Banyak Tugas dan Deadline Mepet? Ini 7 Lifehack Nugas yang Jarang Diketahui Mahasiswa!

Mendengar kata mahasiswa, pasti tidak asing lagi dengan setumpuk tugas berupa makalah, laporan, dan presentasi. Tak jarang, jumlah penugasan tiap mata kuliah yang begitu banyak dan deadline pengumpulan yang hampir bersamaan, menjadikan mahasiswa bingung, stres, dan tidak maksimal dalam mengerjakan tugas.

Source: Pexels.com

Mengatasi hal tersebut, mahasiswa perlu menggunakan trik agar bisa menyelesaikan tugas dengan baik dan tentunya dalam waktu singkat.

Nah, lifehack untuk mengerjakan tugas itu bisa kamu dapatkan dari beberapa situs atau website berikut.

1. Typograp

Pernah nggak sih, kalian capek-capek ngerjain tugas makalah, eh pas mau dikirim ke dosen malah nemuin banyak typo? Mau cek dan baca dari awal, tapi deadline sudah mepet. Kalau kamu pernah bahkan sering mengalami hal ini, coba deh, buka situs typograp.com. Cukup copy paste tulisanmu dan biarkan Typograp yang bekerja.

Setelah beberapa detik, mereka akan mendeteksi apakah dalam makalahmu terdapat typo. Jika ada kesalahan dalam pengetikan, maka otomatis kata yang typo tersebut menjadi berwarna merah. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengetahui mana yang perlu direvisi tanpa harus membaca ulang dari awal.

2. Microsoft Math Solver

Dapat tugas Matematika yang beranak-pinak dan bikin pusing? Jangan stres dulu! Nih, mending kenalan sama Microsoft Math Solver, website yang akan menjadi penghilang beban hidupmu.

Sesuai namanya, situs milik Microsoft ini akan membantumu menyelesaikan berbagai soal Matematika, mulai dari Matematika dasar, aljabar, kalkulus, dan trigonometri. Kamu bisa mengaksesnya secara gratis melalui website math.microsoft.com atau download aplikasinya di Play Store.

Cara mengoperasikannya pun terbilang mudah, cukup ketikkan atau ambil gambar dari soal yang ingin kamu cari jawabannya. Tunggu beberapa saat, Math Solver akan memberikan jawaban beserta langkah-langkah penyelesain secara lengkap.

Di bawah uraian jawaban tersebut, akan dimunculkan video-video pembelajaran sesuai materi dan soal-soal berbentuk serupa dengan yang soal milikmu.

3.  Getdigest

Khusus buat kamu yang lagi mager atau punya tugas meresume sebuah jurnal yang halamannya berlembar-lembar, situs ketiga ini akan sangat membantu untuk membuat ringkasan artikel, baik itu jurnal atau makalah dalam waktu singkat.

Setelah kamu membuka website getdigest.com, unggah file jurnal atau referensi yang ingin kamu resume. Bisa berupa dokumen MS Word, PDF, atau TXT. Tunggu beberapa saat lalu hasil rangkuman akan muncul di kolom summary.

4. Google Scholar (Google Cendekia)

Siapa di sini yang masih nulis daftar pustaka secara manual? Pasti males banget dan memakan waktu, kan? Nah, jika selama ini kamu hanya menggunakan Google Scholar untuk mencari buku, jurnal, dan berbagai referensi lain, ada baiknya sekarang kamu mulai mencoba memanfaatkan fitur Google Scholar untuk membuat daftar pustaka hanya dalam hitungan detik.

Tidak perlu khawatir, mereka telah menyediakan berbagai style penulisan daftar pustaka yang bisa kamu pilih, seperti APA, MLA, Harvard, Vancouver, dan Chicago.

Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal menulis judul buku dan nama pengarang pada pencarian Google Scholar. Setelah buku atau jurnal yang kamu cari muncul, klik tanda petik dua (“) yang berada di bawah judul. Selesai! Kamu tinggal copas daftar pustaka sesuai style yang kamu inginkan.

5. Doc Translator

Website andalan untuk mahasiswa selanjutnya adalah Doc Translator. Situs ini merupakan jalan ninja bagi kamu yang ingin menggunakan berbagai referensi Internasional, baik itu buku atau jurnal ilmiah namun terkendala dalam memahami bahasa Inggris. Mulai sekarang, kamu nggak perlu lagi menerjemahkan kata demi kata dengan bantuan Google Translate.

Tidak hanya bahasa Inggris, tersedia 109 bahasa lain yang dapat diterjemahkan oleh Doc Translator. Serta available untuk beragam format file, seperti dokumen Microsoft Word, PDF, PPT, dan lain-lain. Selanjutnya, untuk mengubah referensimu menjadi bahasa Indonesia, pilih menu Translator dan upload file yang ingin kamu terjemahkan.

6. Genially

Bosan pakai Canva atau Slidesgo saat bikin presentasi? Atau masih ribet ngedit slide PPT jadi video? Tenang, kamu bisa coba pakai website yang satu ini agar presentasimu lebih menarik! Genially merupakan situs yang menyediakan berbagai fitur terkait presentasi, mulai dari template PPT, video presentasi, pembuat infografik, dan lain-lain. Tentunya, kamu bisa mengakses semua layanan tersebut secara gratis.

7.  Seomagnifer

Situs terakhir yang harus kalian ketahui adalah seomagnifer.com. Website yang satu ini bisa menjadi penyelamat saat kamu dapat tugas makalah atau esai yang bejibun. SEO Magnifer sendiri merupakan situs penyedia layanan parafrasa secara online.

Caranya mudah sekali, jika kamu ingin memparafrasa sebuah teks, maka pilih menu Paraphrasing Tool. Terdapat pula tools parafrasa lain yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, seperti Essay Rewriter untuk memparafrasa esai, Sentence Rewriter, Article Rewriter, dan Word Changer. Meski begitu, jangan dipakai untuk copas dan parafrasa tugas teman, ya!

Fitur menarik lain yang bisa kamu akses dari SEO Magnifer yakni Plagiarsm Checker untuk mengetahui seberapa mirip tulisanmu dengan karya milik orang lain. Lalu Punctuation Checker jika kamu ingin mengecek apakah tanda baca yang kamu gunakan sudah tepat, fitur Text To Speech Converter yang bisa mengubah tulisan menjadi audio, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa situs yang bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas secara cepat dan mudah. Sudah nemu lifehacknya tapi masih bingung mau mulai mengerjakan tugas dari mana? Simak juga artikel rekomendasi website penyedia jurnal ilmiah untuk membantumu mencari ide dan referensi!

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (DHEA SALSABILA)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.