jurusan dalam rumpun soshum yang tinggi peminatnya setiap tahun. Salah satu skill penting anak akuntansi ialah kemampuan berhitung.,Dalam jurusan akuntansi memang diperlukan kemampuan dalam menghitung, tetapi kamu juga perlu tahu anak akuntansi itu mesti punya kepribadian seperti apa sih.  Pengen tahu lebih lanjut ? Berikut ini karakter-karakter yang cocok untuk kamu yang ingin masuk jurusan akuntansi, disimak baik-baik, yah.

1. Teliti dan Detail

 Figure 2. https://pin.it/6ADhSYR

Dalam menjalani perkuliahan nanti, pastinya kamu akan selalu berhadapan dengan kegiatan menganalisis data keuangan dan juga menghitung angka-angka. Untuk melakukannya diperlukan ketelitian yang tinggi dan selalu memiliki perhatian terhadap detail-detail kecil sehingga hasil pekerjaanmu akan akurat dan terhindar dari kekeliruan. Disamping itu , ketelitianmu mempermudah proses belajar nanti di perkuliahan.

 2. Jujur dan Bertanggung jawab

Figure 3. https://pin.it/6cdwGYB

Dalam mengelola keuangan, diperlukan kejujuran dan tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang telah diberikan. Dalam membuat laporan keuangan, kamu tidak diperbolehkan membuatnya secara asal-asalan dan harus berdasar atas fakta yang ada. Setiap detail dari hasil analisamu harus dilaporkan secara transparan.

3. Kritis

Figure 4. https://pin.it/3LeliJX

Dalam jurusan akuntansi, kamu akan selalu menemukan soal ataupun tugas dengan jenis-jenis permasalahan yang rumit. Keadaan ini yang membuatmu harus kritis , berpikir logis, dan senang dalam memecahkan permasalahan apalagi yang berhubungan dengan angka ataupun analisis data.

 4. Disiplin dan Sistematis

Figure 5. https://pin.it/34w5yPN

Sebagai anak akuntansi, kamu harus memanfaatkan waktu dengan baik saat menyajikan laporan keuangan. Maka, secara tidak langsung kamu perlu menata setiap pekerjaan atau tugas secara sistematis dan terukur agar terhindar dari kekeliruan saat mengerjakannya.


Nah, sekarang temen-temen sekalian udah pada tahu nih sifat atau karakternya apa aja. . Karakter bisa jadi salah satu faktor kamu sukses dalam menjalani perkuliahan ataupun pekerjaan di bidangmu.  Semua karakter di atas dapat kalian temukan pada tipe-tipe kepribadian MBTI, lho.  Salah satu tipe kepribadian yang banyak dimiliki anak akuntansi yaitu tipe ESFJ. Tetapi perlu diingat lagi, walaupun yang berkepribadian ESFJ lebih banyak bukan berarti hanya seseorang dengan tipe kepribadian ESFJ saja yang pantas masuk ke jurusan akuntansi. Ingat ya teman-teman, semuanya berbalik lagi pada dirimu sendiri yang menjalaninya.

 

Referensi :

https://bit.ly/3AUJ44m

https://bit.ly/3ok765o

https://bit.ly/3CYkCQc

https://bit.ly/3iivjF4


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Zahra Sania Salsabila)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.