Bongkar Rahasia Agar Lolos UTBK-SBMPTN

Halo, para pejuang PTN! Kata siapa UTBK-SBMPTN masih jauh? Karena kesibukan kita dengan tugas-tugas sekolah, belajar online, dan berbagai aktivitas lain, tiba-tiba UTBK-SBMPTN sudah didepan mata. Lalu, apa yang sudah harus dipersiapkan untuk menghadapinya


1. Pahami Konsepnya, Jangan Cuma Latihan Soal

     

Mengerjakan latihan soal-soal UTBK-SBMPTN menjadi hal wajib yang harus dilakukan jika ingin lolos UTBK-SBMPTN. Soal-soal ujian dari tahun ke tahun memiliki pola yang tak terlalu jauh berbeda. Semakin banyak kita mengerjakan soal latihan, semakin kenal pula kita pada pola yang sering muncul. Pelajari terlebih dahulu materi dan soal-soal yang mudah, baru kemudian beranjak pada materi dan soal-soal yang lebih sulit. Selain itu dibutuhkan komitmen tinggi untuk mematuhi jadwal yang telah dibuat khusus untuk berlatih soal-soal UTBK-SBMPTN.


2. Mengikuti Try Out dan Mencermati Skor yang Diperoleh

    

Untuk mengetahui progress belajar, wajib mengikuti Try Out. Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, banyak Try Out yang dilaksanakan secara online. Setiap kali ada jadwal yang memungkinkan, usahakan untuk mengikuti setiap Try Out yang ada. Cermati hasil Try Out. Sudahkah skor yang diperoleh sudah dekat dengan skor rerata yang lolos UTBK-SBMPTN tahun sebelumnya pada jurusan dan PTN yang diincar?


3. Mencari Informasi Sebanyak Mungkin Tentang UTBK-SBMPTN 

    

Sebelum menghadapi ujian, perlu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang UTBK-SBMPTN. Tak ada aturan yang mengharuskan peraturan UTBK-SBMPTN setiap tahunnya pasti sama. Bisa jadi, ujian masuk PTN pada tahun depan berbeda dari tahun sebelumnya. Cermati dokumen apa saja yang diperlukan untuk pendaftaran maupun selama pelaksanaan ujian.


4. Cermati Peluang Pada Jurusan dan PTN yang Diincar

     

Perlu mengumpulkan informasi tentang jurusan dan PTN yang diincar. Selain skor rerata yang lolos UTBK-SBMPTN pada tahun sebelumnya, lebih baik lagi apabila mencari tahu berapa banyak kuota mahasiswa baru yang akan diterima dan berapa jumlah peminat. Jurusan pertama yang dipilih di UTBK-SBMPTN layak mendapat prioritas dalam riset ini. Bila memungkinkan juga bisa membandingkan jurusan-jurusan di PTN lain.


Baca juga : Jangan Sampai Keliru! Berikut Perbedaan Jurusan Kimia Murni Dan Teknik Kimia


Nah, bagaimana sudah siap menghadapi UTBK-SBMPTN? Sudah sejauh manakah persiapan yang dilakukan?

 

 

 



Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Ega Fitri)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.