Pandemi Bikin Fresh Graduate Nganggur? Berikut 5 Cara Jitu Menghasilkan Uang Lewat Copywriting!

Pandemi Bikin Freshgraduate Nganggur? Berikut 5 Cara Jitu Menghasilkan Uang Lewat Copywriting!

“Tanpa kata, buah pikiran tak akan pernah jadi kenyataan. Maka wajar apabila lidah dan pena lebih tajam dari pedang. Dan buku-buku mengubah dunia.” – Rianto Astono

Masa pandemi memang tidak mudah dilalui bagi sebagian besar orang. Karena ada banyak sekali hal-hal yang menjadi rebutan. Tak terkecuali lowongan kerja. Apalagi untuk kamu yang disebut-sebut sebagai ‘lulusan era pandemi.’

Banyak lulusan era ini yang berkeluh-kesah mengenai irinya mereka dengan lulusan era normal. Katanya enak banget mereka bisa leluasa mencari pekerjaan di luar sana, tidak seperti lulusan pandemi. Apakah kamu salah satunya?

Eitss… tidak perlu cemas! Masih banyak kesempatan! Kali ini Pengen Kuliah akan membocorkan khusus untuk kamu mengenai cara menghasilkan uang lewat copywriting. Seperti kata Pak Rianto Astono di atas, lidah dan pena lebih tajam dari pedang bukan? 

Perlu dibuktikan?


Sebelum Kamu Mulai Merancang Strategi

Wajib sekali kamu memahami apa itu copywriting Sobat Pengen Kuliah. Pada intinya copywriting adalah sebuah seni untuk menjual melalui tulisan. Tulisan doang kok bisa dijual sih? Jelas bisa dong.

Orang yang bertugas melakukan copywriting dinamakan copywriter. Copywriter bertugas menulis mengenai suatu iklan yang mampu membuat kamu menarik uang dari dompet dan membeli produk yang diiklankan. 

Luar biasa bukan?

Meski digunakan untuk periklanan, tetap saja kamu bisa menggunakan berbagai teknik copywriting untuk berbagai bentuk kepenulisan. Bahkan dalam mengerjakan tugas perkuliahan pun bisa berguna sekali. So, secerdas-cerdasnya kamu saja ya dalam menggunakannya.

Selain itu seorang copywriter bayarannya lumayan besar lho Sobat Pengen Kuliah. Dilansir dari id.indeed.com, gaji rata-rata copywriter adalah Rp 3.587.170 per bulan di Indonesia. Kalo bahas cuan, seketika mata jadi hijau ya hehehe…

Sudah tidak sabar? Berikut cara jitu untuk kamu menghasilkan uang lewat copywriting!

 

1. Ikut Internship

Ikut Internship
Foto oleh Magnetme dari Pexels

“Aduh aku belum punya skill copywriting yang mumpuni nih.”

Mungkin begitu kata beberapa fresh graduate yang mau masuk ke dunia copywriting. Tidak perlu cemas! Kamu hanya perlu ikut paid internship jika kamu masih ragu-ragu masuk ke dunia profesional.

Dengan kamu mengikuti internship, kamu bisa berlatih, mencari pengalaman, dan ngobrol langsung dengan ahlinya di lapangan. Jadi kamu bisa eksplor terkait copywriting seluas-luasnya. Sudah dapat pengalaman, dapat cuan juga kan? Uhuy…

Selain itu tidak sulit mencari informasi terkait internship pada era sekarang. Kamu bisa buka Instagram atau Line open chat dan mencari lowongan internship copywriting yang berkeliaran bebas di sana. Tentunya ada banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan posisi ini! 

Jadi tunggu apa lagi Sobat Pengen Kuliah?

 

2. Menulis Artikel

Menulis Artikel

Jika kamu sudah menguasai dasar-dasar pengalaman terkait copywriting, kamu bisa coba menulis artikel di blog secara mandiri. Kamu bisa menggunakan beberapa blog gratis seperti Wordpress atau Blogspot misalnya. Dimana kedepannya tentu bisa kamu kembangkan lagi.

Dalam menulis artikel, selalu gunakan jurus copywriting yang kamu punya. Sambil menyelam minum air, tentunya kamu sambil belajar juga cara memaksimalkan copywriting. Sehingga banyak orang yang akan mengunjungi blog kamu.

Amati pergerakan pengunjungnya, pelajari platform yang bisa memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) blog kamu (Ini tujuannya agar artikel kamu muncul teratas di mbah Google). Gunakan berbagai keyword atau teknik lain yang berguna untuk menaikkan angka pengunjung.

Jika sudah ramai pengunjung, kamu bisa mendaftar AdSense dan mendapatkan uang melalui iklan. Menarik bukan?

 

3. Jadi Pemateri Webinar

Jadi Pemateri Webinar
Foto oleh 祝 鹤槐 dari Pexels

Fun fact: kamu tidak harus punya sertifikat copywriter untuk menjadi pemateri webinar copywriting. Kamu hanya perlu punya ilmunya dan mampu mengadaptasinya sesuai dengan permintaan client. Misalnya, kamu belajar copywriting lewat buku dan memahaminya betul-betul, sehingga kamu bisa membagikan ilmu tersebut sebagai seorang pemateri.

Akan tetapi untuk menjadi pemateri, alangkah baiknya jika kamu memiliki beberapa pengalaman di dunia copywriting. Contohnya kamu pernah ikut volunteer sebagai copywriter, atau magang di posisi berkaitan. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas kamu dan membuat client percaya dengan skill kamu.

Satu tips lagi jika kamu mau menghasilkan uang dengan menjadi pemateri, rajin-rajinlah melakukan self-branding terkait kemampuan copywriting kamu. Apalagi kalau kamu punya banyak teman, kamu bisa promosi ke mereka terkait skill copywriting kamu bukan?

 

4. Membuka Workshop

Membuka Workshop
Foto oleh fauxels dari Pexels

Tidak perlu workshop besar-besaran tentunya. Kamu bisa buka workshop copywriting untuk pemula. Sehingga kamu gak ketar-ketir kepikiran 'takut ada yang lebih jago' saat kamu mengajarkan ilmu copywriting.

Copywriting sendiri adalah ilmu yang luas Sobat Pengen Kuliah. Jadi kamu bisa memecah-mecah berbagai teknik dasar yang sudah kamu pelajari untuk kemudian kamu buat workshop yang apik. Cukup seru dan menantang ya?

Jika kamu butuh acuan dalam merancang workshop copywriting, kamu bisa pakai tekniknya Pak Rianto Astono di buku belau: Kopiraiting. Lebih bagus lagi jika kamu bisa unjuk kreativitas dengan merancang teknik-teknik workshopnya sendiri. 

Kebayang kan kecenya?

 

5. Bekerja di Perusahaan

Bekerja di Perusahaan
Foto oleh Cadeau Maestro dari Pexels

Sudah cukup pede dengan kemampuan copywriting kamu? Langsung saja persiapkan berkas-berkas, CV, dan portofolio lalu berangkat menjemput bola! Tanpa kamu mencari pun, jika kamu sudah mumpuni, justru HR perusahaan yang akan mencari kamu lho.

Jika kamu mau bekerja sebagai copywriter di perusahaan, kamu tidak harus merupakan lulusan jurusan Ilmu Komunikasi. Selama kamu bisa mengimbangi pekerjaan di perusahaan, memenuhi persyaratan dan memiliki pengetahuan serta pengalaman yang cukup, maka kamu pasti diterima di sana.

“Tapi, aku udah terlalu tua untuk belajar copywriting,”

Tidak ada kata terlambat untuk belajar Sobat Pengen Kuliah! Jika kamu tekun dan bersungguh-sungguh belajar, dalam satu tahun kurang pun kamu sudah bisa menguasai berbagai teknik copywriting. Selain itu masih banyak cara lainnya untuk mempercepat peningkatan skill copywriting kamu, termasuk ikut workshop, ikut sertifikasi, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang kamu sudah paham kan terkait apa itu copywriting dan cara-cara jitu menghasilkan uang lewat copywriting? Memang, semakin mudahnya informasi tersebar, semakin tinggi pula persaingan terkait lowongan kerja. Namun, selalu ada seribu jalan menuju Roma.

Pergunakanlah berbagai sumber informasi tersebut untuk membangun strategi ala ‘kamu’ sendiri. Pertahankanlah pemikiran optimis terkait pencarian kerjamu karena di luar sana orang-orang akan memperebutkan individu yang pantang menyerah seperti kamu.

Sekarang, saatnya kamu untuk mencoba! Semoga berhasil Sobat Pengen Kuliah! 😊


Sumber:

Copywriter Salary in Indonesia

Dipublikasikan oleh Admin (Sindy Prisila)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

1 komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.