INGIN TAHU LEBIH DALAM MENGENAI PENDAFTARAN INTERNATIONAL UNDERGRADUATE PROGRAM (IUP) UGM 2022? YUK SIMAK ARTIKEL BERIKUT INI

 INGIN TAHU LEBIH DALAM MENGENAI PENDAFTARAN INTERNATIONAL UNDERGRADUATE PROGRAM (IUP) UGM 2022? YUK SIMAK ARTIKEL BERIKUT INI

Program Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) merupakan program unggulan Universitas Gadjah Mada yang diselenggarakan oleh program studi sarjana di beberapa Fakultas antara lain :

  1. Fakultas ekonomi dan bisnis (http://iup.feb.ugm.ac.id) terdiri atas akuntansi, manajemen, dan ekonomi

  2. Fakultas Hukum (http://iup.law.ugm.ac.id/)

  3. Fakultas Psikologi (http://iup.psikologi.ugm.ac.id/admission/)

  4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (http://ugm.id/pY, http://dcse.fmipa.ugm.ac.id/site/en/iup-intake/, http://dcse.fmipa.ugm.ac.id/site/en/electronics-and-instrumentation-international/) terdiri atas ilmu komputer, kimia, dan elektronika dan instrumentasi

  5. Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan keperawatan (http://fk.ugm.ac.id/iup/) terdiri atas kedokteran

  6. Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (https://hi.fisipol.ugm.ac.id/jadwal-pendaftaran-iup, http://mkp.fisipol.ugm.ac.id, http://fisipol.ugm.ac.id/iup-communication/) terdiri atas hubungan internasional, manajemen kebijakan public, dan ilmu komunikasi

  7. Fakultas Biologi (http://iup.biologi.ugm.ac.id/)

  8. Fakultas Kedokteran Hewan (https://fapet.ugm.ac.id/id/s1-internasional/)

  9. Faculty Farmasi(https://programsarjana.farmasi.ugm.ac.id/about-us/)

 

Kegiatan international exposure yang dapat diikuti oleh mahasiswa antara lain:

  • Double degree dengan universitas mitra di luar negeri;

  • Student exchange;

  • International internships;

  • Short-term academic program (international seminar/workshop, winter/summer course program di universitas mitra di luar negeri, kejuaraan tingkat internasional, dll).

 

Seleksi Program Internasional dilakukan terpisah dari seleksi nasional (SNMPTN/SBMPTN) dan Seleksi Mandiri. Informasi lengkap mengenai program ini dapat dilihat di laman masing-masing IUP.

 

Tes yang akan diujikan pada IUP UGM

  1. Tahap 1 

  • GMST yang merupakan kependekan dari Gadjah Mada Scholastic Test merupakan tes potensi skolastik berbahasa inggris yang terdiri dari 3 bagian yaitu Verbal, Kuantitatif, dan Figural. Kalau kamu pernah mengerjakan soal yang berbasis Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS) sebenarnya banyak hal yang mirip secara konsep. nilai tertinggi untuk GMST adalah 800. 

  • GMST bagian 1 yaitu verbal yang terdiri dari 40 soal dengan waktu 30 menit. Jika begini, maka kamu hanya memiliki waktu kurang dari 1 menit untuk menyelesaikan soal. GMST bagian 2 yaitu kuantitatif juga terdiri dari 40 soal dengan waktu 40 menit dan yang terakhir GMST bagian 3 yaitu figural terdiri dari 40 soal dengan waktu 30 menit

  • AcEPT sendiri sebenarnya hampir sama dengan TOEFL, dengan penambahan di Vocabulary Section dan Composing Skill Section. Rincian sebagai berikut:

Listening : 20 Questions in 15 minutes

Vocabulary : 30 Questions in 20 minutes

Grammar : 40 Questions in 30 minutes.

Reading : 40 Questions in 45 minutes.

Composing : 40 Questions in 40 minutes.

  1. Tahap 2

  • Penulisan esai berbahasa inggris dan temanya akan ditentukan kemudian. 

  • Interview, akan dilakukan dalam bahasa inggris oleh beberapa orang. Beberapa pertanyaan yang mungkin dimunculkan antara lain kenapa memilih IUP UGM, kenapa memilih jurusan tersebut, apa kesibukan saat ini, siapa yang akan membiayai kuliah, dan lain-lain. Tentunya pengalaman interview setiap orang dapat berbeda. Kamu harus banyak berlatih ya!

  1. Tahap 2 (khusus mahasiswa kedokteran)

  • Tes MMPI adalah kependekan dari Minnesota Multiphasic Personality Inventory. MMPI adalah tes psikometri yang digunakan untuk mengukur psikopatologi orang dewasa di dunia. Tujuan dari tes ini adalah memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat.  

  • Hal ini tentu penting banget buat calon mahasiswa kedokteran. Responden akan diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan. Jumlah pertanyaan yang harus dijawab tergantung pada tipe tes MMPI yang diambil. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut nantinya akan dikonversi oleh psikiatri atau ahli psikologi klinis ke dalam bentuk laporan. Hasil dari tes MMPI biasanya diukur menggunakan parameter klinis yang menunjukkan kondisi kesehatan mental peserta.

  • Tes SJT adalah kependekan dari Situational Judgement Test . SJT adalah penilaian yang dirancang untuk mengukur penilaian kandidat dalam setting peran yang relevan atau setting kerja terkait seperti tes di kedinasan, ada pada Tes Karakteristik Pribadi ( TKPA ) Tes SJT dapat menampilkan skenario (sederhana hingga kompleks) dan sejumlah daftar respons yang mungkin. Sebagai peserta, kamu akan diminta untuk menyadari situasi yang ada dan membuat penilaian mengenai respon-respon yang mungkin. Tes SJT dapat mendorong peserta tes untuk menggunakan penilaian mereka mengenai perilaku efektif dalam menghadapi situasi tertentu, tidak hanya fokus pada pengetahuan atau keterampilan.

Jadwal Pendaftaran 

  1. Intake 1

Pendaftaran : 11 Januari – 8 Februari 2022

Seleksi : 16-20  Februari  2022

Pengumuman : 25 Februari 2022

  1. Intake 2

Pendaftaran : 15 Maret – 12 April 2022

Seleksi : 20-24 April 2022

Pengumuman : 28 April  2022

  1. Intake 3

Pendaftaran : 23 Mei – 7 Juni  2022

Seleksi : 15-19 Juni 2022

Pengumuman : 29 Juni 2022

 

Prosedur Pendaftaran

  1. Daftarkan akun untuk aplikasi pendaftaran pada um.ugm.ac.id

  2. Isi dan lengkapi https://um.ugm.ac.id/pendaftaran/public/index.php dan unggah dokumen-dokumen di bawah ini (ukuran file minimal 150 kb dan maksimal 800 kb):

Untuk pendaftar yang lulus pada tahun 2020 dan 2021

Untuk pendaftar yang akan lulus pada tahun 2022

Format

Pas foto berwarna dengan latar belakang warna putih

Pas Foto berwarna dengan latar belakang warna putih

jpg

Scan Ijazah SMA/SAT/A-Level/International Baccalaureate atau sertifikat yang setara

Scan Rapor SMA kelas 10-11 dan Semester 1 kelas 12H

pdf

Scan Rapor SMA dari kelas 10 s.d. 12

Scan Kartu Identitas (SIM/KTP/Paspor/ Kartu Pelajar)

pdf

Scan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)

Surat Pernyataan Keaslian Dokumen

pdf

Scan Kartu Identitas (SIM/KTP/Paspor/kartu pelajar)


pdf

Surat Pernyataan Keaslian Dokumen


pdf

  1. Membayar biaya aplikasi yang bersifat non-refundable. Ikuti petunjuk pembayaran yang tertera di akun pendaftaran Anda.

  2. Cetak form aplikasi Anda. Apabila Anda tidak dapat mencetak form aplikasi atau mendapatkan notifikasi bahwa aplikasi online Anda gagal, Anda bisa menghubungi nomor 0274-6492116/6491923 untuk menyampaikan keluhan Anda. Anda juga dapat mengirimkan surat elektronik dan dokumen-dokumen pendukung yang telah Anda miliki bersama dengan bukti pembayaran aplikasi Anda ke umugm@ugm.ac.id

  3. Kartu pendaftaran dapat dicetak melalui tautan ini pada hari yang tertera pada akun aplikasi pendaftaran Anda.

  4. Setiap pendaftar hanya diperkenankan mendaftar di 1 Fakultas pada periode intake yang sama. Apabila Anda telah melakukan proses kunci data dan kemudian melakukan pendaftaran di Fakultas lain, maka pendaftaran di Fakultas sebelumnya akan dibatalkan secara otomatis.


Sumber referensi

https://admission.ugm.ac.id/degree/international-undergraduate-program%E2%80%8B/

https://um.ugm.ac.id/deskripsi-program-internasional/


Keyword : Mahasiswa, Pendaftaran, Universitas



Imanuela Sagita Listi

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Imanuela Sagita)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.