Takut Gagal UM-PTKIN? Tenang, Ini Dia Tips Jitu Lulus UM-PTKIN!


Sumber: https://www.tribunnews.com/pendidikan/2021/06/18/pengumuman-umptkin-2021-5-ptkin-paling-diminati-dan-5-prodi-paling-diminati-ini-rinciannya


Halo Pejuang Kuliah!

Tak terasa sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai. Saat ini para siswa kelas 12 sudah memasuki fase persiapan untuk masuk perguruan tinggi. Dalam hal itu, tidak dapat dipungkiri jika perasaan takut dan khawatir akan terus hadir di kala menghadapi proses persaingan menuju universitas. 

Setiap siswa tentunya memiliki kampus impiannya masing-masing, termasuk siswa-siswa yang menjadikan universitas keagamaan sebagai kampus impiannya. Kebetulan sekali, karena pada ada artikel ini penulis akan membahas salah satu jalur masuk universitas yang berintegritas agama Islam.

Jalur tersebut yaitu UM-PTKIN. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTKIN) merupakan jalur masuk yang diselenggarakan secara serentak nasional di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Akibat pandemi Covid-19, Panitia Nasional Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melakukan Ujian Masuk PTKIN secara Daring, diawali dengan uji coba Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN. 

Di tahun ini, pendaftaran UM-PTKIN dibuka pada 25 April sampai dengan 04 Juni 2022 dengan pelaksanaan ujian yang jatuh pada tanggal 14-17 Juni 2022. Ternyata pelaksanaan UM-PTKIN sudah tinggal beberapa bulan lagi. Oleh karena itu, mari lawan perasaan takut dan khawatir dengan melakukan persiapan yang matang agar bisa berhasil melewati ujian tersebut. 

Nah, bagaimana sih cara memaksimalkan waktu yang ada agar bisa lulus UM-PTKIN? Apalagi buat kamu yang lintas jurusan, nih. Maka dari itu, yuk ketahui beberapa tips di bawah ini!

  1. Persiapkan Diri Jauh-jauh Hari Sebelum Ujian

Sumber: https://luzzoneindonesia.com/persiapan-sebelum-ujian/

Sebelum mendaftar dan melaksanakan UM-PTKIN, tentunya ada hal-hal yang perlu dilakukan agar kedepannya dapat berjalan dengan baik. Sebab tidak mungkin kan jika belajar dengan sistem kebut semalam. Oleh karena itu, apa saja yang perlu dilakukan?

  1. Research universitas yang ingin kamu tuju

Mengetahui universitas pilihanmu adalah salah satu cara agar kamu mengenal lebih dulu sebelum kamu memasukinya. Seperti berapa jumlah fakultasnya, apa saja jurusannya, bagaimana passing grade-nya, bagaimana akreditasinya dan lain sebagainya.

  1. Tentukan dengan matang jurusan dan universitas apa yang ingin kamu pilih

Pada bagian ini, kamu harus menetapkan diri dengan melihat ke dalam diri kamu tentang apa yang kamu bisa dan apa yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga perlu memperbanyak pencarian mengenai jurusan apa saja yang tersedia di universitas tertentu pada jalur UM-PTKIN. 

Misalnya, di UIN Sunan Ampel Surabaya yang menyediakan jurusan A, B, C, dan seterusnya pada jalur UM-PTKIN, maka kamu bisa menyesuaikan pilihan jurusanmu dengan kemampuan yang kamu miliki atau sesuai keinginanmu. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui akan belajar materi IPA atau kah IPS nantinya. Sebab sejak tahun 2020 sudah tidak ada lagi pilihan IPC, sehingga kamu hanya perlu fokus dalam mempelajari materi IPA saja atau IPS saja.

  1. Belajar dan terus belajar

Kita tidak dapat mengelak jika gangguan belajar pasti selalu hadir menemani. Entah itu rasa malas, keasyikan scroll Medsos, hangout bersama teman, atau gangguan yang lainnya. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengontrol gangguan tersebut dan mulai memantapkan komitmen lagi untuk fokus belajar. 

Pelajari materi-materi yang akan diujikan dan jangan lupa review ulang materi yang sudah kamu pelajari. 

Namun, perlu diingat bahwa menjaga kesehatan juga sangatlah penting sehingga jangan lupa mengistirahatkan diri, maka kamu juga perlu menyusun jadwal harian agar belajarmu menjadi lebih efektif. Sebagai opsi, belajarlah selama 2-3 jam dengan istirahat 30 menit per satu topik bahasan (misal ketika belajar sejarah kebudayaan Islam). Setidaknya setiap hari harus belajar meskipun hanya sebentar saja.

  1. Latihan soal-soal

Belajar saja tanpa latihan dapat dikatakan sebagai usaha yang masih kurang maksimal. Sebab dengan hanya belajar saja tentunya akan menjadi sebuah teori yang mengawang di otak. Namun, jika diikuti dengan latihan soal-soal, maka kamu akan memiliki gambaran tentang skala soal yang akan diujikan serta mengetahui strategi dalam menjawab, sehingga kamu tidak akan begitu kaget dengan soal-soal yang diberikan nantinya. 

Kamu bisa mengerjakan soal-soal UM-PTKIN tahun-tahun sebelumnya dengan men-download di internet atau membeli buku-bukunya. Kamu juga bisa menyaksikan soal dan pembahasan UM-PTKIN di Youtube selama mengisi waktu senggang.  

  1. Perbanyak doa dan ibadah

Menurut para pendakwah, usaha tanpa doa sama saja sombong dan doa tanpa usaha sama saja bohong. Jika dipikir-pikir, ungkapan tersebut tidaklah keliru. Meskipun kita sudah belajar ini dan itu atau mengerjakan bejibun banyaknya soal-soal, tapi tidak diikuti dengan berdoa dan memperbanyak ibadah kepada-Nya, maka sama saja semua usaha itu menjadi sia-sia. 

Sebagai makhluk spiritual, tentu saja kita membutuhkan energi dan kekuatan spiritual dari Allah Sang Maha Memberi Pertolongan. Dengan demikian, berdoalah di setiap ingin belajar dan setelah belajar agar pengetahuan yang didapat menjadi berkah dan lengket di ingatan.

  1. Persiapan Saat Ujian

Sumber: https://www.suara.com/lifestyle/2020/10/14/063000/aplikasi-belajar-online-jadi-alternatif-persiapan-ujian-masuk-ptn 

Berdoalah di setiap keadaan baik sebelum ujian, sesaat, atau setelah ujian, serta janganlah membuat rasa gugup menguasai dirimu sehingga lakukan relaksasi napas agar diri menjadi lebih tenang! Perlu diingat pula bahwa kamu harus sudah mempersiapkan segala keperluan ujian agar dapat meminimalisir kendala selama ujian online berlangsung. Dengan begitu, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memulai ujian:

  1. Jangan lupa menyiapkan kartu pendaftaran yang sudah dicetak

Kamu tidak bisa menyimpan kartu pendaftaran berupa screenshoot-an di Hp. Sebab ketika ujian berlangsung, kamu dilarang membawa alat elektronik lain selain media ujian dan dilarang meninggalkan laman ujian untuk beralih ke aplikasi lainnya. Selain itu, kartu pendaftaran ini juga diperlukan ketika masuk pada sesi take screenshoot sebelum memulai mengerjakan ujian. Maka dari itu, kamu perlu mencetak kartu pendaftaran sebelum ujian.

  1. Persiapkan media ujian yang memadai

Jika pada saat mendaftar kamu memilih menggunakan Hp dan ketika mau ujian kamu memakai laptop, atau sebaliknya; maka kamu tidak perlu khawatir akan hal itu, yang penting dalam media yang kamu gunakan untuk ujian tersebut (baik HP or PC), harus terdapat applikasi Ujian SSE UM-PTKIN (bisa kamu download di: https://um-ptkin.ac.id/home/aplikasi). Pastikan kamu sudah login ke aplikasi tersebut minimal 5 menit sebelum ujian dimulai.

  1. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang kuat

Pada saat ujian online, kendala yang paling sering terjadi yaitu koneksi internet yang buruk. Untuk mencegah kendala tersebut, kamu perlu menggunakan kartu perdana yang memiliki sinyal yang kuat atau bisa pergi ke tempat yang tenang dan terdapat wi-fi agar koneksi internet selama ujian stabil. 

Selain koneksi internet yang buruk, kendala lainnya yang tidak bisa dikontrol yaitu pemadaman listrik apalagi bagi masyarakat desa. Bagi kamu yang tinggal di desa, kamu perlu mencegah kendala ini dengan sama seperti sebelumnya, yaitu pergi ke tempat yang tenang dan terdapat wi-fi atau koneksi internet yang stabil. Seperti pergi ke perpustakaan kota, ke rumah teman yang di kota, atau semacamnya. 


Lalu, ketika ujian sudah dimulai, kamu juga harus memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Jangan lupa untuk take screenshoot 

Kamu hanya perlu mengambil gambar dirimu dengan memegang kartu pendaftaran di applikasi tersebut sebelum mengerjakan ujian.

  1. Tetap mengikuti simulasi ujian

Setelah take screenshoot biasanya peserta akan memasuki simulasi ujian, dan ada beberapa peserta yang menganggap simulasi ini tidak penting. Namun, bagi kamu yang ingin lulus, kamu tetap perlu mengikutinya agar saat ujian yang sesungguhnya kamu sudah mengerti apa yang harus dilakukan.

  1. Wajib mengikuti tata tertib ujian

Jika kamu melanggar aturannya maka kamu akan mendapatkan teguran dan peringatan. Meskipun dilaksanakan secara Daring, tapi pengawas ujiannya tetap ada.

  1. Mengerjakan soal-soal dengan tepat dan cepat

Perlu diketahui bahwa soal-soal UM-PTKIN meliputi: Tes Potensi Akademik (TPA) yang terdiri dari 45 soal tes kemampuan dasar (verbal dan kuantitatif), 20 soal tes bahasa (bahasa Inggris dan bahasa Arab), serta 30 soal tes keislaman (aqidah-akhlak, sejarah kebudayaan Islam, dan fiqih); dan selanjutnya ada tes jurusan yang terdiri dari 15 soal IPA (matematika dasar, kimia; biologi; dan fisika) atau 20 soal IPS (matematika dasar, sosiologi; ekonomi; geografi; dan sejarah). Untuk soal TPA, kamu diberi waktu 105 menit sedangkan untuk soal IPA/IPS, kamu diberi waktu 45 menit. 

Nah, ini dia tips yang bisa kamu lakukan untuk menjawab soal-soal tersebut:

  • Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang menurut kamu mudah;

  • Jangan berlarut-larut memikirkan jawabannya karena kamu hanya punya waktu 2-3 menit per soal;

  • Maksimalkan menjawab dengan benar pada topik soal yang kamu mampu. Misalnya kamu lemah di bagian bahasa atau IPA/IPS, maka kamu harus mengusahakan menjawab dengan benar di bagian lainnya (di soal-soal verbal dan kuantitatif, Matdas, atau keislaman);

  • Karena sistem penilaian UM-PTKIN tidak terdapat sistem pengurangan nilai bagi yang menjawab salah atau kosong, maka usahakan di setiap soal harus ada jawabannya. Dengan demikian, jawablah soal yang tidak kamu ketahui atau soal yang masih ragu-ragu sambil berdoa dan membaca salawat dengan mengharap pertolongan Allah, agar setidaknya ada jawaban yang benar dari jawaban yang kamu klik tersebut. Sementara itu, ketika ujian online biasanya dengan tidak sengaja salah meng-klik jawaban, maka bacalah basmalah setiap saat meng-klik jawabannya.

  1. Jangan lupa menekan tombol submit atau finish

Pastikan kamu tidak lupa menekannya agar jawabanmu bisa terkunci dan semuanya tidak menjadi sia-sia. Setelah itu, kamu bisa logout dari aplikasi tersebut. Namun, jika selama ujian kamu memiliki kendala, kamu harus segera menghubungi panitia ujian untuk mengonfirmasikan tentang kendala mu.

Semoga tips tersebut bisa mudah dipahami dan bermanfaat untuk pembaca sekalian. Bagaimana kamu menghadapinya tergantung dirimu sendiri. Ingatlah bahwa kamu sudah berusaha dan pasrah atas semuanya kepada Allah dengan memperbanyak ibadah dan doa. Kamu hanya perlu percaya diri dan menanamkan mindset positif dalam dirimu. Semangat, semoga lulus UM-PTKIN 2022! Baca juga: Mau Lulus UM-PTKIN? Simak Tips dan Strategi Belajar Materi UM-PTKIN Disini  


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Sibghoo_)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.