Teknik Industri, Si Jurusan Saintek Rasa Soshum

Foto dari bakrie.ac.id

“Aku anak IPA tapi pengen belajar manajemen, gimana dong, linjur aja kali ya?”

Adakah di antara Sobat Pengen Kuliah yang pernah berpikiran seperti ini? Kalau ada, tenang kalian tidak sendiri. Kasus seperti ini banyak ditemui di kalangan pelajar Indonesia. Ketika masuk SMA, kita mungkin tidak mempunyai pertimbangan yang cukup matang dalam memilih jurusan apa yang akan kita ambil selama SMA. Ada yang memilih jurusan X atau Y hanya karena dorongan dari luar, seperti keluarga. 

Namun, lambat laun ketika telah menjalaninya, kita akan lebih mengenali diri kita sendiri. Ada yang merasa jurusan SMA nya sudah tepat, namun tak sedikit juga yang merasa salah jurusan. Akhirnya, sewaktu kuliah memilih untuk linjur (lintas jurusan). Tapi mungkin ada di antara kalian yang masih setengah hati dalam memilih bidang jurusan atau mau belajar keduanya, baik IPA atau IPS. Jika kalian berada di fase ini, Teknik Industri adalah pilihan yang tepat buat kalian!

Teknik Industri adalah salah satu jurusan yang multidisiplin. Multidisiplin artinya mempelajari tidak hanya satu bidang, namun banyak bidang. Hal ini memungkinkan kalian untuk mengeksplor banyak bidang keilmuan, baik saintek maupun soshum. Jadi, jurusan teknik industri tidak sepenuhnya berada dalam rumpun saintek seperti kebanyakan jurusan teknik lainnya. 

Namun, teknik industri tidak pernah lepas dari hakikatnya sebagai jurusan teknik atau engineering yaitu mesin (engine). Dan menurut sejarahnya, seorang insinyur teknik mesin lah yang memprakarsai berdirinya teknik industri ini. Seperti jurusan teknik pada umumnya, teknik industri juga memiliki dasar keilmuan teknik yang menjadi ‘makanan’ wajib anak teknik, yaitu Matematika dan Fisika.

Loh, jadi soshumnya di mana?

Nah, di teknik industri ini kalian bisa mengambil berbagai mata kuliah berbau soshum, antara lain:
  1. Manajemen Proyek
  2. Pemasaran Industri
  3. Akuntansi dan Biaya
  4. Psikologi Industri
  5. Ekonomi Teknik, dan lain-lain

Selain itu, teknik industri punya 3 bidang bidang keahlian, loh! Berikut penjelasannya.

1. Sistem Manufaktur
Foto dari Binus
Secara garis besar, sistem manufaktur menggunakan pendekatan teknik industri untuk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral dalam sebuah produksi industri.

2. Manajemen Industri
Foto dari lifepal
Singkatnya, dalam bidang ini, pendekatan teknik industri dimanfaatkan dalam aktivitas penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha yang dilakukan melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya manusia dalam menghadapi lingkungan usaha dinamis.
 
3. Sistem Industri dan Teknik Ekonomi
Foto dari Iteba
Pendekatan Teknik Industri pada bidang keahlian sistem industri dan teknik ekonomi digunakan untuk meningkatkan daya saing sistem integral yang tersusun atas bahan baku, energi, teknologi, informasi, infrastruktur, dan tenaga kerja.
 
Wah, menarik banget kan? Jadi buat kalian yang mau linjur, coba dipikir-pikir lagi deh. Teknik Industri bisa jadi alternatif yang bisa dipertimbangan daripada langsung linjur nih, Sobat.

But anyway, semua keputusan ada di kamu. Kenali dirimu, kenali potensimu, kemudian pilih jurusan yang kamu mau. Selamat menentukan, Sobat!

Tetap semangat meraih impianmu!
 
Author: Noel Sinaga - Mahasiswa FTTM ITB 2020
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Diyanah Shabitah)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.