Ketahui Hal-Hal Penting Ini Sebelum Kamu Daftar UTBK-SBMPTN 2022!

Foto dari Medcom.id

Aku tebak pasti kalian sudah bertanya-tanya kan, kapan sih sebenarnya pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 dibuka? Kemudian apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan? Bagaimana tata cara pendaftarannya?


Setiap tahun, pastinya momen pendaftaran masuk Perguruan Tinggi melalui jalur seleksi tulis dinantikan oleh para peserta didik SMA. Seleksi tertulis pada jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ini memfasilitasi para siswa yang tidak lolos seleksi nilai rapor (SNMPTN).


Berbicara mengenai SBMPTN, kalian sebagai peserta UTBK-SBMPTN harus mengetahui dan mengingat sendiri mengenai alur-alur pendaftaran, ketentuan di dalamnya, dan juga jadwal pelaksanaannya, mulai dari pendaftaran, pelaksanaan ujian tulis, sampai dengan jadwal pengumuman hasil seleksi SBMPTN.  Para peserta SBMPTN diharuskan mengetahui jadwal resminya agar proses pelaksanaan mulai dari pendaftaran hingga pengumuman dapat berjalan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia.


Nah disini kamu akan tau tentang alur pendaftaran UTBK-SBMPTN, apa saja yang harus disiapkan, dan juga jadwal UTBK tahun 2022. Catat baik-baik ya! Agar kalian para siswa kelas 12 bisa melakukan persiapan dengan matang!


1. Jadwal UTBK-SBMPTN Tahun 2022

Berikut ini jadwal UTBK-SBMPTN tahun 2022 sebagaimana dilansir dari website resmi LTMPT. Jadwal ini harus menjadi acuan untuk kalian dalam menyusun timeline belajar ya!
Foto Jadwal UTBK-SBMPTN TAHUN 2022 dari tribun

2. Syarat Pendaftaran UTBK-SBMPTN

Agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pendaftaran, para calon peserta harus terlebih dahulu mengetahui syarat pendaftaran SBMPTN dan sistem pendaftarannya, yaitu:


3. Alur Pendaftaran UTBK-SBMPTN

Berikut ini cara daftar UTBK 2021 atau alur pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 yang dilansir dari laman LTMPT: 


4. Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Menghadapi UTBK-SBMPTN

1. Kesiapan Peserta
Hal lain yang turut berperan dalam proses penerimaan adalah faktor-faktor non-teknis, seperti bagaimana kondisi peserta saat ujian, persiapan apa saja yang harus dilakukan, dan kesalahan yang harus dihindari dalam persiapannya.

2. Pengaturan Waktu
Jeda waktu yang terbilang singkat antara Ujian Sekolah dan Ujian UTBK-SBMPTN mengharuskan para calon peserta untuk pandai-pandai memaksimalkan waktu yang ada. Dibutuhkan perencanaan yang benar agar segala yang kalian jalani tidak terbuang sia-sia.

3. Latihan Prediksi Soal UTBK-SBMPTN
Berlatih, berlatih, dan berlatih. Sebelum menghadapi UTBK-SBMPTN yang sesungguhnya, para calon peserta yang akan mengikuti ujian disarankan untuk terus berlatih dengan soal yang diprediksi akan diujikan, saintek maupun soshum, termasuk dengan model soal di dalamnya. Dengan semakin banyak berlatih, maka semakin besar kemungkinannya untuk bisa menaklukan soal UTBK-SBMPTN.

4. Mengikuti Kegiatan Bimbingan Belajar Persiapan UTBK-SBMPTN
Berlatih secara mandiri memang lebih baik daripada tidak berlatih sama sekali. Akan tetapi, akan lebih baik untuk mengikuti kegiatan bimbingan belajar yang secara spesifik dikhususkan untuk persiapan UTBK-SBMPTN agar materi yang dipelajari tidak kabur dan justru semakin mendekati soal yang akan keluar nantinya. Sudah banyak jenis bimbingan belajar yang tersedia yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing calon peserta, maka tidak ada lagi alasan untuk menunda-nunda persiapan UTBK-SBMPTN. Saat ini bahkan sudah terdapat bimbingan belajar persiapan SBMPTN privat yang ditujukan bagi mereka yang membutuhkan konsentrasi penuh saat belajar.

So, tetap semangat, jangan lupa berusaha dan berdoa! Goodluck, Sobat! 

Author: Zahra Sania dan Aska Salsabila

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Diyanah Shabitah)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.