Mahasiswa Wajib Tahu! Tips Ampuh Membagi Waktu antara Kuliah dan Organisasi

     

    Halo Sobat Pengen Kuliah! Ada yang masih bingung membagi waktu antara kuliah dan organisasi? Cobalah untuk membuat skala prioritas antara kuliah dan organisasi hingga bisa menjalani keduanya secara maksimal. Sebagai seorang mahasiswa yang berkualitas tentunya harus bisa membagi waktu serta mengasah soft skill dan hard skill secara seimbang. Akan tetapi perlu diketahui, tanpa adanya sebuah komitmen dalam membagi waktu antara kuliah dan organisasi, dapat dipastikan proses kuliah akan sedikit terganggu bahkan bisa membuat bingung dalam menghadapi keduanya.

    Lalu apa yang harus dilakukan? Daripada semakin dibuat bingung, yuk disimak beberapa tips ampuh membagi waktu kuliah dan berorganisasi.

1. Menentukan Skala Prioritas

Menentukan skala prioritas adalah hal yang harus diutamakan. Segera putuskan mana yang lebih penting, kuliah atau organisasi. Tentunya harus mengutamakan kuliah beserta tugas-tugas kuliah karena tujuan utama datang ke kampus adalah untuk kuliah dan mendapatkan ilmu. Dalam organisasi juga banyak manfaat yang dapat diambil, tetapi tetap harus fokus dengan kuliah agar dapat mencapai tujuan yang telah diimpikan

2. Membuat To-Do-List Hal yang Perlu Dikerjakan
Jika sering merasa bingung dalam membagi waktu untuk mengerjakan tugas, alangkah lebih baik jika membuat memo kecil yang dapat mengingatkan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Dengan begitu, jadwal akan menjadi lebih teratur dan tugas kuliah maupun tugas organisasi dapat terselesaikan dengan baik satu persatu.

3. Tidak Menunda-nunda Pekerjaan
Tidak menunda-nunda pekerjaan merupakan salah satu contoh pribadi yang disiplin. Biasakan diri untuk menjadi pribadi yang disiplin, agar dapat terbiasa membagi waktu dengan baik. Selain itu, cobalah memberanikan diri untuk berkata tidak pada ajakan teman yang sekiranya dapat mengganggu kegiatan yang harus dikerjakan. Beranikan juga untuk berkata tidak, jika memang tidak sanggup mengerjakan pekerjaan tambahan dari organisasi. Daripada nanti hasilnya tidak maksimal atau mengorbankan hal lain yang menjadi prioritas.

4. Istirahat yang Cukup di Waktu yang Tepat
Saat merasa lelah akan semua tugas baik tugas kuliah maupun organisasi, itulah saat yang paling tepat untuk sedikit beristirahat. Istirahat bisa dilakukan dengan kegiatan seperti jalan-jalan mencari udara segar, membeli makanan kesukaan, pergi bersama teman, dan lain-lain. Jika istirahat cukup, nantinya akan lebih bertenaga dalam mengerjakan segala tugas kuliah maupun organisasi yang akan datang.


    Nah, bagaimana sudah paham kan cara untuk membagi waktu kuliah dan berorganisasi? Semangat kuliah dan berorganisasi nya ya sobat Pengen Kuliah!


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Ega Fitri)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.