Anak Kuliahan Belum Tahu Personal Branding? Baca Artikel Ini!

 Anak Kuliahan Belum Tahu Personal Branding? Baca Artikel Ini!


Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah “Personal Branding”. Personal branding sebenarnya sangat penting untuk menentukan bagaimana orang lain menggambarkan kamu, apakah digambarkan sebagai seorang yang introvert, ekstrovert, pembicara paling menghibur, pemimpin yang sederhana, atau yang lainnya. Namun, banyak orang belum tahu mengenai pentingnya personal branding. Personal branding itu sendiri adalah cara untuk mempromosikan diri beserta pencapaiannya dalam karier dan keahlian yang dimiliki pada proses membangun persona publik kamu untuk audiens target kamu.

Personal branding sangat membantu kita untuk memperoleh kredibilitas, relasi baru, dan bahkan kesempatan baru dan lebih dikenal dikenali baik secara personal dan profesional. Hal tersebut akan membuat kamu lebih dikenal dan mudah ditemukan oleh orang yang ideal bagi kamu. Selain itu, personal branding memungkinkan seseorang untuk mengatur hidup mereka sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Personal branding merupakan bagian penting dari karier seseorang. Berikut beberapa pentingnya personal branding :

  1. Meningkatkan Kepercayaan Orang Lain 

Personal branding membuat orang lain lebih mengenal kamu. Walaupun mereka belum pernah bertemu dengan kamu secara langsung. Hasilnya, kepercayaan orang lain pada kamu akan meningkat karena kamu bukanlah orang asing lagi.

  1. Memperkuat Kredibilitas Kamu

Personal branding membuat orang lain bisa dengan mudah melihat berbagai pencapaian kamu sehingga kredibilitas kamu akan menguat karena memang sudah ada buktinya.

  1. Membangun Rasa Percaya Diri

Jika kamu bisa memaksimalkan personal branding, Kamu bisa lebih semangat dan maksimal dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini disebabkan kamu merasa percaya diri dengan keahlian yang dimiliki.

  1. Memperluas Koneksi Kamu

Di era digital ini, personal branding bisa dengan mudah meningkatkan eksposur (daya tarik) kamu. Apalagi jika kamu aktif melakukan networking. Hasilnya, koneksi kamu akan sangat luas. Bahkan, hingga ke luar bidang yang kamu geluti sekalipun.

  1. Menunjukkan Diri Kamu dengan Apa Adanya

Hampir tidak mungkin memalsukan personal branding karena personal branding lahir dari passion dan nilai-nilai kehidupan yang kamu pegang. Hasilnya, orang-orang akan percaya bahwa kamu memang apa adanya dan tak dibuat-buat.

Dalam membangun personal branding pasti memerlukan waktu yang lama dan butuh proses yang konsisten. Hal ini akan menghasilkan ekspektasi dirimu sendiri yang ingin kalian tunjukkan pada orang lain. Itu tidak sulit jika kalian mau berusaha dan tekun untuk mengembangkan diri kalian. Apakah kalian siap membangun personal branding diri kalian sendiri?

Sumber referensi :

Anonim, 2021, Personal Branding: Pengertian, Pentingnya dan Cara Meningkatkannya, https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-lengkap-personal-branding/, diakses pada 27 September 2021 pukul 09.17

Anonim, 2021, Personal Branding : Strategi Membangun Citra Diri yang Kuat, https://www.jagoanhosting.com/blog/membangun-personal-branding/, diakses pada 27 September 2021 pukul 08.00.

Anonim, 2021, Membangun Strategi Personal Branding yang Kuat dalam 7 Langkah, https://www.niagahoster.co.id/blog/personal-branding/, diakses pada 27 September 2021 pukul 09.50. 



keyword : personal branding, personal branding mahasiswa, pentingnya personal branding


                                                                                                                            Imanuela Sagita Listi
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Imanuela Sagita)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.