Bedah Jurusan Biologi : Mulai dari Kuliah Hingga Prospek Kerja


Para pejuang kuliah mungkin tidak asing lagi dengan kata biologi. Ilmu hayati ini sudah kita pelajari sejak di bangku SMA. Namun, yang akan kita bahas kali ini adalah jurusan biologi murni di dunia perkuliahan. Kira-kira jurusan biologi di perkuliahan akan sama atau tidak ya dengan biologi yang kita temui di jenjang SMA? Yuk, kita cari tahu!

            Jurusan Biologi

    Biologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Di jurusan biologi kamu tidak hanya belajar tentang hewan dan tumbuhan saja. Kamu juga akan belajar tentang bagaimana lingkungan sekitar dapat mempengaruhi kehidupan organisme lain, lho.

 Membaca buku adalah modal dasar kamu sebagai mahasiswa biologi. Karena kamu akan sering menemukan berbagai istilah ilmiah yang perlu dikaji lagi artinya lewat membaca. Jurusan biologi ini cocok banget dengan kamu, pejuang kuliah, yang senang membaca, teliti, suka menganalisis, dan suka melakukan riset. 

Terus di jurusan biologi ini, bakal ngapain aja, sih?

Ketika memasuki semester pertama, kamu akan belajar tentang ilmu-ilmu dasar seperti biologi dasar, kimia, agama, ilmu budaya dan sebagainya. Di semester berikutnya, kamu akan mulai belajar tentang ilmu biologi yang lebih spesifik seperti sistematika tumbuhan, sistematika hewan, ekologi, mikrobiologi, genetika, dan masih banyak lagi mata kuliah yang seru dan tentunya akan menambah wawasan kamu sebagai mahasiswa biologi.                      

Keseruan lain yang bisa kamu rasakan dari jurusan biologi adalah praktikum dan kerja lapangan. Jurusan biologi itu tidak hanya terpaku dengan membaca buku materi saja kok. Justru, di jurusan biologi kamu bisa praktik langsung, salah satunya adalah praktik membedah Mus musculus (mencit) untuk mengamati struktur anatomi dan fisiologi mencit yang memiliki kemiripan dengan struktur anatomi dan fisiologi manusia.

Tak jarang mahasiswa biologi langsung terjun ke lapangan seperti hutan, sungai, danau dan tempat-tempat lain untuk melakukan berbagai penelitian. Seru banget, kan? Kamu bisa belajar sambil bermain serta menikmati keindahan alam saat melakukan penelitian dengan terjun langsung ke lapangan.


            Prospek Kerja Jurusan Biologi

            Karir dan profesi untuk jurusan biologi ini sangat beragam diantaranya sebagai berikut :

  1. Lulusan biologi dapat bekerja di instansi pemerintahan yang berfokus pada penelitian seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

  2. Analis Laboratorium

Lulusan biologi dapat bekerja sebagai analis laboratorium seperti laboratorium analisis kesehatan, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) , dan lain-lain. 

  1. PNS (Pegawai Negeri Sipil) 

Saat ini, banyak sekali orang yang ingin menjadi PNS dengan gaji dan tunjangan yang tetap. Lulusan biologi juga dapat diterima menjadi PNS seperti di Dinas Kesehatan, Dinas Kehutanan, Dinas Perikanan dan lain-lain.

  1. Guru

Jika kamu tertarik untuk mengajar, kamu dapat menjadi guru di bidang biologi. Selain itu menjadi dosen juga merupakan pilihan yang menarik bagi lulusan biologi. 

  1. Bidang Kesehatan

Dengan kemampuan analisis, lulusan biologi dapat bekerja di bidang kesehatan menjadi analis kesehatan dan melakukan penelitian kesehatan mulai dari level molekuler, patologi hingga analisis kesehatan secara holistik. 

  

    Nah, itu tadi adalah perkenalan singkat tentang jurusan biologi. Gimana sobat pejuang kuliah, apakah kalian tertarik untuk mengambil jurusan ini? Apapun jurusan yang kalian pilih, pastikan kalian telah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menggapainya ya. 

Jika sobat pejuang kuliah masih bingung untuk menentukan jurusan kuliah, boleh banget baca artikel tips menentukan jurusan kuliah ini. Apabila sobat pejuang kuliah memiliki kritik dan saran, boleh banget ya untuk komen di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel berikutnya.











Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Sofi Damanik)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.