Beasiswa Hunter? Wajib Tahu Jenis-Jenis Beasiswa!

Kamu sedang mencari beasiswa? Maka kamu perlu tahu dulu jenis-jenis beasiswa sebelum daftar supaya tidak salah kaprah. Ayo, simak informasinya di bawah ini! 



Sumber : pexels/Pixabay


1. Beasiswa Full 


Sesuai namanya yang menggunakan kata 'full' beasiswa ini sepenuhnya ditanggung oleh pihak sponsor. 'Full' disini selain dana pendidikan juga mencakup biaya pendukung lainnya seperti biaya hidup, akomodasi, biaya perjalanan, asuransi dan prasarana lain pendukung belajar, lho. Kamu bisa ikut program beasiswa dari Australia Awards khusus untuk pelajar yang ingin merantau ke Australia. Atau yang ingin ke Prancis bisa ikut program beasiswa Eiffel.


2. Beasiswa Parsial 


Beasiswa ini hanya menanggung setengah dari total biaya yang kamu butuhkan saat melanjutkan masa studi. Nah, biasanya biaya yang diberikan hanya mencakup biaya kuliah atau akomodasi saja. Pihak sponsor hanya akan menutupi biaya prioritas yang tidak bisa kamu tutupi. Nah, kamu yang ingin menimba ilmu di Belanda bisa mendaftarkan diri pada beasiswa OTS ( Orange Tulip Scholarship ), beasiswa Holland dan masih banyak lagi. 


3. Beasiswa Pemerintah 


Seperti namanya, beasiswa ini memang dari pemerintah. Beasiswa ini bersifat umum yang artinya bisa diikuti oleh siapapun yang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, kalian juga biasanya diwajibkan untuk melayani negara setelah program studi kalian selesai. Beberapa contoh program beasiswa pemerintah adalah LPDP ( Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ), Beasiswa LIPI ( Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ) dan beasiswa BAPPENAS ( Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ).


4. Beasiswa Swasta 


Beasiswa swasta atau biasa disebut private scholarship ini disediakan oleh perusahaan-perusahaan besar atau korporat. Mayoritas beasiswa yang diberikan tergantung dengan jenis bidang studi yang berkaitan dengan industri dari perusahaan yang memberikan beasiswa. Salah satu contoh beasiswa swasta yang terkenal adalah dari perusahaan Sampoerna Foundation. Kamu pasti pernah mendengarnya, kan? 


5. Beasiswa Internasional


Beasiswa ini merupakan contoh kerjasama antara negara maju dengan negara berkembang, lho. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi pelajar supaya mendapatkan sistem pembelajaran yang lebih baik. Kalau kamu ingin melanjutkan studi ke Amerika, beasiswa Fullbright dari AMINEF (America Indonesia Exchange Foundation) merupakan salah satu rekomendasi beasiswa yang bisa kamu ikuti. Beasiswa ini sendiri merupakan beasiswa resmi dari pemerintah Amerika yang dikelola oleh lembaga AMINEF. 


6. Beasiswa Perguruan Tinggi 


Perguruan tinggi di Indonesia juga menawarkan beasiswa, lho. Salah satu syarat yang wajib kalian penuhi adalah memiliki prestasi akademik yang baik. Kalau kamu mendapatkan beasiswanya, kamu harus terus mempertahankan prestasimu atau bisa saja beasiswa dicabut jika kamu tidak bisa menjaga indeks akademikmu. Untuk beasiswa perguruan tinggi dalam negeri ada beasiswa Universitas Pertamina. Tapi, kalau kamu tertarik pada perguruan tinggi di luar negeri ada juga, nih, beasiswa dari Universitas Toronto.


7. Beasiswa Yayasan 


Selain dari perguruan tinggi, kamu juga bisa mendapatkan beasiswa dari sebuah yayasan, organisasi atau juga dari komunitas. Jenis beasiswa yang ditawarkan hampir sama dengan beasiswa swasta dimana harus selaras dengan visi dan misi dari organisasi tersebut. Salah satunya beasiswa dari Yayasan Solidaritas Bina Insan Kamil. 


Nah, bagaimana pejuang kuliah? Beasiswa manakah yang sedang kamu incar? Atau kamu mau tahu alur pendaftaran beasiswa? Bisa banget diintip di sini! Komen dibawah, ya!

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Widya)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.