SNMPTN 2022 Udah di depan Mata, Yuk Ketahui Alur dan Prosedurnya!


Halo, Sobat Pengen Kuliah!

Udah pada tau kan kalau jadwal pendaftaran kuliah jalur SNMPTN 2022 udah keluar? Sebagai pelajar SMA apalagi kelas 12 harusnya tidak asing lagi dengan jalur yang satu ini. Yap, SNMPTN adalah satu dari 3 jalur yang terkenal sebagai “pintu masuk” Perguruan Tinggi Negeri (PTN), di samping SBMPTN dan jalur mandiri. Jalur ini merupakan jalur paling mudah untuk masuk perguruan tinggi negeri loh! Gimana nggak mudah, kamu hanya perlu mengisi beberapa data dan kalau kamu beruntung, kamu bisa lolos ke PTN yang kamu inginkan. 

Wah, gampang banget kan? Tapi, apakah benar semudah itu? Jawabannya tentu tidak. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam jalur SNMPTN ini. Berikut ini adalah timeline SNMPTN 2022 dari akun resmi LTMPT, check this out!

Itu dia timeline SNMPTN 2022. Nah, apa aja sih yang akan kita lakukan dalam tahapan-tahapan itu?  

1. Pertama, sekolah kamu akan melakukan pemeringkatan siswa/i yang boleh mengikuti jalur SNMPTN ini. Umumnya, pemeringkatan didasarkan oleh akumulasi nilai beberapa mata pelajaran tertentu dari semester 1-5 sesuai dengan jurusan yang ada.

  • a. Untuk jurusan IPA menggunakan nilai mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • b. Untuk jurusan IPS menggunakan nilai mata pelajaran Matematika, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Setelah melakukan pemeringkatan, sekolah akan menetapkan jumlah siswa/i yang berhak mengikuti SNMPTN sesuai dengan akreditasi sekolahnya masing-masing. Untuk sekolah dengan akreditasi A dapat mengikutsertakan 40% siswa/i pada peringkat teratas, akreditasi B 25% , dan akreditasi C 5%.

2. Kedua, pengisian dan verifikasi PDSS (Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Biasanya langkah ini dikerjakan oleh pihak sekolah. Namun, siswa/i harus mengisi beberapa data pribadi sebelum pihak sekolah mengisi PDSS ini. Di tahap ini juga, pihak sekolah akan memasukkan nilai kamu. Jadi, pastikan kamu dan sekolah sudah menginput datamu dengan benar ya!

3. Ketiga, pendaftaran SNMPTN. Selain sekolah, kamu yang akan mengikuti SNMPTN nantinya akan memasukkan kembali beberapa data di website SNMPTN yang akan dibagikan secara umum. Di tahap ini, kamu akan memilih jurusan pilihan kamu loh! Dalam tahap ini juga , kamu boleh memasukkan nilai tambah kamu untuk memperbesar kemungkinan lolos di jalur ini. Maksudnya gimana tuh? Di website ini, kamu boleh menyertakan sertifikat prestasi yang pernah kamu peroleh semasa SMA. Sertifikatnya boleh dari perlombaan tingkat sekolah, kota/kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional. Jenis perlombaannya pun boleh dari bidang akademik atau non akademik, namun disesuaikan dengan jurusan pilihan kamu ya!

4. Terakhir, pengumuman SNMPTN, yay! Tentunya tidak langsung setelah pengisian data di website SNMPTN ya, Sobat. Kamu perlu menunggu sekitar 1-2 bulan sampai kamu bisa melihat hasilnya. “Loh lama banget?” Pastinya lama ya, Sobat karena data yang harus diproses bukan data 100 atau 1000 siswa/i saja. Ada ratus ribuan! Jadi silakan menunggu, tapi jangan lupa untuk terus mempersiapkan diri menghadapi tes masuk yang lain, seperti SBMPTN.

Dengan melihat timeline duluan, besar harapannya kamu bisa mempersiapkan diri untuk jalur ini lebih maksimal dan semakin bersemangat dalam memperbaiki nilai kamu di semester yang akan datang. Persiapkan diri untuk semua kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi, dan tetap semangat belajarnya! Yakinlah, tidak ada usaha yang sia-sia. Semoga keberhasilan ada padamu ya, Sobat Pengen Kuliah! 

Tetap semangat meraih impianmu!

Author: Noel Sinaga dan Rodhotun Ismatika 


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Diyanah Shabitah)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.