Anak Rantau Wajib Baca! Inilah 5 Tips Mengatasi Homesick

rawpixel.com

Adakah di antara kalian yang lagi ngekos atau berencana kuliah di luar kota? Tinggal terpisah dari orang tua bisa menjadi pengalaman yang menantang, apalagi buat kamu yang baru pertama kali merantau. Tak jarang, anak rantau mengalami homesick atau perasaan kangen rumah. Walaupun wajar dialami oleh hampir semua mahasiswa perantau, homesick yang berlarut-larut bisa mengganggu kehidupan sosial dan akademis, lho! Lantas, bagaimana cara mengatasi homesick secara sehat? Temukan jawabannya di artikel ini, ya!

1. Mengingat Tujuanmu Merantau

rawpixel.com
Kamu bukan meninggalkan rumah tanpa alasan. Ada tujuan yang ingin kamu capai di tempat rantau. Ketika homesick membuatmu ingin menyerah, mengevaluasi tujuan awalmu bisa menjadi pengingat yang baik. Tujuan anak rantau biasanya bervariasi. Kamu mungkin merantau untuk menuntut ilmu di kampus impian, mendapatkan pengalaman yang lebih luas, mencari kesempatan karir yang lebih menjanjikan, mencoba mandiri, dan lain sebagainya. Apapun tujuanmu, fokuslah untuk bertahan dan mewujudkannya. 


2. Menyibukkan Diri

rawpixel.com
Temukan kesibukan baru sesuai minatmu untuk mengalihkan perhatianmu dari kerinduan akan kampung halaman. Sebagai mahasiswa, kamu bisa mengambil peran aktif di organisasi, menjadi sukarelawan, ataupun mengejar prestasi akademis. Namun, jangan sampai memaksakan diri sampai jadi terlalu sibuk, ya! Kesibukan kecil lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi homesick misalnya melakukan olahraga ringan, membaca novel favorit, dan mendekorasi kamar kos.

3. Mendekatkan Diri ke Sesama Anak Rantau

rawpixel.com

Sebetulnya kamu bisa mencari teman sebanyak-banyaknya untuk mengusir rasa kesepian akibat homesick. Namun ketika curhat dengan kawan senasib-sepenanggungan, obrolan kalian bisa jadi lebih relate karena kalian sedang mengalami hal yang sama. Selain itu, tinggal sendirian di kos-kosan mungkin tidak mudah bagi sebagian orang. Memiliki teman sesama anak kos untuk saling membantu bisa mempermudah kehidupan rantaumu.

4. Menemukan Hal Positif Seputar Tempat Rantau

rawpixel.com

Merantau di Bali membuatmu bisa berkunjung ke banyak tempat wisata terkenal. Kamu bisa menikmati semaraknya kota metropolitan di Jakarta. Tinggal di Malang terasa nyaman karena udara yang sejuk. Di mana pun kamu merantau, selalu ada sisi positif yang bisa kamu peroleh. Jangan ragu untuk menjelajahi kota tempatmu merantau dan mencoba hal-hal baru yang tidak bisa ditemukan di kotamu. Dengan begitu, kamu akan merasa tidak rugi meninggalkan kota asalmu. Homesick pun bisa kamu hadapi dengan lebih mudah.

5. Melakukan Hal-hal yang Mengingatkan pada Rumah

rawpixel.com

Kamu tidak perlu melawan perasaan kangen rumah yang muncul. Hal itu malah membuat homesick makin menjadi-jadi. Sebaliknya, maklumilah homesick yang kamu alami. Obati kerinduan terhadap rumah dengan melakukan hal-hal yang identik dengan rumah dan keluarga. Kamu bisa menyempatkan diri untuk menelepon orang tua. Kadang, mendengar suara mereka saja bisa menenangkan pikiran dan perasaanmu dari homesick yang melanda. Mengunjungi saudara yang tinggal di kota yang sama atau menyantap makanan khas daerahmu juga ampuh mengingatkanmu pada keluarga di kampung halaman. Jangan khawatir makin kangen, hal-hal ini justru akan mengikis homesick-mu perlahan-lahan.


Nah, itulah 4 tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi homesick. Jangan khawatir, lama-kelamaan kamu akan semakin terbiasa menjadi anak rantau dan homesick pun akan semakin jarang kamu alami. Yuk, bagikan pengalaman homesick-mu di kolom komentar!


Kamu sudah siap merantau tapi malah belum tahu mau masuk jurusan apa? Baca juga Tips Bagi Kamu

Yang Masih Galau Menentukan Jurusan Kuliah. Untuk informasi menarik seputar dunia kuliah lainnya, follow Instagram @pengenkuliah.


Referensi:

Anjani, Hanum Putri. 2016. "Homesick Itu Gak Perlu Dihilangkan, Ini 10 Cara Bahagia agar Kamu Tetap Kuat". Idn Times. Diakses pada 30 September 2021 melalui https://www.idntimes.com/life/education/francisca-christy/10-cara-mengatasi-homesick-biar-kamu-gak-galau-terus



Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Ching Sioe)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.