Ingin Tahu Perbedaan Politeknik dan Universitas? Yuk, Simak Informasi Berikut Ini!

Ingin Tahu Perbedaan Politeknik dan Universitas? Yuk, Simak Informasi Berikut Ini!
 

Halo, teman-teman pejuang kuliah! Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat selalu ya. Kita harus selalu menjaga kesehatan agar semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Apalagi teman-teman yang sedang kuliah pasti membutuhkan banyak tenaga dalam belajar, berorganisasi, magang, menyusun skripsi, dan lain sebagainya. Ingat, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Cara menjaga kesehatan itu mudah, kok. Beberapa cara menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga, minum air putih yang cukup, dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.


Back to topic, sebagian besar teman-teman tentu ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi setelah lulus SMA atau SMK. Banyak sekali model jenjang perguruan tinggi di Indonesia, seperti universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, dan politeknik. Sebaiknya teman-teman menentukan perguruan tinggi yang akan dipilih dari jauh hari agar tidak menyesal nantinya. Nah, kali ini informasi yang akan dibagikan kepada teman-teman yaitu mengenai perbedaan antara politeknik dengan universitas. Check it out!


  1. Jenis Pendidikan

Politeknik adalah sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi atau pelatihan vokasional. Pendidikan vokasi itu pendidikan kejuruan yang ilmunya lebih menjurus seperti halnya SMK. Intinya kalian akan dijadikan ahli di bidang itu sesuai dengan lapangan kerja yang dibutuhkan sekarang, sedangkan universitas menyelenggarakan pendidikan akademis. Pendidikan akademis adalah pendidikan yang mengarah pada penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu. Lulusan dari universitas mempunyai cakupan yang lebih luas di bidang teori.

  1. Materi Perkuliahan

Perbandingan materi kuliah yang akan kalian dapat di Politeknik yaitu 60% : 40%. 60% untuk praktik dan 40% untuk pendidikan berupa teori. Jadi, setiap hari mahasiswa akan dihadapkan dengan kegiatan praktik, sedangkan di universitas perbandingan materi kuliah yang akan kalian dapat berbanding terbalik, yaitu 40% : 60%. 40% untuk praktikum dan 60% untuk teori, karena pada universitas lebih menekankan ke pemahaman materi. 

  1. Satuan Kredit Semester

Para mahasiswa yang telah berkuliah di universitas pasti sudah paham bagaimana kampus mengaturnya. Kebanyakan dari mereka bebas menentukan SKS pada semester tersebut, asalkan memenuhi kriteria maksimal ketika lulus. Jadi, saat wisuda sudah tercapai semuanya. Mahasiswa Universitas S1 yang lama kuliahnya 4 tahun bisa menyusun SKS sedemikian rupa sehingga bisa lulus dengan kurun waktu 3.5 tahun. Namun, hal itu tidak berlaku untuk mahasiswa politeknik karena politeknik sudah menetapkan SKS pada tiap semester. Mahasiswa akan lulus tepat dengan waktu yang akan ditentukan dan tak boleh kurang.

  1. Gelar yang Didapatkan

Tentu sebagian besar dari teman-teman pernah mendengar jenjang pendidikan D3 dan D4 atau biasa disebut dengan Diploma, yang nanti ketika lulus mahasiswa akan mendapat gelar A.Md (Ahli Madya) untuk jenjang D3, dan gelar S.ST (Sarjana Sains Terapan) untuk jenjang D4, sedangkan di universitas berupa Jenjang S1 (Strata 1). S1 setara dengan D4 untuk Politeknik.

Nah, itulah beberapa perbedaan dari universitas dan politeknik. Mana yang lebih baik? Baik politeknik maupun universitas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Teman-teman hanya perlu mempersiapkan diri dalam mengambil keputusan apakah ingin melanjutkan pendidikan di politeknik atau universitas. Sebaiknya dalam memilih keputusan teman-teman melihat minat dan bakat dalam diri, ya. 

Setelah mengambil keputusan, mungkin sebagian besar dari teman-teman ingin mengetahui jalur masuk politeknik dan universitas. Yuk, simak informasi berikut ini tentang jalur masuk ke politeknik maupun jalur masuk ke universitas. By the way, apabila teman-teman memiliki komentar, kritik, dan saran bisa ketik di kolom komentar, ya. Terima kasih teman-teman pejuang kuliah.


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Farah Ayu Mufida)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.