Masuk Akuntansi Harus Pintar Matematika, Bener Ga Sih?

Yuk Intip Mata Pelajaran yang Bisa Mendukungmu sebagai Anak Akuntansi

Ketika denger nama Akuntansi pasti langsung mikir wahh banyak hitung-hitungan. Berarti harus jago matematika dong. Eits tunggu dulu! Pernyataan tersebut ga 100% bener loh. Akuntansi ga cuma butuh perhitungan matematis doang. Nah buat kamu yang mau masuk jurusan ini, simak beberapa mata pelajaran yang akan mendukung kamu di jurusan akuntansi dan tentunya akan mendukung karirmu nanti..

1.MatematikaMatematika disini bukan berarti kamu harus pintar dan jago menghafal rumus-rumus ya.. Pada dasarnya akuntansi cuma butuh perhitungan dasar saja seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kalian ga perlu mahir matematika untuk bisa akuntansi. Kan menghitungnya juga menggunakan kalkulator hehe. Tapi, memiliki kemampuan matematika dasar akan membantu kita untuk terbiasa berpikir logis. Dalam akuntansi, kemampuan berpikir logis dalam memahami setiap transaksi ekonomi itu sangat diperlukan loh sobat!

2. Ekonomi
Perlu diingat dan dicatat baik-baik bahwa akuntansi itu ga cuma debit kredit ya. Seorang akuntan juga harus memahami perekonomian suatu negara yang dapat berdampak pada transaksi dan perilaku perusahaan. Kalian yang masuk jurusan akuntansi juga akan belajar tentang ekonomi mikro, ekonomi makro, perpajakan yang erat kaitannya dengan kondisi ekonomi suatu negara. Apalagi era globalisasi sekarang yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Hal ini sangat berpengaruh ke praktik akuntansi loh.

3. Bahasa Inggris 
    
Kalo ini sih kayaknya semua jurusan perlu bisa bahasa inggris ya. Sebenarnya dalam akuntansi tidak ada tuntutan yang secara spesifik mengharuskan seorang akuntan untuk pandai berbahasa inggris. Akan tetapi, jika kamu pandai berbahasa inggris, ini akan jadi poin plus loh! Biasanya akun-akun yang ada pada laporan keuangan juga disajikan dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Bahasa inggris adalah bahasa internasional yang akan memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain. Tugas akuntan kan mengkomunikasikan informasi ekonomi kepada pihak yang berkepentingan, nah, kalo kamu jago bahasa inggris pasti akan lebih memudahkan dan menunjang karir kamu.

4. Teknologi Informasi (TIK)
Jurusan akuntansi juga ga mau ketinggalan zaman dong. Ga bisa dipungkiri lagi, sekarang setiap proses akuntansi menggunakan teknologi informasi. Teknologi telah mendorong kemajuan pada sistem pelaporan keuangan. Oleh karena itu, sebagai akuntan kita harus bisa menguasai teknologi informasi yang mungkin akan digunakan oleh perusahaan tempat kita bekerja nantinya. 
Selain itu, perkembangan teknologi ini juga melahirkan banyak profesi-profesi baru. Bagi kamu yang tertarik di dunia akuntansi dan teknologi informasi bisa banget loh ambil konsentrasi sistem informasi akuntansi. Prospeknya juga sudah tidak diragukan lagi seperti berkarir sebagai analis sistem perusahaan.

5. Akutansi 
Jurusan akuntansi pasti harus pandai akuntansi dong ya hehe.. Ketika kamu memutuskan untuk masuk jurusan akuntansi, kamu akan belajar tentang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi sektor publik, perpajakan, auditing, sistem informasi akuntansi, dll. Banyak banget ga sih? Tapi tenang, kamu bisa memilih satu konsentrasi yang akan kamu dalami nantinya sesuai minat dan passion kamu.
Nah, itu kira-kira mata pelajaran yang akan menunjang kamu sebagai akuntan. Gimana? Menarik banget kan jurusan yang satu ini. 
Kalian boleh banget nih share pengalaman dan tulis di kolom komentar, kira-kira selain mata pelajaran di atas, ada ga sih mata pelajaran lain yang harus dikuasai oleh seorang akuntan?

Penulis: Rodhotun Ismatika
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Diyanah Shabitah)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.